3 Cara Mengubah Keyboard Samsung [Gampang]

Beranda » 3 Cara Mengubah Keyboard Samsung [Gampang]
Advertisement

Bagaimana cara mengubah keyboard Samsung ternyata tidak begitu sulit, kamu bisa coba melakukannya dengan banyak cara dan banyak alternatif.

Jika kamu memang ingin suasana baru dari HP Android Samsungnya, maka ulasan dan pembahasan kali ini sangatlah cocok. Kamu pun dapat mengubah keyboard mulai dari tema atau bahkan hal lainnya. Untuk lebih jelasnya bagaimana, yuk simak langsung uraian lengkap berikutnya.

Cara Mengubah Keyboard Samsung dengan Menu Pengaturan

Panduan dan cara ini dapat dianggap paling basic, pun dasar. Karena  sebagai pengguna dapat langsung memanfaatkan fitur dan sistem bawaan dari Samsungnya. Tanpa harus memasang aplikasi lain, tanpa harus mengunduhnya dari Google Play Store.

Untuk tahu kelengkapan caranya bagaimana, yuk simak langsung panduan dan langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, langsung nyalakan HP Samsung kamu dan pastikan HP sudah siap digunakan
  2. Masuk ke menu Settings atau Pengaturan
  3. Geser, scroll dan gulir menu Pengaturan sampai kamu menemukan sub menu Manajemen Umum
  4. Nanti  tinggal memilih keterangan bahasa dan Masukan atau jika dalam bahasa Inggris bisa menggunakan keterangan menu Language and Input
  5. Sistem akan menampilkan beberapa opsi pilihan, untuk melanjutkan bisa pilih Keyboard
  6. Kemudian pilih opsi Papan Ketik Samsung
  7. Dengan perintah tersebut, maka  dapat mengubah gaya serta tata letaknya secara langsung.

Nah, penting untuk diketahui. Bahwa di dalam menu Gaya dan Tata Letak tersebut. Kamu dapat menemukan beberapa opsi lain, yang memungkinkan keyboard dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dan keinginan.

Penyesuaian tersebut dapat kamu lakukan berdasarkan beberapa aspek, juga beberapa penyesuaian lainnya. Seperti:

1. Tema Keyboard

Ya, kamu dapat memilih tema pada papan ketiknya sesuai keinginan. Mulai dari papan ketik dengan tema Terang, Terang Padat, Gelap dan hingga Gelap Padat.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan papan ketik dengan sistem tampilan kontras tinggi. Serta dapat memilih diantara tema warna Kuning. Hitam 1, Hitam 2 hingga berwarna Biru.

2. Mode

Kamu sebagai pengguna juga dapat mengaplikasikan cara mengubah keyboard Samsung berdasarkan modenya. Nanti kamu tinggal memilih antara keyboard standar. Kemudian juga dapat memilih keyboard satu tangan. Atau bahkan keyboard mengambang.

3. Ukuran dan Transparansi

Penggunaan papan ketik dapat disesuaikan dengan ukuran, hingga lokasi keyboard sesuai kebutuhan. Jika kamu ingin menggunakan keyboard mengamang, maka sistem kontrol transparansi juga disediakan.

4. Ukuran Font

Ukuran font pada papan keyboard ternyata dapat disesuaikan. Kamu dapat mengontrol ukuran font, atau huruf, hingga simbol pada keyboard sesuai kebutuhan.

5. Tata Letak

Kamu dapat memilih, apakah ingin mengaktifkan tombol angka serta karakter alternatif pada keyboard. Semuanya bisa diubah, serta dapat diatur sesuai kebutuhan dan keinginan.

Cara Mengubah Keyboard Samsung dengan Aplikasi Microsoft SwiftKey KeyBoard

Kamu bisa mendapatkan satu aplikasi ini dari Google Play Store secara resmi, dan untuk menggunakan serta mendapatkan aplikasinya. Bisa langsung  simak pada pembahasan dan uraian berikutnya.

  1. Pertama, langsung lakukan download atau unduh aplikasi Microsoft SwiftKey Keyboard terlebih dahulu
  2. Kemudian, lakukan download serta pastikan agar aplikasi terpasang secara baik
  3. Advertisement
  4. Berikutnya aktifkan keyboard SwiftKey, proses pengaktifan ini dapat kamu lakukan dari menu Settings atau menu Pengaturan
  5. Jika sudah diaktifkan serta keyboardnya siap digunakan, maka  dapat mengatur penggunaan Keyboard lebih lanjut
  6. Terdapat empat fitur yang bisa kamu atur sesuai kebutuhan
  7. Mulai dari Bahasa, Ukuran, Tema bahkan Baris Angkanya ingin seperti apa. Dari fitur tersebut, maka kamu dapat melakukan kustomisasi sendiri. Termasuk dengan background keyboard menggunakan foto.

Dengan aplikasi Microsoft SwiftKey Keyboard ini, kamu dapat menggunakannya sesuai kebutuhan. Bisa diubah dan dicoba sendiri, menggunakan fitur-fitur dan sistem kustomisasi yang sangat unik.

Cara Mengubah Keyboard Samsung dengan Aplikasi Keys Cafe

Walaupun secara standar serta dasarnya mengubah keyboard di Samsung bisa dilakukan tanpa aplikasi. Namun cara tersebut bisa dibilang amat sangat basic. Jika ingin mendapatkan keyboard yang lebih menarik. Maka aplikasi Keys Cafe ini bisa jadi alternatif terbaik.

  1. Pertama, kamu bisa mendapatkan aplikasinya dari Apps Store Samsung secara langsung
  2. Cari nama aplikasi dari menu Pencarian, dan ketikkan opsi Keys Cafe
  3. Jika sudah perintah tersebut dilakukan, tinggal lakukan download dan pasang aplikasi sesuai dengan perintah yang telah disediakan.

Jangan salah mengunduh, usahakan serta pastikan agar aplikasi yang digunakan adalah aplikasi dari pengembang Good Lock Labs.

Penyebab dan Solusi Mengubah Keyboard Samsung Tidak Bisa Dilakukan

Walaupun beberapa cara di atas sudah dilakukan, namun ternyata pengubahan keyboard tidak bisa dilakukan. Maka kamu harus mempelajari beberapa penyebabnya, pun pastikan solusinya juga bisa dipahami dengan baik.

Alasan dan Penyebab Mengubah Keyboard Samsung Tidak Bisa Dilakukan

Mungkin  bertanya-tanya, mengapa setelah proses penggantian atau pengubahan dilakukan. Namun tidak ada efek atau pengaruh saat dilakukan. Dan keyboard masih terpasang dengan sistem keyboard default. Nah, apa sih penyebabnya?

  1. Pertama, bisa jadi karena aplikasi papan ketik atau keyboard yang terpasang bermasalah. Tidak kompatibel dengan perangkat Samsung yang kamu gunakan.
  2. Kemudian mungkin saja sistem HP Samsung sedang bermasalah, sehingga proses penggantian keyboard gagal dilakukan.

Solusi Saat Mengubah Keyboard Samsung Tidak Bisa Dilakukan

Untuk solusinya sendiri cukup sederhana, kamu bisa coba install atau pasang kembali aplikasi sebelumnya. Jika sudah terpasang, coba reset HP atau sederhananya bisa coba restart HP.

Jika memang masalahnya belum terselesaikan, coba  bisa tanyakan ke teknisi dan datang ke service center Samsung secara langsung.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengubah Keyboard Samsung

Apakah untuk Mengubah Keyboard Samsung Harus Berbayar?

Tidak harus, dengan aplikasi pun bisa didapatkan gratis.

Apakah Keyboard Samsung Bisa Diubah ke Settingan Default?

Ya, sangat bisa.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.