Cara Menutup Microsoft Word dengan Mudah Bagi Pemula

Beranda ยป Cara Menutup Microsoft Word dengan Mudah Bagi Pemula

Cara menutup Microsoft Word itu tak begitu sulit. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk melakukan penutupan pada file di Microsoft Word. Untuk itu, perlu adanya pemahaman yang tepat mengenai cara menutup file atau dokumen di Microsoft Word.

Memang ada kalanya dibutuhkan cara yang cepat untuk menutup file Microsoft Word yang sedang dibuat. Cara menutupnya itu harus diperhatikan secara baik. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai cara menutup Microsoft Word 2007 atau versi lainnya.

Cara Menutup Microsoft Word 2007

Cara menutup Microsoft Word 2007 atau versi yang lebih baru itu ada beberapa yang ampuh dicoba. Dengan proses atau cara menutup yang tepat, semuanya bisa dijalankan dengan sangat mudah. Karenanya, perhatikanlah bagaimana cara tutup Microsoft Word 2077 atau versi terbaru lain.

1. Klik Tanda X di Dokumen Word

Cara menutup yang pertama adalah klik tanda X di dokumen atau lembar kerja word. Ini adalah cara penutupan yang sangat mudah untuk dilakukan. Intinya, langsung saja tekan ikon X atau close yang berada di pojok kanan atas pada lembar kerja word.

2. Menggunakan Shortcut Alt + F4

Menggunakan pintasan singkat juga bisa dilakukan untuk menutup file atau dokumen word. Pintasan yang bisa digunakan adalah Alt + F4. Tekanlah secara bersamaan tombol Alt + F4 untuk bisa menutup lembar kerja word 2007 secara langsung.

3. Memakai Fitur File

Menutup dokumen juga bisa akses opsi file di word 2007. Klik dulu opsi file pada bagian bar atas file word. Setelahnya, scrool ke bawah sampai muncul keterangan close. Kalau sudah muncul keterangan close, langsung klik saja. File atau dokumen word akan menutup.

4. Tekan Tombol Power

Jika ingin menutup lembar kerja secara paksa, maka tekan dan tahan tombol power. Ketika menekan dan terus menahan tombol power, laptop atau PC akan mati. Sehingga, file atau dokumen word akan menutup secara otomatis.

Kenapa Perlu Menutup File Microsoft Word?

Tentu ada alasan mengenai kenapa perlu menutup file Microsoft Word. Ada penjelasan mengenai kenapa perlu melakukan penutupan pada file atau dokumen di word secara langsung. Berikut ini beberapa alasan mengenai kenapa perlu menutup file atau dokumen word.

1. Pekerjaan Telah Selesai

Salah satu alasan dari kenapa banyak yang mau tutup file word adalah pekerjaan telah selesai. Kalau pekerjaan telah selesai dilakukan, maka file sebaiknya langsung ditutup saja. Jangan lupa untuk menyimpan dulu file tersebut sebelum melakukan penutupan.

2. Laptop Tiba โ€“ tiba Error

Menutup file itu juga perlu dilakukan ketika laptop tiba โ€“ tiba error. Saat laptop tiba โ€“ tiba error, maka harus paham bagaimana cara menutupnya. Masalah pada laptop tersebut memang harus diwaspadai karena bisa mengacaukan banyak hal.

3. Ingin Buka Program Lain

Alasan lain mengenai kenapa perlu memahami cara menutup file Microsoft Word adalah ada upaya buka program lain. Ketika mau membuka program yang lain, maka word baiknya ditutup dulu. Kalau program sudah tak dibutuhkan, maka langsung tutup saja langsung lembar kerja word.

4. Mau Buka File Word yang Baru

Penutupan file word itu juga bertujuan agar bisa membuka file word yang baru. Ini adalah alasan mengenai kenapa perlu menutup file atau dokumen word. Karenanya, saat mau bikin file baru, tutup dulu file word yang lama. Hal ini akan membuat laptop atau PC tak bekerja terlalu berat.

Alasan File Microsoft Word Tak Mau Menutup

Saat mengatur penutupan file atau dokumen word, kadang terjadi kegagalan. Kegagalan tersebut perlu dapatkan atensi juga mengenai penyebabnya. Memang ada beberapa masalah yang sebabkan kegagalan. Supaya jelas, ini dia beberapa alasan kenapa file Microsoft Word tak mau menutup.

1. Ada Error pada Microsoft Word yang Digunakan

Salah satu alasan kenapa file Microsoft Word tak mau menutup adalah adanya error pada Microsoft Word yang digunakan. Masalah tersebut memang kerap jadi persoalan utama. Saat ada error pada Microsoft Word, maka file yang terbuka mungkin tak dapat ditutup langsung.

2. PC Dipakai Multitasking Secara Berlebihan

PC yang dipakai multitasking secara berlebihan juga merupakan alasan kenapa file Microsoft Word tak mau menutup. Saat PC digunakan untuk membuka banyak program, maka kadang perintah untuk menutup file tak bisa dilakukan.

3. Ada Add Ins yang Tak Berfungsi

Penyebab lain adalah adanya add ins yang tak berfungsi. Biasanya ada banyak add ins yang ditambahkan ke word. Banyaknya add ins yang ditambahkan bisa membuat masalah terjadi. Salah satunya adalah masalah file word yang tak dapat ditutup sama sekali.

4. Laptop Terserang Virus Berbahaya

Laptop terserang virus berbahaya juga merupakan penyebab dari tidak bisa menutupnya file Microsoft Word. Serangan virus dari Microsoft Word itu memang harus dicegah. Jangan sampai gangguan virus terjadi kalau mau aktivitas di word lancar.

FAQ | Cara Menutup Microsoft Word

Bagaimana cara menutup Microsoft Word?

Cara termudahnya adalah klik tanda X pada lembar kerja word.

Kenapa tidak bisa menutup file Microsoft Word?

Biasanya karena sistem pada Microsoft Word mengalami macet.

Adakah shortcut untuk menutup Microsoft Word?

Shorcut terbaik yang bisa digunakan adalah menekan tombol ALT + F4 bersamaan.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.