5 Cara Menonaktifkan Aksesibilitas Oppo, Gampang!

Beranda » 5 Cara Menonaktifkan Aksesibilitas Oppo, Gampang!
Advertisement

Terdapat beberapa cara menonaktifkan aksesibilitas Oppo yang bisa kamu lakukan, dan tentu saja panduan pada kesempatan kali ini akan sangat membantu.

Pembahasannya sendiri akan terbagi menjadi dua, yakni menonaktifkan secara menyeluruh dan kedua ada panduan untuk menonaktifkan tulisannya. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika ponsel Oppo nanti bermasalah, karena ada solusi dan caranya sendiri.

Cara Menonaktifkan Aksesibilitas Oppo dari Menu Setting

Untuk mulai proses untuk menonaktifkan aksesibilitas pada HP Oppo. Khususnya versi yang terbaru, maka kamu bisa ikuti dan pahami beberapa panduan di bawah ini. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, langsung saja masuk ke menu Pengaturan atau menu Setting yang ada di HP Oppo kamu
  2. Berikutnya, langsung masuk ke sub menu Alat Praktis
  3. Geser atau scroll ke bagian menu bawah, hingga kamu menemukan sub menu lain. Yakni Aksesibilitas
  4. Dari perintah tersebut, bisa langsung cari opsi menu Akses
  5. Matikan langsung tombol atau toggle tersebut secara langsung.

Jika sudah mematikan menu aksesibilitas tersebut pada HP Oppo kamu. Maka sistem akan mematikannya secara langsung. Sehingga tidak ada lagi opsi tombol tambahan yang dapat digunakan untuk membuka sebuah menu.

Jika ingin menyalakan lagi fitur ini, maka kamu bisa melakukan atau mengaplikasikan langkah panduan yang sama. Dengan begitu, tombol akses yang ada pada layar dapat digunakan. Pun tentu saja dapat beralih pada beragam menu yang ada pada sistemnya secara langsung.

Cara Menonaktifkan Aksesibilitas Oppo Bagian Tulisannya

Terkadang tulisan aksesibilitas sangatlah mengganggu, khususnya bagi beberapa orang dan tentu saja bagi kamu sendiri. Untuk dapat menghilangkan hal tersebut, maka kamu bisa langsung mengikuti beberapa langkah serta panduannya di bawah ini.

  1. Pertama, langsung nyalakan dan hidupkan HP Oppo kamu
  2. Kemudian masuk ke menu Pengaturan dan lanjut ke opsi sub menu Pengaturan Tambahan
  3. Berikutnya masuk ke dalam opsi Bebas Halangan
  4. Jika sudah masuk di sub menu tersebut, maka langsung matikan beberapa opsi. Seperti Maksimalkan Gerakan, Subtitle, Klik Bila Kursor Berhenti Bergerak, Tekan Tombol Daya Akhiri Panggilan, Penunda Sentuhan dan Tahan
  5. Pastikan perintah tersebut dilakukan dengan baik, maka langsung restart HP kamu secara langsung.

Pada umumnya, jika kamu sudah melakukan hal di atas dan sudah merestart HP. Maka sistem tulisan aksesibilitas akan hilang begitu saja. Jadi perangkat Oppo bisa digunakan seperti biasanya.

Cara Menonaktifkan Aksesibilitas Oppo Fitur Talkback

Talkback adalah salah satu fitur bawaan dari Google dan sudah disediakan juga oleh Oppo. Fitur ini disebut dengan Android Accessibility Suite. Yang berguna untuk mengeluarkan suara, kemudian getaran saat menyentuh layar HP.

Talkback sendiri akan mengucapkan setiap karakter yang muncul di layar HP kepada pengguna. Dengannya pengguna tidak perlu melihat layar saat menggunakan HPnya. Namun tidak jarang orang-orang merasa terganggu dengan hal ini. Lalu ingin menonaktifkannya. Bagaimana caranya?

1. Menggunakan Tombol Perangkat

Fitur talkback yang ada di Oppo, bisa dimatikan menggunakan pintasan tombol volume. Tombol ini juga dapat digunakan saat kamu ingin mengaktifkan fitur talkback saat pertama kali akan dipakai. Sedangkan untuk mematikan fiturnya, bisa langsung simak uraian di bawah ini ya.

Advertisement
  • Pertama, pastikan agar HP Oppo kamu dalam keadaan aktif serta menyala
  • Lakukan tekan serta tahan pada kedua tombol volume yang ada disamping perangkat secara bersama-sama selama tiga detik
  • Jika sudah perintah tersebut dilakukan, kamu tinggal melakukan konfirmasi bahwa ingin menonaktifkan fitur talkback
  • Kemudian tekan kedua tombol volume selama tiga detik, kemudian berikutnya HP akan menampilkan pemberitahuan jika sistem sudah berhasil menonaktifkan fiturnya.

2. Menggunakan Menu Pengaturan

Lalu cara menonaktifkan aksesibilitas Oppo fitur talkback selanjutnya adalah dari menu Pengaturan langsung. Untuk tahu panduan mematikan fiturnya bagaimana, simak langsung uraiannya di bawah ini.

  • Pertama, langsung buka menu Pengaturan di HP Oppo yang kamu gunakan dan miliki
  • Berikutnya, langsung cari untuk menuju opsi sub menu Additional Settings
  • Selanjutnya langsung memilih daftar menu yang telah disediakan, dan pilih Accessibility atau Aksesibilitas untuk menemukan fitur Talkback
  • Klik talkback, lalu kemudian nonaktifkan dengan menggeser toggle menjadi nonaktif
  • Dari perintah tersebut, maka kamu dapat langsung melakukan konfirmasi, dengan mengklik opsi Stop pada jendela atau pop up yang diperintahkan oleh sistem.

3. Menggunakan Google Assistant

Lalu cara menonaktifkan aksesibilitas Oppo fitur Talkback yang terakhir, adalah dengan menggunakan Google Asistant. Fitur dari Google ini dapat membantu pengguna untuk mengakses layanan serta aplikasi HP dengan hanya mengucapkan perintah melalui suasa.

Dan fitur tersebut bisa dimanfaatkan dan digunakan untuk menonaktifkan Talkback, bagaimana caranya?

  • Pertama, pastikan agar fitur Google Assistant di HP Oppo yang kamu gunakan sudah aktif
  • Kemudian langsung ucapkan OK Google dan lanjutkan Nonaktifkan Talkback
  • Sistem dari Google Assistant akan langsung merespon perintah suara yang sudah kamu lakukan. Dengannya, fitur talkback pun sudah tidak lagi aktif.

Fungsi Aksesibilitas Oppo Bagi Pengguna

Walaupun di atas kamu menyimak tentang bagaimana aksesibilitas di Oppo dinonaktifkan. Namun setidaknya kamu juga harus tahu, apa sebenarnya fungsi dari aksesibilitas yang menjadi salah satu fitur unggulan dari Oppo.

  1. Dapat membuka menu cepat
  2. Dapat mengatur volume
  3. Menawarkan sistem multitasking
  4. Mengatur pencahayaan

Adalah beberapa fitur yang ditawarkan oleh Oppo, namun jika fitur di atas tidak kamu butuhkan. Maka cara menonaktifkan aksesibilitas Oppo penting untuk diaplikasikan dengan baik.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menonaktifkan Aksesibilitas Oppo

Apakah dengan Menonaktifkan Aksesibilitas Oppo Akan Menurunkan Performa HP?

Tentu saja tidak, kamu tetap dapat menggunakannya seperti biasa.

Apakah Metode di Atas Berlaku untuk Semua Tipe HP Oppo?

Tidak, namun pada dasarnya perintah pengubahannya sama. Hanya berbeda pada menu dan istilahnya saja.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.