Cara Menghitung Kata di Word HP Secara Offline dan Online

Jika kamu ingin tahu bagaimana cara menghitung kata di Word HP, maka artikel dan pembahasan kali ini menjadi jawaban tepat.

Ternyata untuk menghitung jumlah kata, hingga karakter dari Ms. Word tidak hanya bisa dilakukan menggunakan laptop atau PC. Sebagai pengguna HP zaman sekarang, yang canggih juga modern. Nyatanya juga bisa digunakan untuk menghitung jumlah kata, bagaimana caranya?

Cara Menghitung Kata di Word HP dengan Aplikasi

Aplikasi Ms. Word bisa diunduh dan dijalankan menggunakan HP. Baik Android atau bahkan iPhone. Mulai dari langsung mengolah data dan kata, hingga dapat mengecek jumlah kata yang dikerjakan di dalam dokumen. Nah, bagaimana caranya?

  1. Pertama, buka terlebih dahulu dokumen yang akan dihitung dengan menggunakan Ms. Word di HP
  2. Berikutnya cari menu Edit yang menggunakan logo huruf A dengan simbol Pensil
  3. Dari perintah tersebut, maka bisa langsung klik menu Home dan pilih opsi menu Review. Hal ini dilakukan untuk me review dokumennya
  4. Jika sudah, langsung pilih Word Count. Dan sistem aplikasi secara otomatis akan menampilkan jumlah kata. Baik itu huruf, hingga paragraf dan baris yang ada di dalam dokumennya.

Nah, jadi penghitungan jumlah kata di HP dapat dilakukan dengan aplikasinya sendiri. Demi memaksimalkan penghitungan, maka usahakan agar aplikasi Ms. Word yang digunakan harus versi paling anyar.

Cara Menghitung Kata di Word HP Menggunakan Google Docs

Google Docs atau Google Dokumen, merupakan sebuah layanan pengolah kata yang banyak digunakan karena fitur-fiturnya bermanfaat. Juga lengkap.

Secara resmi, Google Docs dapat diakses dengan menggunakan laptop. Atau Komputer hingga HP. Dan biasanya dapat digunakan untuk mengecek typo, mengedit dokumen, dan tentu saja menghitung jumlah kata.

Jika kamu menggunakan HP untuk mengecek jumlah katanya, bisa langsung lakukan beberapa langkah dan cara di bawah ini.

  1. Pertama, siapkan terlebih dahulu dokumen atau data yang jumlah katanya akan dihitung
  2. Masuk ke aplikasi Google Docs secara langsung
  3. Kemudian buka file yang dimaksudkan
  4. Berikutnya klik titik tiga dibagian pojok kanan atas dokumen, lalu klik Jumlah Kata

Nah, dengan perintah tersebut maka total jumlah kata yang ada dalam dokumen akan ditampilkan. Dengan hal tersebut, maka cara ini dilakukan dengan menggunakan koneksi internet.

Cara Menghitung Kata di Word HP Tanpa Aplikasi Tambahan

Ya, ternyata proses penghitungan jumlah kata di Word dengan menggunakan HP. Dapat dilakukan tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan, melainkan harus menggunakan bantuan sebuah situs. Atau website. Nah, apa saja nama-nama website tersebut?

1. Website Word Count

Panduan dan cara menghitung kata di Word HP namun dengan bantuan website online. Dan tentu saja kamu tidak diharuskan untuk menginstall atau menggunakan aplikasi tambahan lainnya.

Tidak hanya bisa diaplikasikan dengan menggunakan komputer atau laptop, namun juga bisa dilakukan melalui HP yang kamu miliki.

Nah, website atau situs penghitung jumlah kata ini adalah website Wor Count. Kamu dapat secara langsung mengunjungi alamat https://wordcounttools.com/.

Websitenya dapat diakses dan digunakan secara gratis, terjamin akurat untuk menghitung jumlah kata dari dokumen yang kamu miliki. Bagaimana cara menggunakannya?

  • Pertama, buka terlebih dahulu dokumen dan data yang jumlah katanya akan dihitung
  • Langsung salin, atau copy semua halaman dan kata yang ada di dalam dokumen
  • Bila sudah perintah tersebut dilakukan, langsung buka situs di alamat tadi dengan menggunakan web browser apa saja. Bisa menggunakan Mozilla Firefox, Google Chrome, atau bisa juga menggunakan Opera Mini. Sesuaikan saja dengan kebutuhan
  • Ketika halaman website Word Count sudah ditampilkan, maka akan ada halaman untuk menyimpan dan menyalin dokumen yang jumlah katanya siap dihitung
  • Paste langsung di situs tersebut, dan dibagian menu kanan situs akan menampilkan informasi mengenai jumlah kata hingga jumlah karakternya.

Dengan cara ini, maka kamu dapat menghitung jumlah kata di Word dengan aplikasi Word Count secara mudah.

2. My Word Counter

Situs penghitung kata berikutnya adalah My Word Counter, dan kamu dapat mengunjungi websitenya di https://id.mywordcounter.com.

Situs ini terjamin terpercaya, dan akan memberikan hasil penghitungan akurat. Menggunakan alat ini membuat kamu tidak lagi harus mengunduh atau menginstall aplikasi apapun.

Tidak hanya kemampuannya untuk menghitung jumlah kata, namun juga dapat digunakan untuk menampilkan jumlah karakter. Jumlah kalimat, paragraf, hingga tanda baca yang ada di dalam teks.

Bagaimana cara menggunakannya? Cukup mudah kok, penghitungan dokumen word di HP bisa kamu lakukan dengan langkah di bawah ini.

  • Pertama, salin atau copy langsung dokumen atau teks yang ada di dokumen Ms. Word kamu
  • Kemudian buka langsung halaman website yang tadi sudah dicantumkan dan disebutkan
  • Jika sudah halaman websitenya ditampilkan, langsung lakukan paste atau tempel teks dokumen yang sudah disalin sebelumnya
  • Dengan perintah ini, maka kamu dapat mengetahui detail teks yang sedang dilakukan pengecekan
  • Mulai dari jumlah kata, kata unik, karakter, hingga kalimat serta total paragraf di dalam teksnya.

3. Duplikat Checker

Dari namanya memang tidak nampak seperti website penghitung kata, namun sebagai website yang digunakan untuk mengecek plagiat. Atau keaslian dari sebuah dokumen.

Namun ternyata website Duplikat Checker ini pun bisa digunakan untuk mengecek jumlah kata. Dengan fiturnya, maka pengguna bisa menghitung jumlah kata di Word menggunakan HP secara mudah. Bagaimana menggunakannya?

  • Pertama, langsung copy atau salin terlebih dahulu teks yang ada di dalam dokumen Word
  • Berikutnya masuk ke halaman website https://duplichecker.com/id/word-counter.php
  • Dengan perintah tersebut, maka website secara otomatis akan menampilkan halaman untuk kamu menyalin teks yang akan dihitung
  • Pastikan untuk langsung menyalin, atau paste teks yang akan dihitung secara langsung
  • Jika sudah, cari menu Hitung Kata
  • Dan sistem Website akan langsung melakukan proses penghitungan kata
  • Jika sudah, website akan menampilkan jumlah kata. Jumlah karakter, suku kata, hingga kalimat bahkan waktu yang dibutuhkan untuk membaca teksnya.

4. Word Counter

Lebih tepatnya kamu dapat mengunjungi website https://wordcounter.net. Hampir sama dengan beberapa website pengecek jumlah kata sebelumnya, menyajikan beberapa fitur yang membuat pengguna bisa melakukan pengecekan pada dokumen secara mudah.

Nanti kamu tinggal mengcopy terlebih dahulu teks yang ada di dalam dokumen, kemudian melakukan paste pada halaman website yang sudah disediakan.

Website Word Counter ini pun sama, akan menampilkan detail tentang jumlah katanya. Karakternya, kalimatnya, paragraf. Hingga waktu yang dibutuhkan untuk membaca teksnya. Bahkan tidak hanya itu saja, kamu juga akan tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan jika teksnya diucapkan.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menghitung Kata di Word HP

Apakah untuk Menghitung Jumlah Kata di Word HP Membutuhkan Jaringan Internet?

Jika dilakukan untuk menghitung melalui Ms. Word, kamu bisa melakukannya secara online tanpa bantuan jaringan.

Kapan Menggunakan Jaringan Dibutuhkan untuk Menghitung Jumlah Kata?

Saat menggunakan Google Docs, juga menggunakan bantuan website. Dan pastikan jaringan internetnya kencang.

Tinggalkan komentar