Cara Mengunci Rumus di Excel dengan F4 dan Tanpa F4

Arthur 22 November 2022
Advertisement

Supaya rumus tidak berantakan dan mencegah orang mengotak-atik rumus Excel kamu, caranya adalah dengan melindungi lembar kerja. Bagaimana melakukannya? Untuk itu kamu harus tahu cara mengunci rumus di Excel.

Dengan cara mengunci rumus di Excel dengan F4 atau tanpa F4, maka cell yang kamu pindah ke baris lain tidak akan bergeser. Lebih dari itu juga untuk mencegah error ketika melakukan penjumlahan.

Cara Mengunci Rumus di Excel dengan F4

Sebelum ke tutorial, pahami beberapa fungsi tombol F4 dan cara menggunakannya:

  • Mengunci baris : Tekan F4 satu kali
  • Mengunci kolom : Tekan F4 dua kali
  • Mengunci baris dan kolom : Tekan F4 tiga kali
Baca juga:  rumus rank

Berikut cara termudah mengamankan rumus di Excel supaya tidak berubah atau bergeser dan seluruh hasil penjumlahan sesuai:

  • Ketikkan rumus pada cell 
  • Ketik tanda buka kurung dan masukkan semua baris yang dituju atau ingin dikunci dengan rumus
  • Lalu tekan tombol F4 dan secara otomatis muncul simbol $ 
Cara mengunci Rumus di Excel Mudah

Untuk cara mengunci rumus Excel dengan keyboard, kamu bisa menekan tombol FN+F4 secara bersamaan jika tidak bisa menekan F4.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel

Cara Mengunci Rumus di Excel selain F4

Cara mengunci rumus di Excel selain F4 yaitu bisa dengan dolar ($). Sebenarnya sama seperti ketika menggunakan rumus F4, hanya saja, cara ini dilakukan secara manual.

Misal, menjumlahkan kolom B dan C, lalu hasil penjumlahan di kolom H. Maka masukkan rumus =B2+C2 di kolom H.

Berikut cara mengunci rumus dengan $:

  • Klik cell dan masukkan rumus
  • Masukkan simbol $ sebelum mengetik kolom yang dituju
  • Masukkan kembali simbol $ sebelum menulis baris yang dituju

Contoh:

  • =B2+C2
  • =$B$2+$C$2

Jika kamu hanya ingin mengunci data pada kolom B, maka tulis seperti ini:

  • =$B$2+C2

Cara Mengunci Rumus di Excel dengan Password

Cara mengunci rumus di excel dengan f4

Kamu tidak ingin rumus di Excel bisa dilihat atau diubah oleh orang lain?

Gunakan cara mengunci rumus di cell Excel berikut ini:

1. Format Cells

Buka file Excel kamu dan klik tombol Ctrl+A (Windows) atau Command+A (Mac) secara bersamaan. Kemudian klik kanan dan pilih opsi Format Cells.

2. Unlocked

Setelah mengklik Format Cells, pergi ke tab Protection lalu hapus centang pada Locked dan klik Ok.

3. Pergi ke Find & Select

Selanjutnya di halaman beranda di bagian Editing (ujung kanan), klik menu Find & Select lalu pilih opsi Go To Special.

4. Pilih Formulas

Pada jendela Go To Special, pilih Formulas dan biarkan semua opsi di bawahnya dalam keadaan centang lalu klik Ok. Dengan demikian maka semua rumus pada cell akan terpilih secara otomatis.

Baca juga:  cara membuat formula pada microsoft excel

5. Format Cells Lagi

Langkah berikutnya pada cell dengan rumus yang sudah terpilih, klik kanan dan pilih Format Cells.

6. Protection

Masuk pada tab Protection dan beri tanda centang pada Locked.

7. Sembunyikan Rumus

Jika kamu juga berniat menyembunyikan rumus, beri centang juga pada Hidden dan klik tombol Ok.

8. Pergi ke Review > Protect Sheet

Sekarang kembali ke beranda dan klik menu Review lalu Protect Sheet di sebelah kanan.

9. Masukkan Password

Setelah itu jendela Protect Sheet muncul dan masukkan kata sandi pada bagian Password to Unprotect Sheet. Jangan lupa memastikan ‘Protect worksheet and contents of locked cells’ dalam keadaan centang. Jika sudah, klik Ok.

10. Amankan Password

Langkah selanjutnya yaitu memasukkan kembali kata kunci sebelumnya untuk keamanan. 

11. Selesai

Dengan cara ini, tidak mungkin seseorang membuka proteksi tanpa kata sandi yang kamu buat.

Lihat Juga : 12 Rumus Microsoft Excel dan Fungsinya

Lalu, bagaimana jika kamu ingin membuka proteksinya?

Cara yang bisa kamu lakukan cukup mudah. Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka file
  • Pilih menu Review lalu klik Unprotect Sheet
  • Klik centang pada Hidden dan Locked lalu pilih tombol Ok

Dengan menggunakan cara mengunci rumus di Excel, maka rumus kamu tidak akan berantakan meskipun di copy paste. Bahkan Excel akan menampilkan pesan kesalahan ketika ada orang lain mencoba mengubah isi cell.

Cara Membuat Header di Spreadsheet dengan Mudah

Cara Membuat Header di Spreadsheet dengan Mudah

Advertisement Spreadsheet merupakan program pengolah angka seperti Excel. Jika kamu menggunakan Spreadsheet untuk mengolah data, kamu perlu tahu cara membuat
cara menulis di sheet1 dan otomatis muncul di sheet 2 excel
Advertisement

Cara Menulis Di Sheet1 dan Otomatis Muncul di Sheet 2 Excel

Advertisement Advertisement Cara menulis di sheet1 dan otomatis muncul di sheet 2 Excel ini penting banget dipahami. Karena dengan cara
cara copy paste otomatis di excel

Cara Copy Paste Otomatis di Excel dengan Rumus & Shortcut

Advertisement Cara copy paste otomatis di Excel itu ternyata mudah dan banyak banget trik yang bisa digunakan. Namun sayangnya, masih
Rumus Desil di Excel, Desil Data Tunggal & Data kelompok

Rumus Desil di Excel: Desil Data Tunggal & Data kelompok

Advertisement Rumus desil di Excel penting banget untuk dipahami. Terutama oleh kamu yang saat ini memang sedang dalam tugas akhir.
format currency pada cells digunakan untuk nilai

Format Currency Pada Cells Digunakan Untuk Nilai Apa?

Advertisement Format currency pada cells digunakan untuk nilai apa? Di sini akan kita bahas secara lengkap tentang format Currency hingga
cara mencoret tulisan di excel

Cara Mencoret Tulisan di Excel dan Cara Menghilangkannya

Advertisement Selain bisa melakukan pengolahan data angka, Microsoft Excel juga dibekali beberapa fitur yang mirip seperti Microsoft Word. Salah satunya,
Cara Membuat Rumus Kuadrat di Excel dan Menghitungnya

Cara Membuat Rumus Kuadrat di Excel dan Menghitungnya

Advertisement Rumus kuadrat di Excel itu ada 2, yaitu simbol caret (^) dan fungsi SQRT. Keduanya bisa digunakan untuk menghitung
Rumus Ranking Excel

Rumus Ranking Excel: Membuat & Mengurutkan Ranking [Easy]

Advertisement Rumus ranking excel merupakan sebuah fungsi yang dapat digunakan untuk mengurutkan peringkat suatu data numerik di program Microsoft Excel.
cara menulis di excel dalam satu kolom

Cara Menulis di Excel Dalam Satu Kolom [2-3 Baris Lebih]

Advertisement Cara menulis di excel dalam satu kolom menjadi 2-3 baris atau bahkan lebih bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa
cara memperbesar kolom di excel

Cara Memperbesar Kolom di Excel dengan Cepat & Otomatis

Advertisement Jika dirasa perlu, kamu bisa memperbesar atau memperkecil kolom di Excel. Cara memperbesar kolom di Excel ini bisa dilakukan
cara menggabungkan 2 kolom menjadi 1 di excel

Cara Menggabungkan 2 Kolom Menjadi 1 di Excel Mudah Lho!

Advertisement Cara menggabungkan 2 kolom menjadi 1 di Excel bisa dilakukan dengan menggunakan rumus concatenate ataupun menggunakan beberapa alternatif lain
Cara Membuat Range Data di Excel dengan Mudah

Cara Membuat Range Data di Excel dengan Mudah

Advertisement Excel adalah salah satu program pengolah data yang paling populer di dunia. Program ini sangat berguna untuk mengelola data,
Cara Membuat Grafik di Word dengan Mudah

Cara Membuat Grafik di Word dengan Mudah, Begini Caranya!

Advertisement Grafik merupakan sebuah kumpulan data dari berbagai tabel yang disajikan atau ditampilkan di dalam bentuk gambar seperti lingkaran, persegi,
Advertisement

M Arthur

Pembelajar dan penyuka dunia teknologi. Suka sekali berbagi pengetahuan lewat tulisan. Terimakasih sudah membaca salah satu tulisan saya.

Artikel Terkait