Cara Menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word

Beranda » Cara Menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word

Cara menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word tidaklah sulit. Sebagai aplikasi untuk sisipkan sitasi atau kutipan, Mendeley memang cukup penting bagi sejumlah pengguna word. Karena itu, pahamilah bagaimana cara menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word.

Hanya perlu beberapa tahapan sederhana untuk bisa aktifkan Mendeley ke word. Jadi, harus dipahami dengan baik cara menghubungkannya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word secara mudah.

Fungsi Mendeley untuk Microsoft Word

Sebelum memahami cara menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word, pahamilah dulu fungsi dari add in tersebut. Mendeley fungsi utamanya memang berkaitan dengan pemberian citasi pada lembar kerja penelitian. Supaya lebih jelas, ini dia beberapa fungsi utama dari Mendeley.

1. Organisir Referensi Akademik

Salah satu fungsi utama dari Mendeley untuk Microsoft Word adalah mengorganisir referensi akademik. Ini jadi hal yang penting buat para pengguna word yang mau menambahkan sitasi maupun referensi di makalah yang dibuat pada Microsoft Word.

2. Memudahkan Pembuatan Sitasi

Mendeley itu pastinya juga akan memudahkan pengguna dalam membuat sitasi. Pembuatan sitasi akan jadi lebih mudah menggunakan aplikasi ini. Hal ini akan benar – benar bermanfaat buat pelajar, mahasiswa hingga dosen yang ingin melakukan peneletian dengan data akurat.

3. Memudahkan Pembuatan Daftar Pustaka

Daftar pustaka juga akan lebih mudah dibuat dengan Mendeley. Ini adalah fungsi utama dari Mendeley yang juga bisa dirasakan semua penggunanya. Daftar pustaka akan lebih mudah dibuat dengan menggunakan Mendeley yang dihubungkan ke word.

4.  Mencari Referensi

Memudahkan proses mencari referensi juga jadi fungsi utama dari Mendeley. Fungsi ini juga jadi hal yang paling utama dari aplikasi Mendeley. Kalau mau tambahkan referensi tertentu, maka gunakanlah aplikasi Mendeley saja biar semuanya jadi lebih mudah.

Cara Menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word

Proses untuk menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word itu tak begitu sulit. Hanya memerlukan beberapa langkah sederhana saja untuk bisa hubungkan Mendeley ke word. Biar lebih jelas, ini dia cara menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word.

1. Download dan Install Mendeley

Untuk bisa hubungkan Mendeley ke Microsoft Word, maka lakukan download dulu. Download dulu aplikasi Mendeley yang tersedia di sejumlah situs. Kalau sudah melakukan proses download, langkah berikutnya adalah install Mendeley ke laptop atau PC yang digunakan.

2. Install Ms Word Plug In

Ketika sudah install Mendeley, berikutnya adalah install Ms Word Plug In agar bisa tambahkan Mendeley. Setelah plug in aktif, maka langsung pasang Mendeley ke Word. Melalui medium Word Plug In, Mendeley bisa langsung terpasang.

3. Tunggu Proses Instalasi Selesai

Jika sudah melakukan proses instalasi, maka tinggal tunggu tahapan tersebut selesai dilakukan. Prosesnya biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Kalau prosesnya gagal, maka ulangilah semuanya dari awal.

4. Periksa Apakah Mendeley Sudah Aktif atau Belum

Langkah atau tahap terakhir adalah memeriksa apakah Mendeley apakah sudah terpasang atau belum. Caranya dengan klik menu references di menu bar word. Kalau memang Mendeley sudah terpasang, maka proses membuat sitasi hingga daftar pustaka di word bisa segera dilakukan.

Cara Pakai Mendeley di Microsoft Word

Cara memakai Mendeley di Microsoft Word itu bisa dilakukan dengan sangat sederhana. Hanya butuh beberapa tahap saja untuk mulai gunakan aplikasi tersebut. Berikut ini adalah cara untuk pakai aplikasi Mendeley di Microsoft Word.

1. Memasukkan Data ke Tulisan

Pertama – tama adalah memasukkan data ke tulisan dulu. Masukkanlah data secara manual menggunakan Mendeley. Sudah tersedia menu untuk tambahkan tulisan langsung. Berikut ini langkah – langkahnya.

  • Kumpulkan semua jurnal yang ingin dipakai
  • Buka aplikasi Mendeley dan Create Folder
  • Add files dan pilih PDF yang berisi referensi
  • Klik sync untuk sinkronisasi

2. Membuat Referensi Internet

Berikutnya adalah panduan dalam membuat referensi internet. Referensi internet bisa dibuat dengan sangat mudah juga. Sudah ada layanan yang bisa dipakai untuk tambahkan referensi di Mendeley. Ini dia cara – caranya.

  • Buka aplikasi Mendeley
  • Klik File dan Pilih Add Entry Manual
  • Masukkan data (Judul, Penulis, Tahun, dan lain – lain)
  • Klik save untuk simpan data referensi
  • Sinkronkan referensi yang telah disimpan
  • Masukkan sitasi dan daftar pustaka via tab References
  • Pakai insert citation untuk masukkan sitasi & bibliography untuk daftar pustaka

3. Membuat Sitasi

Berikutnya adalah cara membuat sitasi ke word dengan Mendeley. Prosesnya juga cukup mudah karena tinggal menghubungkan saja. Berikut ini tata cara menambahkan sitasi pada word dengan memakai aplikasi Mendeley.

  • Buka dokumen terlebih dulu
  • Arahkan cursor di akhir kalimat yang ingin ditambahkan sitasi
  • Klik tab references dan kemudian klik insert citation
  • Tuliskan nama penulis atau judul karya

4. Membuat Daftar Pustaka

Terakhir adalah bagaimana membuat daftar pustaka memakai Mendeley. Proses untuk bikin daftar pustaka tentunya tak ribet. Semua menu sudah tersedia dan tinggal pakai saja. Berikut ini cara pakai Mendeley di Microsoft Word.

  • Buat halaman khusus dulu
  • Klik references dan pilih bibliography
  • Tunggu hingga daftar pustaka muncul

FAQ | Cara Menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word

Apakah sulit untuk hubungkan Mendeley ke Microsoft Word?

Tidak sulit karena proses menghubungkan Mendeley hanya perlu lakukan beberapa langkah saja.

Apa fungsi utama dari Mendeley untuk Microsoft Word?

Membuat sitasi dan juga daftar pustaka untuk keperluan naskah akademik.

Kenapa proses hubungkan Mendeley ke Microsoft Word gagal?

Biasanya karena kesalahan dalam memulai prosedur penghubungan dari Mendeley ke Word.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.