3 Cara Mengunci Galeri di HP Vivo dengan Mudah

Beranda » 3 Cara Mengunci Galeri di HP Vivo dengan Mudah
Advertisement

Sedang mencari dan mempelajari tentang bagaimana cara mengunci galeri di HP Vivo? Jika ya, maka sekarang sedang ada di tempat dan artikel yang tepat.

Kamu bisa melakukan beberapa cara penguncian terhadap galeri untuk meningkatkan sistem keamanan HP. Agar bisa menjaga privasi, pun tentu saja foto-foto yang ada di HP tidak diganggu au terlihat oleh orang lain.

Cara Mengunci Galeri di HP Vivo Berdasarkan Versi OS Funtouch

Funtouch sendiri adalah salah satu sistem OS pada Android yang memang secara resmi digunakan oleh HP Vivo. Versinya sudah banyak, pun untuk perintah mengunci galeri HP, tiap versi memiliki perintah atau setting berbeda. Bagaimana saja caranya?

1. OS Funtouch Versi 3.0 Lebih Tinggi

Nah, cara mengunci galeri di HP Vivo berdasarkan versi OS Funtouch ini diperuntukkan bagi kamu yang sudah menggunakan versi 3.0+. Bagaimana perintahnya?

  • Pertama, langsung buka Setting atau Pengaturan di HP Vivo kamu secara langsung
  • Langsung cari pilihan menu Fingerprint, Face and Password 
  • Di menu tersebut, kamu akan langsung diminta untuk membuat password atau kata sandi aplikasi 
  • Perintah sebelumnya dapat dilakukan jika belum pernah dilakukan
  • Kemudian, pilih opsi menu Privacy and App Encryption
  • Selanjutnya tinggal pilih menu Albums untuk dapat mengunci galeri di HP Vivo kamu

Dengan perintah tersebut, maka untuk membuka album atau galeri akan diharuskan untuk menginput kode atau password terlebih dahulu. Pun tentu yang dapat mengaksesnya hanya pengguna yang mengetahui mengenai kata sandi ini.

2. OS Funtouch Versi 2.6 Lebih Rendah

Jika versi OSnya bukan 3.0+ dan lebih rendah dari versi tersebut, maka kamu dapat melakukan perintah di bawah ini.

  • Pertama, langsung buka aplikasi iManager yang sudah secara otomatis terpasang pada HP. Karena sistem ini memang sudah menjadi aplikasi bawaan dari Vivonya sendiri
  • Cari menu App Manager di sistem aplikasi tersebut
  • Selanjutnya tinggal cari menu Ap Lock dan tentukan kata sandi hingga pertanyaan sebagai sistem keamanan tambahan
  • Kemudian pilih Albums untuk mengunci galeri secara langsung.

Nah, dua cara di atas dapat dilakukan dengan menggunakan fitur bawaan dari OS Vivonya sendiri. Jadi, untuk mengunci sistem galeri atau Album tidak mengharuskan pengguna melakukan pemasangan aplikasi tambahan.

Cara Mengunci Galeri di HP Vivo dengan Tambahan Aplikasi

Jika cara mengunci galeri di HP Vivo sebelumnya tidak bisa dilakukan dan diaplikasikan dengan HP yang sekarang digunakan. Maka alternatif terbaik adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu pun bisa mendapatkan dan menginstallnya langsung dari Google Play Store.

Pilihannya sangat banyak, rekomendasi aplikasi tambahan di bawah ini juga merupakan aplikasi dengan pengunduh paling banyak. Dengan rating yang pasti tinggi.

1. Gallery Lock (Hide Picture) by Morrison Software

Tool Apps ini memiliki ukuran aplikasi sangat ringan, jumlah pengunduhnya sudah lebih dari 10 juta pengguna. Tidak perlu ragu untuk menggunakannya, sebab ratingnya juga cukup tinggi.

2. Photo Lock App by Donna Infotech

Ukuran aplikasinya juga hanya sekitar 17 MB saja, pengguna aplikasinya sudah lebih dari 50 juta pengunduhan. Jangan pernah ragu untuk menggunakannya, sebab foto di Galeri kamu dipastikan benar-benar akan aman.

Advertisement

3. Applock Pro by Eywin Apps

Jumlah pengunduhan aplikasinya sudah lebih dari 50 juta pengguna, sistem aplikasinya memiliki ukuran 29 MB. Dan tentu rating tidak perlu diragukan, sebab sudah banyak pengguna berhasil mengunci galerinya menggunakan aplikasi ini.

4. Secure Gallery by SpSoft  

Ukurannya 2.2 MB saja, jumlah pengunduh dari jenis aplikasi satu ini sudah lebih dari 10 juta pengguna. Aplikasinya sangat ringan, jadi tidak akan memakan banyak ruang penyimpanan internal kamu.

5. Gallery Vault by GalleryVault Developer Team

Lalu rekomendasi cara mengunci galeri di HP Vivo dengan tambahan aplikasi adalah Gallery Vault. Aplikasi ini pun memiliki ukuran aplikasi ringan, hanya sekitar 30 MB saja, dengan jumlah pengunduhan lebih dari 10 juta pengguna.

Namun untuk perintah pengaktifannya, akan memiliki setting atau ketentuan berbeda. Jadi kamu cukup pelajari saja tentang bagaimana penggunaannya, namun yang pasti tidak akan sulit untuk dilakukan.

Keuntungan Mengunci Galeri di HP Vivo

Sebuah fitur atau layanan, disediakan tentu saja bukan tanpa tujuan dan manfaat. Termasuk dengan fitur penguncian galeri yang disediakan oleh Vivo, kamu pun bisa mendapatkan keuntungannya secara khusus. Apa saja?

1. Menjaga Privasi

Hal pertama dari keuntungan dan tujuan saat galeri dikunci, adalah privasi yang kamu miliki atau tersimpan dalam galeri. Tidak akan terekspose dan tidak akan bisa dilihat oleh orang lain.

Privasi yang dimaksud misalnya foto pribadi yang tidak pernah dilihat oleh orang lain, misalnya saja foto tanpa hijab. Foto keluarga, atau bahkan lainnya. Dengan penguncian galeri, maka privasi ini jelas akan terjaga secara baik.

2. Menjaga Keamanan Data Pribadi

Karena yang tersimpan dalam galeri akan sangat banyak, mulai dari gambar biasa atau bahkan foto data pribadi. Maka jika ada data pribadi, kemudian galeri dikunci dengan akses harus menggunakan kata sandi.

Maka data pribadi yang tersimpan pada galeri akan aman, tanpa takut ketahuan orang lain. Data pribadi tersebut bisa saja foto tentang KTP, alamat pribadi, nomor rekening, atau beberapa data lain yang memang kamu simpan dengan berbasis foto.

Jadi, cara mengunci galeri di HP Vivo ini jelas tidak akan merugikan. Bahkan akan sangat menguntungkan untuk meningkatkan keamanan, serta menjaga privasi diri sendiri.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Mengunci Galeri di HP Vivo

Apakah Mengunci Galeri di Vivo dengan Tambahan Aplikasi Harus Berbayar?

Tidak, kamu bisa mendapatkan dan menggunakannya tanpa harus berbayar.

Bagaimana Cara Agar Penguncian Galeri di Vivo Tidak Ingin Digunakan Lagi?

Cukup menonaktifkannya saja menggunakan menu Setting, prosesnya sama seperti awal bagaimana fiturnya diaktifkan.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.