Advertisement

Tahukah kamu cara mengunci kolom di Excel sehingga kolom tersebut tidak bisa bergeser dan diinput orang lain? Microsoft Excel punya cara dan fitur tersendiri untuk memproteksi kolom sehingga akan terkunci dan tidak bisa diotak atik siapapun.

Beberapa orang memiliki tujuan tertentu ketika memproteksi atau mengunci kolom pada file Excel miliknya. Tujuan ini dapat di akomodasi oleh Excel melalui proteksi kolom seluruhnya atau sebagian saja tergantung keinginan dan kebutuhannya.

Tingkatan Proteksi Kolom Pada Excel

Beberapa orang melakukan cara mengunci kolom di Excel atas pertimbangan beberapa alasan. Contohnya untuk mengunci rumus Excel yang diterapkan pada file tertentu. Bisa juga agar isi pada file tersebut tidak dapat diedit.

Pada Microsoft Office Excel terhadap tiga tahapan proteksi yang berlaku. Tahapan tersebut yaitu proteksi pada file, proteksi pada workbook dan proteksi pada worksheet. Ada juga tambahannya yaitu proteksi pada kode akses Macro VBA.

Dari tiga tahapan di atas, kamu paling sering melakukan proteksi pada kolom dengan tahapan yang mana?

Baca juga: Cara Membuat Tabel di Excel untuk Pemula

Mengapa Kamu Harus Mengunci Sebagian Atau Seluruh Kolom di Excel ?

Kalau kamu sudah sering bekerja di komputer menggunakan Microsoft Excel, kamu pasti tahu tujuan orang-orang mengunci atau melakukan proteksi pada kolom atau proteksi sheet. Tentu orang melakukan hal ini tanpa tujuan yang berarti.

Dengan menerapkan proteksi sheet, maka kamu sudah mengunci seluruh kolom pada sheet tersebut sehingga siapapun tidak akan dapat menggeser dan mengubah isinya. Kamu bisa saja mengunci sebagian atau seluruh kolom sesuai dengan kebutuhan.

Jika kamu ingin merubah isi yang ada dalam kolom tersebut maka kamu bisa membuka proteksi dan mengisi data yang baru disana. Tentu saja yang bisa membuka dan mengembalikan proteksi hanya kamu sebagai pemegang file.

Kamu dapat menentukan langkah proteksi pada Excel. Apakah ingin mengunci seluruh kolom atau cukup mengunci sebagian saja. Jenis proteksi yang kamu inginkan akan berpengaruh pada setiap cara mengunci kolom di Excel yang harus dilakukan.

Cara Mengunci Kolom Di Excel Pada Cell Tertentu Saja

Jika kamu ingin memproteksi beberapa bagian kolom saja, maka pengguna lain tidak akan dapat mengubah informasi yang tertulis pada sheet kecuali di beberapa bagian kolom yang kamu biarkan bebas dan dapat digeser serta diubah siapapun.

Cara mengunci kolom di Excel dengan format semacam ini membutuhkan langkah sebagai berikut :

  • Bukalah proteksi default pada seluruh cell dalam sheet.
  • Pilih seluruh cell atau kolom yang kamu inginkan lalu klik shortcut berupa Ctrl + A.
  • Kamu juga bisa mengetuk gambar segitiga yang terletak di sudut kiri atas sheet.
  • Pada salah satu kolom yang kamu pilih, klik kanan lalu pilih opsi Format Cells.
  • Akan muncul kotak informasi Dialog Format Cells.
  • Pada kotak dialog ini pilihlah untuk mengaktifkan Tab Protection.
  • Hilangkan tanda ceklis pada  pilihan Locked atau Terkunci pada menu Tab Protection.
cara mengunci kolom di Excel

Cara kedua untuk membuka atau menon-aktifkan seluruh proteksi pada sheet adalah :

  • Pilih seluruh kolom yang kamu inginkan.
  • Klik Ctrl + A atau klik icon segitiga yang letaknya di kiri atas sheet.
  • Buka proteksi dengan mengklik menu Lock Cell yang terletak pada tab Home >> Group Cell >> Format.

Mengunci Sebagian Kolom dan Menerapkan Pengaturan Lock Cells

Setelah kamu membuka semua proteksi pada sheet, maka cara mengunci kolom di Excel kini dapat kamu lakukan. Dalam hal ini kamu ingin mengunci kolom tertentu yang tidak dapat diubah isinya oleh pengguna Excel yang lain.

Hal ini lebih mungkin untuk kamu lakukan apabila masih ada beberapa informasi dalam sheet yang boleh atau harus diubah oleh pengguna lain, contohnya dalam format sebuah formulir.

Langkah yang harus kamu lakukan untuk mengunci sebagian kolom yaitu:

  • Pilih atau blok range yang kamu inginkan, sesuaikan dengan range yang kamu butuhkan.
  • Pada salah satu kolom yang kamu blok, klik kanan dan pilih menu Format Cells.
  • Akan muncul kotak dialog Format Cells lalu kamu pilih aktifkan Tab Protection.
  • Jangan lupa untuk memastikan bahwa opsi Locked diberi tanda centang disana.
  • Jika sudah selesai, klik OK.
  • Kamu juga bisa menggunakan format Tab Home >> Group Cells >> Format untuk cara yang lebih mudah dan sederhana.

Baca juga: Cara Menghitung Umur di Excel, Mudah Banget

Mengaktifkan Penguncian Kolom

Jika pengaturan Lock Cells sudah kamu lakukan dengan benar, maka cara mengunci kolom di Excel dapat kamu lanjutkan dengan langkah selanjutnya seperti yang tercantum di bawah ini.

Sebelumnya kamu sudah membuka proteksi seluruh sheet kecuali di beberapa kolom tertentu. Lakukan langkah di bawah ini untuk mengunci kolom tertentu yang kamu inginkan dan sesuai dengan kebutuhan.

  • Bukalah menu Tab Review >> Group Changes kemudian pilihlah Protect Sheet.
  • Beri tanda centang di bagian Protect Workseheet dan Contents of Locked Cells.
  • Kamu bisa mencantumkan hal apa saja yang bisa diubah oleh pengguna lain pada kolom yang kamu kunci pada menu Allow all users of this worksheet to.
  • Masukkan password yang kamu gunakan untuk membuka kunci kolom.
  • Klik OK dan langkah ini selesai kamu lakukan.
cara mengunci kolom di Excel

Kini kamu telah melakukan cara mengunci kolom di Excel sehingga kolom tersebut tidak dapat digeser dan diubah isinya oleh pengguna lain dan terkunci dengan password yang hanya dipegang oleh kamu.

Ini akan mengamankan data yang ini kamu simpan dalam kolom  dan tidak dapat diotak atik secara sembarangan oleh pengguna lainnya. Pengguna harus mengetahui password yang kamu gunakan jika ingin mengubah isi kolom tersebut.

Cara Membuka Kunci Pada Sebagian Cell Tertentu di Excel

Jika tadi kamu sudah melakukan cara mengunci kolom di Excel, maka kini saatnya mempelajari bagaimana cara untuk membuka proteksi atau kunci pada kolom tertentu di Excel.

Dalam hal ini, ketika kamu mengunci kolom kamu menyisakan beberapa bagian yang masih dapat diedit dan diubah isinya walaupun kamu sudah mengaktifkan proteksi sheet menggunakan password.

Advertisement

Umumnya model ini kamu gunakan pada lembar formulir yang bisa diisi secara online. Kamu menyisakan beberapa bagian untuk dapat diisi oleh pengguna lainnya tanpa harus membuka kunci pada kolom lain.

Langkah untuk melakukannya yaitu :

  • Lakukan langkah untuk menonaktifkan cell dengan memilih atau range yang tidak akan dikunci.
  • Klik Format Cells dengan melakukan klik kanan pada range yang dipilih.
  • Aktifkan Tab Protection pada menu Format Cells. Jangan beri tanda centang pada opsi Locked.
  • Klik OK agar keluar dari kotak dialog.

Kamu sudah menyelesaikan langkah untuk membuka proteksi pada kolom yang kamu inginkan.

Dalam cara mengunci kolom di Excel ini ada beberapa parameter pengaturan yang harus kamu pahami agar kamu tidak salah dalam melakukan proteksi. Parameter ini akan menentukan efektivitas proteksi yang kamu lakukan.

Untuk melakukan proteksi kamu harus menggunakan password yang juga sangat berperan penting saat kamu harus membuka proteksi pada kejadian tertentu. Gunakan password yang khas namun dengan kombinasi unik yang hanya kamu yang tahu.

Hal ini untuk menghindari password digunakan oleh pengguna lain untuk membuka kunci pada kolom yang telah kamu kunci sebelumnya. Setelah menetapkan password maka kamu telah menyelesaikan langkah memproteksi cells di Excel dengan benar.

Ketika kamu tidak ingin pengguna lain dapat menggeser kolom pada Excel dan mengubah apa yang sudah kamu kerjakan disana, maka cara mengunci kolom di Excel ini sangat tepat untuk kamu terapkan.

Advertisement

Tinggalkan komentar