Cara Menghitung Umur di Excel Menggunakan Rumus Excel

Beranda » Cara Menghitung Umur di Excel Menggunakan Rumus Excel
Advertisement

Setidaknya ada 3 cara menghitung umur di excel menggunakan rumusrumus excel. Semua cara tersebut bisa diaplikasikan untuk lakukan perhitungan langsung terhadap data berdasarkan umur. Karenanya, selalu perhatikanlah bagaimana cara hitung umur di excel.

Rumus perhitungan umur excel kadang diperlukan untuk membuat laporan tertentu. Misalnya menghitung umur berdasarkan tanggal lahir yang tersedia. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara menghitung umur di excel menggunakan rumus – rumus yang ada di excel.

Cara Menghitung Umur Menggunakan Rumus Excel

Perhitungan umur pakai rumus excel memang bisa dilakukan dengan mudah. Melalui cara – cara yang mudah, perhitungan bisa dilakukan langsung. Berikut ini adalah cara menghitung umur memakai rumus excel dengan mudah.

1. Menggunakan Fungsi TODAY

Salah satu fungsi yang bisa dipakai untuk menghitung rumus excel adalah fungsi TODAY. Fungsi tersebut bisa dipakai secara langsung untuk melakukan perhitungan rumus dengan baik. Lewat fungsi TODAY tersebut, perhitungan rumus akan jadi lebih mudah.

Rumus perhitungan rumus ini adalah (TODAY()-Nomor Cell). Nomor cell bisa disesuaikan dengan data yang ada di dalamnya. Bisa dibilang bahwa fungsi atau rumus TODAY ini yang paling mudah di antara yang lain.

2. Menggunakan Fungsi DATEDIF

Berikutnya ada fungsi DATEDIF yang bisa dimanfaatkan juga untuk perhitungan umur. Melalui fungsi DATEDIF yang tepat, proses dalam menghitung umur dalam field data di excel akan selalu berjalan dengan mudah.

Fungsi DATEDIF ini bisa diterapkan dengan menuliskan rumus YEARFRAC(start_date, end_date, [basis]). Data mengenai umur akan diolah sebelum muncul pada cell pada excel.

Untuk menerapkan fungsi ini, siapkanlah data yang akan dihitung umurnya. Kemudian tuliskan formula DATEDIF(date of birth, TODAY(), “y”). Setelah menuliskan rumus tersebut, langsung tekan enter untuk membuat hasil perhitungan muncul.

3. Menggunakan Fungsi YEARFRAC

Fungsi rumus lainnya yang bisa digunakan untuk hitung umur adalah YEARFRAC. Ini adalah fitur yang bisa dipakai dan dimanfaatkan untuk perhitungan rumus secara mudah. Pakai langsung saja YEARFRAC ini biar perhitungan umur jadi lebih mudah.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Hitung Umur Pakai Rumus Excel

Menghitung umur pakai rumus excel itu tentunya perlu memperhatikan sejumlah hal. Sejumlah hal penting harus diperhatikan kalau mau melakukan perhitungan umur dengan baik dan benar. Berikut ini beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam hitung umur pakai rumus excel.

1. Penulisan Formula Harus Tepat

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam hitung umur pakai rumus excel adalah penulisan formulanya. Penulisan formula itu memang jadi hal yang krusial. Jadi, jangan sampai keliru dalam menulis formulanya. Ketika salah tulis formula akan terjadi error.

2. Sumber Data Harus Valid

Perhatikan juga bahwa sumber data itu juga harus valid. Sumber data yang valid ini menjadi salah satu hal yang penting dan utama. Kalau sumber datanya keliru bisa berakibat langsung dengan hasil dari penulisan formulanya. Karenanya, pastikan sumber data perhitungan rumus itu harus valid.

Advertisement

3. Gunakan Langkah yang Tepat

Semua langkah harus dilakukan dengan baik. Urutan langkahnya harus dilakukan biar semuanya berjalan lancar. Kalau ada satu langkah yang keliru, maka penulisan rumus excel untuk hitung umur bisa gagal terus. Urutan langkahnya memang harus disesuaikan agar segalanya lancar.

4. Periksa Kembali Sebelum Melanjutkan

Faktor penting lainnya adalah melakukan pemeriksaan kembali sebelum lanjut ke bagian lainnya. Ini juga jadi bagian penting yang harus diperhatikan terus. Kalau hal ini dilakukan dengan seksama, laporan akan selalu berlangsung dengan lancar.

Alasan Perhitungan Umur Menggunakan Rumus Excel Gagal

Perlu dipahami juga kenapa perhitungan umur dalam sebuah field data pakai rumus excel bisa gagal. Tentu saja ada sejumlah alasan mengenai hal tersebut. Berbagai alasan tersebut penting untuk diketahui. Berikut ini beberapa alasan mengenai kenapa perhitungan dengan rumus excel gagal.

1. Formula Salah

Salah satu alasan perhitungan umur pakai rumus excel gagal adalah kesalahan dalam menuliskan formula di cell. Formula yang salah ini mengakibatkan rumus tidak bisa hasilkan apapun. Biasanya juga akan muncul tanda error pada cell saat tuliskan rumus.

2. Ada Langkah yang Lupa Dilakukan

Kegagalan juga bisa disebabkan oleh langkah yang lupa dilakukan. Setiap langkah memang harus dilakukan secara tepat. Kalau ada langkah yang dilewati atau tidak dilakukan, maka rumus perhitungan umur pada excel itu bisa gagal.

3. Sumber Data Bermasalah

Dalam perhitungan rumus umur di excel, sumber datanya harus tepat. Kalau sumber datanya tepat, penulisan dan bahkan hasil rumus perhitungan umur tidak akan menemui banyak masalah. Karenanya, sumber data itu memang harus jelas agar perhitungan umur itu tepat.

4. Error pada Sistem Excel

Kegagalan perhitungan rumus juga disebabkan oleh error pada sistem excel. Masalah error pada sistem excel ini memang jadi hal yang biasa terjadi. Maka dari itu, error pada sistem excel yang kadang tak diperbaharui itu menjadi penyebab dari masalah error pada perhitungan rumus.

FAQ | 3 Cara Menghitung Umur di Excel Menggunakan Rumus – Rumus Excel

Pentingkah pelajari rumus perhitungan umur di excel?

Jika sering olah data yang berkaitan dengan angka, rumus perhitungan umur di excel penting untuk dipelajari.

Apa fungsi utama dari rumus perhitungan umur di excel?

Menyajikan informasi umur berdasarkan sumber data yang ada pada excel.

Kenapa rumus perhitungan umur di excel sering gagal?

Formula yang dituliskan pada excel salah.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.