Cara Menghitung Masa Kerja Pegawai di Microsoft Excel

Beranda » Cara Menghitung Masa Kerja Pegawai di Microsoft Excel

Cara menghitung masa kerja pegawai di Microsoft excel itu tidak terlalu sulit. Ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk melakukan perhitungan masa kerja pegawai di excel. Dengan semua cara yang tepat dan sesuai, perhitungan masa kerja pegawai akan berlangsung secara lebih mudah.

Perhitungan masa kerja pegawai kadang memang dibutuhkan dalam entitas bisnis maupun perusahaan. Lewat perhitungan pakai rumus atau formula yang sesuai, masa kerja pegawai di sebuah perusahaan bisa dilihat langsung. Berikut ini adalah cara perhitungannya.

Cara Hitung Masa Kerja Pegawai di Excel

Perhitungan masa kerja pegawai di excel dapat dilakukan dengan rumus atau formula sederhana. Jadi, tak perlu bingung sama sekali untuk melakukan perhitungan masa atau durasi kerja pegawai di excel. Ada rumus khusus yang bisa memudahkan perhitungan masa kerja pegawai.

Perhitungan masa kerja pegawai bisa memakai fungsi DATEDIF excel. Dengan pakai fungsi ini, pemeriksaan terhadap masa kerja pegawai akan berlangsung dengan mudah. Berikut ini cara hitung masa kerja pegawai melalui formula excel DATEDIF.

1. Tuliskan Daftar Nama Pegawai

Perhitungan bisa dimulai dengan menuliskan nama – nama pegawai yang ingin dihitung masa kerjanya. Pastikan untuk menuliskan daftar nama secara lengkap. Penulisan daftar nama dengan lengkap itu akan jadi awalan yang penting untuk dilakukan.

2. Tuliskan Waktu Mulai Kerja dan Tanggal Perhitungan

Langkah berikutnya adalah menuliskan waktu mulai kerja dan tanggal perhitungan. Tiap nama pegawai tentunya punya tanggal mulai kerja yang berbeda – beda. Jadi, data masa kerja ini harus akurat dan sesuai biar perhitungan bisa tepat.

3. Masukkan Rumus DATEDIF

Jika tabel yang berisikan nama pegawai, waktu mulai kerja dan data perhitungan sudah dibuat, kini saatnya memasukkan rumus DATEDIF. Rumus DATEIF yang digunakan adalah DATEDIF(Awal_Kerja;Tangga_Perhitungan;”Y”). Jalankan rumus tersebut untuk dapatkan hasilnya.

4. Tambahkan Informasi Tambahan

Ketika formula atau rumus sudah dituliskan, maka akan muncul hasilnya. Hasilnya berupa angka yang menandakan berapa masa kerja dari pegawai. Kita bisa menambahkan informasi lain misalnya sisa bulan dalam durasi kerja pegawai atau yang lainnya.

5. Simpan Perhitungan Masa Kerja Pegawai di Excel

Ketika sudah mendapatkan hasil dari semua nama pegawai yang diperiksa, jangan lupa untuk lakukan pemeriksaan ulang. Ketika sudah diperiksa ulang, maka lakukan penyimpanan dokumen. Langsung pilih save document saja di menu home yang tersedia pada excel.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menghitung Masa Kerja Pegawai di Excel

Perlu diketahui sejumlah hal ketika akan melakukan perhitungan masa kerja pegawai di excel. Dengan melakukan perhitungan secara seksama, masa kerja para pegawai di sebuah perusahaan bisa dihitung dengan amat mudah. Ini dia beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Daftar Nama Pegawai

Salah satu hal yang perlu diperhatikan pertama adalah daftar nama pegawai. Jika ingin hitung masa kerja pegawai di excel, maka daftarn nama harus tepat dan akurat. Kalau salah nama, perhitungan bisa gagal dan informasinya jadi berantakan.

2. Informasi Usia Pegawai

Informasi usia pegawai juga harus diperhatikan dari awal. Kesuksesan dalam menghitung masa kerja pegawai di excel itu memang dipengaruhi juga pada data usia pegawai. Siapkan informasi usia pegawai secara baik dari awal. Dengan data usia pegawai yang tepat, semuanya akan jadi lebih akurat.

3. Tahun Masuk Pegawai

Data penting lainnya yang harus diperhatikan saat hitung masa kerja pegawai di excel adalah tahun masuk pegawai. Memperhatikan tahun masuk pegawai memang jadi faktor penting yang harus ditambahkan. Dengan data tahun masuk pegawai yang tepat, perhitungan akan lancar.

Kegunaan Hitung Masa Kerja Pegawai di Excel

Ada beberapa kegunaan dari hitung masa kerja pegawai di excel. Dalam perusahaan atau entitas bisnis, perhitungan masa kerja pegawai memang penting. Berikut ini beberapa manfaat dan juga kegunaan dari perhitungan masa kerja pegawai di excel.

1. Menentukan Uang Tunjangan

Salah satu kegunaan dari perhitungan masa kerja pegawai di excel adalah menentukan uang tunjangan. Dalam perusahaan, uang tunjangan itu didasarkan pada durasi dari masa kerja seorang pegawai. Inilah sebabnya penentuan uang tunjangan selalu penting untuk dilakukan.

2. Pedoman dalam Memberikan Bonus Tahunan

Hasil dari perhitungan masa kerja pegawai di excel berguna sebagai pedoman dalam memberikan bonus tahunan. Keberadaan bonus tahunan memang selalu dicari. Hal ini bisa didasarkan pada berapa lama waktu dari karyawan mengabdi.

3. Standar untuk Menghitung THR

Hasil perhitungan juga menjadi standar dalam menghitung THR atau Tunjangan Hari Raya. Jumlah THR memang diberikan berdasarkan masa kerja seorang pegawai. Jadi, perhitungan tersebut memang sangat penting untuk dilakukan pada sebuah perusahaan.

4. Supaya HRD Punya Data Valid dan Akurat

Data mengenai masa kerja pegawai itu juga akan berguna bagi HRD. Data tersebut akan dijadikan sebagai pedoman dalam membuat aturan perusahaan. Karenanya, HRD tentu perlu dapatkan data yang valid dan akurat mengenai masa kerja dari para pegawainya.

FAQ | Cara Menghitung Masa Kerja Pegawai di Microsoft Excel

Apakah perhitungan masa kerja pegawai di excel itu penting?

Penting karena perusahaan perlu informasi yang memadai terhadap para pegawainya.

Untuk apa perhitungan masa kerja pegawai di excel?

Untuk menentukan uang pesangon hingga Tunjangan Hari Raya kepada pegawai di perusahaan.

Kenapa perhitungan masa kerja pegawai di Microsoft excel gagal?

Biasanya karena sumber informasi yang keliru atua formula rumus yang salah.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.