Hanya Hitungan Menit – Cara Mengunci Folder Di Laptop

Posted on

Cara Mengunci Folder Di Laptop – Nah siapa sih yang tidak pengen mengetahui supaya folder di komputer dapat dikasih password seperti layaknya handphone, dan untuk mengamankan data yang ada di dalam folder tersebut ?? untuk itu simak ulasan selengkapnya dibawa ini.

Dengan seiring perkembangan zaman, banyak teknologi yang dapat memudahkan keseharian kita dalam bekerja seperti komputer. Dalam hal ini komputer ialah perangkat yang sering digunakan untuk bekerja, menyimpan data dan maupun untuk mengakses internet.

Dengan di era sekarang ini, telah hadir fitur keamanan data yang lebih maju dan mampu menjaga privasi setiap data di komputer kalian. Dan salah satunya ialah dengan cara mengunci folder di windows dan seluruh isi data sehingga tersembunyi dan tidak ada seorang pun yang dapat mengaksesnya kecuali kita sendiri yang punya laptop.

Hal ini beberapa orang tentu memiliki rahasia dan privasi akan dokumen dan file penting lainnya yang tidak ingin di ketahui oleh orang lain dan di akses oleh sembarangan orang. Memberikan keamanan dan perlindungan lebih pada folder yang berisi file-file tersebut sangatlah penting dan dapat dilakukan dengan mudah. Dan salah satu caranya ialah dengan cara mengunci folder di komputer, seperti halnya dengan password, lantas apa yang dimaksud dengan password ??

Pengertian Password

Password ialah kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna “multiuser” untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut.

Dan jika kalian memiliki data penting atau data yang tidak ingin dilihat oleh orang lain kalian bisa menguncinya. Pasalnya file atau dokumen merupakan data yang memiliki tingkat kepentingan yang berbeda untuk pemiliknya, dikarenakan terkadang memiliki informasi sangat rahasia atau data pekerjaan yang tidak boleh dilihat orang lain.

Cara untuk mengunci folder hampir sama antar windows , nah simak cara mengunci folder di windows XP, 7, 8 dan 10 dibawah ini yang hal ini tentu saja mudah untuk dipraktekkan.

Dengan Menggunakan Password

Nah untuk mengamankan folder di windows sebenarnya kita tidak memerlukan aplikasi tambahan ataupun software apapun. Kalian dapat menerapkan cara pengamanan folder di windows XP, windows 7, windows 8 dan windows 10 karena cara yang umum cara dan langkahnya sama.

Baca Juga  Trik Mudah – Cara Merubah Foto Portrait Menjadi Landscape Di Android

Nah langsung saja simak cara mengunci folder dengan menggunakan password berikut ini:

  • Hal yang pertama ialah buat folder dengan nama yang kalian inginkan akan tetapi disini kita akan menggunakan nama “penting”, setelah itu masuk ke folder tersebut.
  • Kemudian buka notepad kalian dan copy paste script yang ada dibawah ini:
    cls@ECHO OFFtitle Folder Privateif EXIST “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” goto UNLOCKif NOT EXIST Private goto MDLOCKER:CONFIRM

    echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)

    set/p “cho=>”

    if %cho%==Y goto LOCK

    if %cho%==y goto LOCK

    if %cho%==n goto END

    if %cho%==N goto END

    echo Invalid choice.

    goto CONFIRM

    :LOCK

    ren Private “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”

    attrib +h +s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”

    echo Folder locked

    goto End

    :UNLOCK

    echo Enter password to unlock folder

    set/p “pass=>”

    if NOT %pass%== password di sini goto FAIL

    attrib -h -s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”

    ren “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” Private

    echo Folder Unlocked successfully

    goto End

    :FAIL

    echo Invalid password

    goto end

    :MDLOCKER

    md Private

    echo Private created successfully

    goto End

    :End

  • Setelah selesai kalian paste, cari kata “password disini” dan ganti dengan password yang kalian inginkan. Nah disini kita akan menggunakan password= “disini”.
  • Bila sudah silahkan di save atau disave as di dalam folder “penting” dan beri nama filer tersebut bat. Dan jangan lupa dibawah filer name “save as type” di ganti menjadi “all files”.
  • Kemudian setelah itu klik save.
  • Jalankan atau double klik bat dan akan ada folder baru dengan nama “Private”.
  • Kemudian masukkan file yang akan kalian kunci dengan password didalam foldernya private tersebut.
  • Setelah selesai ter-copy maka langkah selanjutnya klik 2x lagi pada file bat.
  • Dan jika script kalian tidak salah maka akan muncul pop up command dan ketik Y kemudian tekan ENTER.
  • Setelah itu folder private akan terhidden atau hilang tapi jangan panik karena folder tidak hilang melainkan ter-hidden.

Cara Membuka Folder Yang Terkunci Dengan Password Diatas

Adapun cara membuka folder yang terkunci dengan password diatas yaitu:

  • Pertama, klik 2x file bat.
  • Kemudian masukan password yang kalian tentukan, disini kita menggunakan “disini” lalu tekan ENTER.
  • Maka folder yang hilang atau ter-hidden akan muncul kembali dan untuk menguncinya kembali, kalian cukup melakukan double klik kembali pada file bat.

Cara mengunci folder menggunakan password tentu sangatlah mudah bukan ?? Selain cara diatas masih ada beberapa cara yang lain yang bisa kalian gunakan untuk melakukan private atau mengunci folder yang kalian lindungi.

Dengan Menggunakan Folder Encryption

Selain mengunci folder menggunakan password, cara mengunci folder menggunakan encryption ialah salah satu opsi lain yang dapat kalian lakukan dengan menu built-in windows. Namun sayang fitur ini hanya dapat diakses pengguna yang menggunakan windows 10 pro.

Fitur ini tidak memiliki fitur lengkap yang dapat ditawarkan oleh kebanyakan aplikasi pihak ke-3. Password yang disimpan ialah password untuk login ke akun windows kita, atau ke akun Microsoft jika PC kita telah dihubungkannya. Jadi jika kita mengaktifkan fitur ini namun tidak memberikan password pada akun windows kita, maka fitur ini sama sekali tidak akan berguna.

Dan meskipun memiliki kekurangan seperti yang disebutkan diatas, cara ini cukup terbilang efektif. Kita tidak perlu repot untuk menginstall aplikasi pihak ke tiga, yang tentunya akan menghemat memori dan meringankan beban PC kita. Nah berikut ini langkah-langkah menggunakan folder encriptiondi Windows 10 pro yaitu:

  • Untuk langkah yang pertama yaitu klik kanan pada folder yang ingin dikunci dengan password, lalu pilih menu “Properties”.
  • Kemudian langkah yang kedua yaitu setelah kotak dialog “Properties” muncul klik tombol “Advanced”.
  • Langkah yang ketiga yaitu setelah itu klik centang pada pilihan yang bertuliskan “Encrypt contents to secure data” lalu klik “OK”.
  • Dan langkah ke empat yaitu klik “Apply” lalu muncul kotak dialog dimana kita disuruh untuk memilih apakah kita ingin semua folder dalam direktori tersebut diberi password atau hanya folder luarnya saja. Jika telah memberi pilihan, lalu klik “OK”.

Dan untuk menyelesaikan prosesnya memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, tergantung besarnya kapasitas dari folder tadi. Jika telah selesai, maka akan terlihat simbol gembok di dekat folder tadi.

Dengan Menggunakan Aplikasi 7Zip

Dengan metode ketiga ini merupakan cara atau teknik yang butuh bantan pihak ke-3 yakni aplikasi 7Zip. 7Zip ialah pengarsip berkas sumber terbuka yang menggunakan ekstensi 7z. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuka dan menulis dalam beberapa format seperti rar, zip dan tar.

7Zip dapat digunakan mengunakan antar muka grafis, baris perintah maupun integrasi shell Microsoft windows. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada tahun 1999 dan masih dikembangkan secara aktif oleh Igor Pavlov.

Dan perlu diingat bahwa sebelum menggunakan aplikasi ini, kita diwajibkan untuk melakukan kompresi terhadap folder yang ingin kita beri password. Nah berikut ini langkah-langkahnya yaitu:

  • Langkah pertama yaitu buka halaman unduh 7-Zip dan unduh aplikasi ini sesuai dengan OS yang sedang kalian pakai, baik itu x32 maupun x64 setelah diunduh, install dan jalankan.
  • Langkah kedua yaitu buat folder atau cari folder yang akan kalian beri password melalui interface 7Zip dan klik kanan pada folder yang akan kalian kunci.
  • Langkah ketiga yaitu akan muncul tampilan baru yang digunakan untuk setting password dai folder yang akan kalian kunci, kemudian pilih format arsip dan pilih zip.
  • Langkah ke empat yaitu masukkan kunci password yang akan kalian gunakan nantinya di kolom “masukkan kata sandi” dan “konfirmasi kata sandi”.
  • Langkah kelima yaitu kemudian pilih OK dan proses akan berjalan.
  • Langkah keenam yaitu setelah selesai akan muncul file dengan format zip, saat kalian ingin membuka file kalian akan mendapat adanya keamanan password yang telah kalian tentukan diatas. Untuk melihat apakah file telah terkunci atau belum, kalian dapat melihat gambar dibawah ini.

Nah dari penjelasan diatas tentu kalian akan mendapatkan beberapa keuntungan yang sangat berguna sekali dalam melindungi file kalian dari hal yang tidak kalian inginkan. Berikut ini keuntungan yang kalian dapat yaitu:

  • Adanya Private data yakni dengan adanya password maka tidak sembarang orang dapat membuka file yang kalian kunci atau kalian lindungi privasinya.
  • Melindungi data yakni dengan adanya password maka data atau file dapat kalian lindungi. Hal ini pasalnya file tidak dikenali atau dikira sebuah icon yang kurang penting dan berguna.

Begitu setelah mengetahui keuntungan dan cara mengunci folder di windows tentu membuat kalian lebih mudah dalam melindungi file atau membuat privacy file kalian agar tidak dilihat oleh orang lain. Dan kalian dapat melindungi data penting maupun dokumen sangat rahasia menggunakan cara diatas.