7 Rahasia Cara Menghitung Persentase di Excel [Cepat]

Daftar Isi Artikel:

Advertisement

Cara menghitung persentase di Excel bukanlah hal yang sulit dilakukan. Microsoft Excel sudah terprogram untuk menyelesaikan berbagai jenis perhitungan termasuk dalam bentuk nilai persen.

Persentase biasanya dipakai untuk menunjukkan perbandingan, skala, dan suatu nilai. Penggunaannya bisa dalam berbagai hal, termasuk usaha kecil.

Bagaimana cara menghitung persentase di Excel yang mudah dan cepat? Kamu akan belajar cara menuliskan persen di Microsoft Excel dengan baik dan benar agar bisa dihitung dengan rumus.

Mengaktifkan Format Persen di Excel Secara Praktis

Kamu harus paham bahwa Microsoft Excel sudah menyediakan fitur merubah angka biasa menjadi format persen.

Untuk mengaktifkan format persen, sebelum melakukan cara menghitung persentase di Excel, beberapa caranya adalah:

1. Menuliskan Persen (%) Langsung

cara menghitung persentase di Excel

Langsung saja ketikan lambang persen (%) di cell yang dikehendaki. Kamu juga bisa memakai cara shortcut dengan menekan tombol CTRL, SHIFT dan % secara bersama-sama. Kedua cara tersebut bisa kamu pilih, sesuai kondisi dan keinginan.

2. Menggunakan Format Tab Cell

cara menghitung persentase di Excel
  • Format cell excel dengan menu di Tab Home
  • Setelah itu pilih menu Number dan cari menu Percent

3. Menggunakan Klik Kanan

cara menghitung persentase di Excel
  • Untuk cara ketiga, kamu langsung klik kanan di cell yang dituju
cara menghitung persentase di Excel
  • Pilih menu Format Cells, kemudian pilih persentase. Kamu bisa memilih berapa angka decimal yang diinginkan. Tinggal pilih saja angkanya, kemudian tekan OK

Berbagai Penerapan dalam Cara Menghitung Persentase di Excel

Hitungan persentase sebenarnya tidak hanya berupa angka dalam bentuk persen. Ada beberapa terapan perhitungan, yang sangat berguna bagi keseharian. Misalnya dalam beberapa contoh penerapan berikut.

1. Menghitung Pengurangan dan Penjumlahan Persen Memakai Excel

Pengurangan dan penjumlahan persen ternyata bisa dilakukan dengan cara menghitung persentase di excel.

Rumus satu ini dipakai untuk melihat jumlah angka pasca dikurangkan atau dijumlahkan dengan angka persen. Pemakaiannya dilakukan untuk menghitung harga barang, sisa utang, dan sejenisnya.

  • Penjumlahan Persentase
cara menghitung persentase di Excel

Menjumlahkan secara persentase cukup dengan rumus =Sel angka awal*(1+Sel angka persen). Perhitungan penjumlahan persen ini hanya perlu memasukkan rumus tersebut di sel yang diinginkan.

  • Pengurangan Persentase
cara menghitung persentase di Excel

Untuk cara pengurangan persen, rumusnya juga hampir sama. Kamu hanya perlu memasukkan rumus di sel yang dikehendaki. Rumusnya adalah =Sel angka awal*(1-Sel persen yang dikehendaki). Masukkan rumus di sel yang kamu inginkan.

2. Menghitung Diskon Persen Memakai Excel

Diskon merupakan bagian tidak terlewatkan dari cara menghitung persentase di Excel. Menghitung diskon bisa dipakai melihat hasil dari angka yang dijumlahkan atau dikurangkan.

  • Cara Menghitung Diskon
cara menghitung persentase di Excel

Rumus yang dipakai untuk menghitung diskon di Excel adalah =Sel angka awal*Sel angka persen. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat contoh perhitungannya pada gambar di atas.

3. Menghitung Perbandingan Persentase Memakai Excel

Rumus perbandingan juga bisa kamu pakai dalam menghitung persentase. Cara perhitungan ini bisa dipakai misalnya untuk perbandingan jumlah percobaan, dengan jumlah keberhasilan.

  • Menghitung Rata-rata Persentase
cara menghitung persentase di Excel

Untuk melakukan perhitungan ini, kamu cukup memasukkan rumus =Sel angka yang dikehendaki/Sel angka pembandingnya. Tutorial mudahnya bisa dilihat pada gambar yang tertera di atas.

Perhitungan tersebut juga bisa dipakai untuk melihat perbandingan harga. Hal ini bisa dilihat dari data yang tertera pada perhitungan di atas.

Baca juga: Cara Menulis Angka di Excel Agar Tidak Berubah

Cara Menghitung Persentase di Excel untuk Perubahan

Persentase perubahan dipakai sebagai penunjuk selisih antara nilai sebelum dan sesudah. Nilai yang dihasilkan dalam perhitungan ini biasanya dalam bentuk persen. Macam-macam perhitungan perubahan dalam Excel, bisa dilihat dengan perhitungan berikut.

1. Rumus Perubahan Persentase Umum

cara menghitung persentase di Excel

Rumus perubahan persentase di Excel bisa diketik dengan format; =(cell angka sebelumnya-cell angka setelahnya)/cell angka sebelumnya, kemudian tinggal tekan enter. Untuk penerapannya, bisa kamu lihat di gambar atas.

Hasilnya bisa dilihat bahwa ada perubahan yang minus, dan negatif. Cara menghitung persentase di Excel ini bisa dipakai sebagai data acuan untuk hal-hal tertentu. Misalnya statistic hingga perubahan harga.

2. Rumus Persentase Perubahan Kenaikan

cara menghitung persentase di Excel

Persentase kenaikan berarti perhitungan yang menunjukkan penambahan nilai dalam bentuk persen. Penambahan nilai ini kemudian akan dibandingkan dengan nilai lama.

Perhitungan di Excel, persentase perubahan kenaikan bisa dihitung dengan basic formula. =(cell angka setelahnya-cell angka sebelumnya)/cell angka sebelumnya. Lebih jelasnya, bisa diterapkan dengan melihat gambar di atas.

Terlihat bahwa data perubahan persentase terpampang jelas. Kamu bisa mendapati data perubahan harga dalam bentuk persentase secara lebih mudah dipahami.

3. Rumus Persentase Perubahan Penurunan

cara menghitung persentase di Excel

Untuk persentase perubahan penurunan, berarti menunjukkan jumlah penurunan nilai lama, dalam bentuk persen. Perubahan tersebut bisa didapatkan dengan mengurangi nilai lama dan baru.

Rumus di Excel untuk perhitungan satu ini basic-nya =(cell nilai lama-cell nilai baru)/cell nilai angka lama. Setelah itu, baru kamu tekan enter untuk melihat persentasenya.

Cara Menghitung Proporsi dalam Persentase di Excel

Cara menghitung persentase di Excel tidak lepas dari perhitungan proporsi. Memang bilangan persen biasanya dipakai untuk menunjukkan proporsi. Perbandingan variable tertentu dengan pembanding, nantinya akan menghasilkan sebuah angka tersendiri.

Misalnya saja dalam pendaftaran murid di tahun ajaran baru. Total murid baru ada 300 anak, dimana 170 merupakan laki-laki dan sisanya perempuan. Tentu dari data tersebut, akan muncul pertanyaan.

1. Berapakah Persentase Murid Laki-laki yang Mendaftar?

cara menghitung persentase di Excel

Jika ingin menghitung proporsi tersebut, kamu bisa memakai rumus di Excel =jumlah murid laki-laki/total keseluruhan murid*100%. Contoh penerapannya, dapat dilihat di gambar.

Perhitungan di atas menjelaskan bahwa murid laki-laki dalam penerimaan siswa baru, menduduki persentase sebanyak 57%. Tentu jumlah tersebut lebih besar dari persentase anak perempuan yang mendaftar.

2. Berapakah Persentase Murid Perempuan yang Mendaftar?

Advertisement
cara menghitung persentase di Excel

Jika ingin menghitung persentase murid perempuan, cukup pakai rumus =jumlah murid perempuan/total semua siswa*100%. Setelah itu, cukup tekan enter. Kamu bisa melihat gambar di atas, jika bingung tentang cara penerapannya.

Murid perempuan yang mendaftar di tahun ajaran baru, ternyata hanya 43%. Memang lebih sedikit dari murid laki-laki. Akan tetapi selisihnya tidak terlalu menonjol.  

Baca juga: Aplikasi Menulis Rumus Matematika di Word

Menghitung Persentase Kumulatif di Excel Secara Gampang

Persentase kumulatif berarti nilai dari keseluruhan perhitungan. Jika ingin menghitungnya, kamu harus menjumlahkan semua angka yang ada dahulu. Untuk lebih mudah memahami perhitungan, bisa langsung diterapkan di soal.

1. Jumlahkan Semua Angka

cara menghitung persentase di Excel

Misalnya, kamu memiliki data penjualan dari Januari sampai Desember, dengan angka berbeda-beda. Sebelum mengetahui persentase kumulatifnya, jumlahkan semuanya terlebih dahulu. Cukup ketikkan rumus =SUM(blok cell angka penjualan januari sampai Desember), setelah itu, langsung tekan Enter.

2. Hitung Persentase Kumulatif

cara menghitung persentase di Excel

Perhitungan persentase kumulatif, bisa dilakukan dengan basic rumus =SUM(cell angka penjualan)/cell total penjualan keseluruhan. Untuk hasil yang lebih akurat, kamu bisa menambahkan tanda $, seperti pada keterangan di atas.

Tanda tersebut akan membuat perhitungan rumus lebih absolut. Fungsi penambahan formula tersebut tujuannya agar saat disalin dimana saja, rumus tetap bisa berfungsi. Cukup hitung di satu cell saja, kemudian salin sampai cell bawah.

Ternyata sangat mudah melakukan cara menghitung persentase di Excel. Kamu juga bisa menerapkannya di perhitungan sehari-hari. Misalnya dalam mengolah data, membuat laporan, dan sebagainya.

Advertisement

Tinggalkan komentar