Cara Mengubah Tulisan di HP Oppo dengan Mudah

Beranda » Cara Mengubah Tulisan di HP Oppo dengan Mudah
Advertisement

Jika ingin tampilan menjadi lebih menarik dan berbeda, maka cara mengubah tulisan di HP Oppo penting untuk dipahami dengan baik.

Oppo sendiri merupakan salah satu merk HP Android yang penggunanya sangat banyak. Tipe HPnya juga tidak sedikit. Dan tidak sedikit dari pengguna yang ingin coba mengubah tulisan atau font di HPnya jadi berbeda. Untuk tahu panduan dan metodenya apa saja, yuk simak pembahasannya.

Cara Mengubah Tulisan di HP Oppo dengan Akses Theme Store

Theme Store menjadi salah satu aplikasi sekaligus fitur bawaan yang dikembangkan oleh sistem operasi di Oppo. Menawarkan banyak pilihan tema, dengan tampilan yang tentu buat pengguna tidak akan merasa bosan.

Terdapat beberapa pilihan font Oppo yang tersedia di Theme Store, kamu juga bisa mendapatkan dan menggunakannya secara gratis. Atau bahkan berbayar. Di bawah ini akan ada panduan pertama tentang bagaimana cara mengubah tulisan di HP Oppo lewat fitur Theme Store. Bagaimana?

  1. Pertama, langsung buka aplikasi Theme Store yang sudah pasti terpasang di HP Oppo kamu
  2. Berikutnya langsung masuk di halaman aplikasi dan beranda, dan kamu langsung cari pilihan Category
  3. Dari pilihan category tersebut, maka bisa langsung klik Font atau kamu juga bisa geser halamannya kebagian kiri untuk menuju bagian Font
  4. Nah, dari perintah tersebut. Maka kamu bisa langsung memilih font yang diinginkan
  5. Kamu pun bisa langsung coba trial tampilan font dengan klik pilihan Try Me atau opsi menu Free Trial. Dan perintah ini dapat dilakukan jika memang fontnya berbayar
  6. Lakukan pengunduhan serta beli font yang diinginkan, jika sudah maka langsung klik Apply
  7. Lalu HP akan otomatis memiliki tampilan baru dengan font baru.

Jadi, sekali-kali aplikasi Theme Store yang sudah terpasang di HP Oppo kamu. Sekali-kali coba gunakan untuk mengubah tampilan tulisan, atau tampilan font yang itu-itu saja.

Barangkali jika sudah coba diubah, maka kamu bisa mendapatkan suasana berbeda dan buat penggunaan HP menjadi lebih fresh. Atau lebih segar.

Cara Mengubah Tulisan di HP Oppo dari Segi Ukuran

Jika panduan sebelumnya adalah mengubah jenis tulisan atau mengubah gaya tulisannya. Maka pada kesempatan sekarang, kamu dapat mengubah tulisan dari segi ukurannya. Baik itu diubah menjadi lebih kecil, atau bahkan diubah menjadi lebih besar. Bagaimana caranya?

1. Untuk ColorOS 7.1 Lebih Rendah

Bagi kamu yang menggunakan Oppo dengan UI ColorOS versi 7.1 dan lebih rendah. Maka bisa langsung coba aplikasikan panduan di bawah ini.

  • Pertama, langsung aktifkan HP Oppo kamu secara langsung dan masuk ke menu Setting
  • Kemudian langsung cari Ikon Setting atau Gerigi yang sudah terpasang pada HP
  • Berikutnya, kamu pun bisa langsung masuk ke menu Tampilan dan Kecerahan atau Display and Brightness
  • Klik langsung Ukuran Font atau Font Size pada layar Hpnya
  • Sistem akan langsung memunculkan slider
  • Advertisement
  • Bila geser ke kanan, maka ukuran tulisan akan menjadi lebih besar dan jika geser ke kiri maka ukuran tulisan akan menjadi lebih kecil

Jika perintah tersebut sudah kamu lakukan, maka ukuran font atau tulisannya akan secara otomatis berubah. Sesuai dengan keinginan dan sesuai dengan yang sudah diatur sebelumnya.

2. Untuk ColorOS 11 Lebih Tinggi

Nah, jika HP Oppo kamu sudah menggunakan sistem UI terbaru, maka kamu dapat mencoba untuk aplikasikan panduan ini. Dengan langkah:

  • Pertama, langsung aktifkan dan buka HP Oppo kamu secara langsung
  • Kemudian cari dan menuju menu Setting atau Pengaturan seperti biasa
  • Berikutnya cari sub menu Personalisasi atau Personalization
  • Jika sudah perintah tersebut dilakukan, maka kamu bisa langsung memilih Font serta Ukuran Tampilan atau menu Font and Display Size
  • Sistem akan langsung memunculkan opsi slider yang menggunakan tombol lingkaran kecil
  • Jika sudah, maka kamu dapat menggeser ke bagian kanan untuk memperbesar ukuran tulisan dan dapat menggesernya ke bagian kiri untuk memperkecil ukuran tulisan
  • Klik Apply atau Terapkan jika ukuran tulisan sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Penting untuk diketahui, bahwa disemua sistem UI yang ada di Oppo. Pengguna dapat mengubah dan mengatur ukuran tulisan menjadi lima pilihan. Mulai dari kecil, default, medium, besar dan juga dapat dipilih ukuran ekstra besar. Tentukan dan pilih saja sesuai kebutuhan serta keinginan.

Cara Mengubah Tulisan di HP Oppo dengan Apps Tambahan

Nah, jika kamu kurang puas dengan panduan pengubahan tulisan berdasarkan cara-cara di atas. Maka kiranya bisa menggunakan alternatif lain, dengan menggunakan aplikasi tambahan secara langsung. Bagaimana caranya?

Caranya super gampang, kamu bisa mendapatkan aplikasinya dengan mudah dari Google Play Store. Aplikasi ini tentu saja legal, resmi, dan sistem keamanannya juga terjamin.

Zfont, merupakan salah satu aplikasi yang menawarkan kualitas serta performa sangat apik. Aplikasi ini juga terbilang jadi salah satu aplikasi terbaik. Selain memang pilihan font atau tulisannya banyak. Pengguna juga bisa mengakses aplikasi tanpa harus melakukan Root.

Sebagai pengguna Oppo, kamu hanya peru mengunduh aplikasi Zfont dari Google Play Store secara langsung. Lakukan pengunduhan serta pemasangan seperti biasa, dan jika sudah nanti tinggal di restart terlebih dahulu. Tanpa proses rooting yang kemungkinan membahayakan HP.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengubah Tulisan di HP Oppo

Apakah dengan Mengubah Tulisan di Oppo Bisa Dikembalikan ke Settingan Awal?

Jelas bisa, kamu dapat mengubahnya kembali dari menu Pengaturan.

Apakah Legal Melakukan Pengubahan Tulisan di HP Oppo?

Legal, apalagi pihak Opponya sendiri sudah menyediakan layanannya.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.