Cara Menonaktifkan Mode Aman Samsung

Beranda ยป Cara Menonaktifkan Mode Aman Samsung
Advertisement

Memahami cara menonaktifkan mode aman Samsung itu memang penting. Kalau memperhatikan cara nonaktifkan mode aman Samsung dengan tepat, smartphone bisa kembali dipakai seperti semula. Maka dari itu, ketahuilah cara menonaktifkan mode aman di Samsung.

Mode aman di Samsung itu jadi fitur yang penting. Ketika mode tersebut diaktifkan, hp atau smartphone yang dipakai akan terhindar dari segala macam masalah. Namun, perlu dipahami juga bagaimana cara menonaktifkan mode aman pada Samsung. Ini dia penjelasannya.

Tata Cara Menonaktifkan Mode Aman Samsung

Tata cara menonaktifkan mode aman Samsung itu mudah. Para pengguna hanya perlu melakukan sejumlah pengaturan sederhana. Karena itu, pahamilah proses menonaktifkan mode aman Samsung dengan tepat. Ini dia tata cara terbaik untuk menonaktifkan mode aman Samsung.

1. Restart HP

Kalau mau menonaktifkan mode aman Samsung, maka cara pertama yang bisa dilakukan adalah restart Hp. Melakukan restart Hp ini adalah sesuatu yang bisa dilakukan dengan mudah agar mode amain Samsung itu bisa dimatikan.

Pengguna tinggal lakukan restart yang tersedia pada menu di Hp Samsung tersebut. Dengan melakukan restart yang cukup sederhana itu, mode aman pada Hp Samsung akan hilang langsung. Pengaturan akan kembali ke awal.

2. Lewat Notification Panel

Notifikasi panel pada sejumlah Hp Samsung juga bisa digunakan. Tinggal matikan saja ikon dari safe mode atau mode aman yang ada di notification panel tersebut. Nantinya, mode aman pada Hp Samsung akan nonaktif.

Tinggal dropdown saja panel notifikasi yang tersedia di Samsung. Kemudian matikan ikon safe mode yang masih menyala. Setelah ikon safe mode tersebut dimatikan, maka mode aman atau safe mode tersebut akan hilang secara langsung.

3. Reset Smartphone

Lakukanlah reset smartphone Samsung untuk nonaktifkan mode aman. Ini juga termasuk dalam cara termudah dalam menonaktifkan mode aman Samsung. Jika dilakukan reset langsung, mode aman itu akan hilang seketika.

Ada dua jenis reset yang bisa dilakukan. Bisa hard reset atau factory reset. Kalau tak mau kehilangan banyak data, sebaiknya pakai hard reset saja. Sebab, factory reset itu akan mengembalikan semuanya ke setelan awal pabrik.

4. Melepas Baterai Hp

Cara terakhir yang cukup ekstrem adalah melepas baterai Hp. Pelepasan baterai Hp Samsung itu akan membuat Samsung melakukan restart dengan sendirinya. Untuk itu, langsung lakukan pelepasan saja pada baterai Hp tersebut.

Namun tindakan seperti ini tak bisa dilakukan pada semua jenis Hp Samsung. Sebab, ada sejumlah produk Hp Samsung yang menggunakan baterai tanam. Karena pakai sistem tersebut, baterai tersebut tak bisa dikeluarkan dari kasingnya.

Kenapa Perlu Menonaktifkan Mode Aman Samsung?

Pertanyaan besar yang perlu dipahami juga adalah kenapa perlu menonaktifkan mode aman Samsung? Ada beberapa alasan mengenai hal tersebut. Biar lebih mudah dipahami, ini dia beberapa alasan kenapa perlu menonaktifkan mode aman Samsung.

1. Biar Aplikasi Bisa Tetap Berjalan

Salah satu alasan kenapa perlu menonaktifkan mode aman Samsung adalah biar aplikasi tertentu bisa terus berjalan. Saat aktifkan mode aman, sejumlah aplikasi tak bisa digunakan. Karena itulah perlu untuk menonaktifkan mode aman Samsung tersebut.

2. Agar Hp Samsung Tidak Macet

Proses untuk menonaktifkan mode aman Samsung juga bisa dilakukan agar smartphone tersebut tak macet. Ketika Hp Samsung mengalami macet dan tak bisa dipakai, kita perlu memastikan bahwa mode aman pada Hp Samsung itu sudah dinonaktifkan.

3. Supaya Tidak Bermasalah dengan Tombol

Kadang ada tombol yang tak bisa digunakan saat memakai Hp Samsung. Biasanya hal itu disebabkan oleh aktivasi dari mode aman di Hp Samsung. Karenanya, biar tak bermasalah dengan tombol apapun, sangat disarankan untuk menonaktifkan mode aman Samsung tersebut.

Advertisement

4. Hp Sudah Kembali Sehat

Mode aman juga perlu dinonaktifkan karena Hp sudah kembali sehat seperti semula. Ini juga jadi sesuatu yang harus dicermati oleh para pemakai Hp Samsung. Kalau Hp Samsung sudah tidak bermasalah lagi, segera nonaktifkan mode aman.

Kapan Harus Aktikan Mode Aman Samsung?

Para pengguna hp Samsung sebenarnya perlu memahami juga kapan waktu yang tepat untuk aktifkan mode aman. Mode aman tersebut memang penting dalam sejumlah kesempatan. Berikut ini rekomendasi waktu yang tepat untuk aktifkan mode aman di Samsung.

1. Saat Install APK Pihak Ketiga

Aktivasi mode aman itu bisa dilakukan ketika sedang melakukan install APK pihak ketiga. Ketika lakukan instalasi aplikasi bukan dari Playsotre sebaiknya lakukan aktivasi mode aman saja. Pengguna Samsung wajib memahami dengan baik hal ini kalau mau gunakan mode aman Samsung.

2. Setelah Akses Situs Berbahaya

Aktivasi juga bisa dilakukan setelah akses situs berbahaya. Saat sudah akses aneka situs yang berbahaya, semuanya akan berjalan seperti biasa kalau langsung aktifkan mode aman. Usai akses situs yang berbahaya, sebaiknya langsung aktifkan saja mode aman pada Samsung.

3. Ketika Transfer Data dengan Perangkat Lain

Mode aman juga bisa digunakan ketika akan melakukan pemindahan dana ke perangkat lain. Ini adalah sebuah cara yang bisa diandalkan untuk memaksimalkan mode aman. Aktivasi mode aman tersebut memang sangat direkomendasikan ketika lakukan transfer data dengan perangkat lain.

Memahami Kegunaan dari Mode Aman Samsung

Fungsi atau kegunaan dari mode aman Samsung juga harus diketahui. Mode aman itu memang mempunyai banyak keunggulan maupun manfaat. Pahamilah juga semua kegunaan dari mode aman Samsung tersebut. Berikut ini beberapa kegunaan utama dari mode aman pada hp Samsung.

1. Mengamankan Hp dari Virus

Kegunaan utama dari mode aman dari Samsung adalah mengamankan smartphone dari serangan virus. Berbagai virus berbahaya bisa ditanggulangi dengan mengaktifkan mode aman. Jadi, pastikan aktifkan mode aman saja pada Samsung ketika ada serangan virus.

2. Supaya Fitur Utama Saja yang Bisa Dijalankan

Safe mode akan membuat sejumlah fitur utama pada Hp Samsung yang hanya bisa berjalan. Karenanya, aktifkan saja mode aman ketika hanya akan menggunakan sejumlah fitur utama saja pada Hp Samsung. Segala fitur utama memang bisa tetap dijankan pada mode ini.

3. Membantu Proses Troubleshooting

Proses troubleshooting juga bisa diatasi dengan menggunakan mode aman Samsung. Ketika sedang bermasalah dengan yang namanya troubleshooting, sebaiknya pakai mode aman saja. Ini adalah tips yang penting untuk diterapkan untuk mengamankan Hp Samsung.

FAQ | Cara Menonaktifkan Mode Aman Samsung?

Kenapa harus menonaktifkan mode aman Samsung?

Karena mode aman tersebut membatasi pergerakan dan aktivitas penggunaan Hp Samsung.

Apakah ada shortcut untuk menonaktifkan mode aman Samsung?

Shortcut tersedia di notification panel yang bisa diakses langsung dengan drop down Hp Samsung.

Apa manfaat utama dari mode aman Samsung?

Manfaat utama mode aman Samsung adalah menjaga smartphone dari gangguan virus berbahaya.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.