Advertisement

Cara menghilangkan spasi di Excel ternyata sangat mudah lho. Kamu nggak perlu rumus-rumus yang ribet. Kadang kalau kamu pakai rumus yang terlalu ribet hasilnya justru error.

Sebenarnya cara menghilangkan spasi ini bisa saja kamu lakukan secara manual dengan menghapus spasi tersebut. Kalau datanya sedikit mungkin cara ini bisa kamu lakukan, tetapi bagaimana kalau datanya banyak. Tentu saja akan sangat repot bukan? Kamu perlu cara praktisnya.

Rumus Menghilangkan Spasi di File Excel

Cara Menghilangkan Spasi di Excel

Rumus Excel menghilangkan spasi di depan, spasi berulang atau di belakang yang cukup populer adalah rumus Trim. Nah, kamu pastinya sudah mempelajari rumus-rumus tersebut dan sudah mencobanya bukan?

Rumus Trim  =TRIM(TEXT)

Rumus ini yang paling sering orang gunakan untuk menghilangkan spasi baik di depan, di bagian belakang atau spasi berulang.

Baca Juga : Cara Membuat Rupiah di Excel

Kamu juga bisa mendapatkan tutorial penggunaan rumus tersebut di berbagai channel Youtube. 

Namun, kendalanya biasanya adalah karena menggunakan rumus, banyak orang sering lupa bagaimana caranya menggunakannya. Rumus yang salah kadang-kadang membuat file justru menjadi error.

Buat kamu yang tidak terlalu akrab dengan Excel, kamu butuh formula praktis dan mudah untuk menghilangkan spasi. Rumus yang lebih mudah kamu hafal, familiar, dan lebih simple.

Cara Menghilangkan Spasi di File Excel dengan Formula Find and Replace

Fungsi Trim pada Excel telah sedikit diuraikan di atas. Namun, kali ini kita akan membahas lebih detail tentang rumus yang lebih simple dan mudah.

Rumus yang lebih sederhana dan cukup mudah kamu ingat yakni menggunakan formula ‘Find & Replace’. Formula ini sebenarnya sudah cukup umum dan sering kamu gunakan untuk Word.

Baca juga:  Cara Membuat Titik Dua di Excel Otomatis dan Manual

Berikut ini langkah-langkahnya untuk menghilangkan spasi di file Excel menggunakan formula Find & Replace tersebut:

  • Buka file Excel yang akan kamu hapus spasinya. Bisa dalam bentuk nomor atau tulisan, atau file campuran keduanya.
  • Pada file tersebut silakan klik ctrl + H. Selanjutnya akan terbuka kotak dialog seperti yang ada di Word untuk mengganti file (ctrl + F untuk Word).
Cara Menghilangkan Spasi di Excel
  • Selanjutnya pada kolom ‘find what’ silakan kamu ketuk tanda spasi. Bukan diketik tulisan ‘spasi’ tetapi cukup kamu ketuk seperti kamu membuat spasi biasa.
  • Pada kolom ‘replace with’ tidak perlu kamu isi apa-apa, biarkan saja kosong.
  • Setelah itu silakan kamu klik ‘replace all’ dan lihatlah hasilnya semua data akan hilang spasinya. Lebih mudah, cepat dan praktis.

Menghilangkan spasi di depan angka, tengah, atau belakang juga bisa kamu gunakan cara ini. Lebih cepat, mudah, dan praktis tentunya.

Lihat Juga : Cara Menghilangkan Rumus di Excel

Cara Menghilangkan Tanda Penghubung di File Excel

Perhatikan nomor ponsel di bawah ini!

0852-7111-4125

0812-6341-7129

0852-6751-2690

0812-7234-8921

Pernah lihat data seperti ini di Excel atau data lain yang menggunakan tanda-tanda tertentu? Nah, pada kondisi tertentu mungkin kamu ingin menghilangkan tanda-tanda tersebut bukan?

Bagaimana caranya? Kalau kamu hapus secara manual tentu sangat repot. Kalau datanya sedikit mungkin bisa kamu lakukan manual, tetapi bagaimana jika sheet yang memuat data angka cukup banyak. Kamu butuh cara cepat melakukannya.

Bagaimana caranya? Mudah saja. Rumus CTRL + H di atas bisa kamu terapkan serupa pada Excel untuk menghilangkan tanda penghubung tersebut.

Jadi, formula Find & Replace ini bisa kamu gunakan untuk menghapus tanda-tanda tertentu di dalam file Excel yang kamu inginkan, misalnya tanda penghubung baik untuk angka maupun tulisan.

Baca juga:  11 Cara Membuat Drop Down List Di Excel Beda Sheet [Mudah]
Advertisement

Pada kolom ‘find what’ bisa kamu ketikkan tandanya dan langsung kamu klik ‘replace all’ maka semua tanda penghubung juga akan hilang di file tersebut.

Perlu kamu tahu juga, cara menghilangkan spasi di Word pada prinsipnya juga bisa kamu lakukan dengan rumus seperti di Excel tersebut. Bedanya kalau di Word kamu menggunakan rumus CTRL + F.

Setelah itu pengisian kolomnya sama dengan di Excel. Cara ini cocok untuk kamu yang tidak mau ribet menghafal rumus. Lebih mudah, cepat dan praktis.

Nah, cukup mudah bukan bagaimana cara menghilangkan spasi di Excel yang penjelasannya ada di atas? Tanpa repot menghafal rumus kamu bisa terapkan formula tersebut baik untuk file Excel maupun Word. Cocok juga kamu pakai untuk mengajarkan komputer pada anak. Selamat mencoba!

Advertisement