Cara Menyisipkan Gambar dalam Microsoft Word

Beranda » Cara Menyisipkan Gambar dalam Microsoft Word
Advertisement

Mengenai bagaimana cara menyisipkan gambar dalam Microsoft Word sangat gampang, bisa dipelajari dengan simple juga cepat.

Hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan sekalipun ketika kamu memang pertama kali menggunakan Word untuk pengolahan kata. Untuk lengkapnya bagaimana, bisa langsung simak penjelasan selanjutnya hingga selesai ya.

Cara Menyisipkan Gambar dalam Microsoft Word dengan Teknik Drag

Ya, cara pertama yang bisa dilakukan, adalah menggunakan teknis drag. Drag sendiri merupakan teknik mengklik suatu objek, lalu langsung menggesernya menggunakan mouse atau mouse pad di laptop secara langsung. Nah, bagaimana prosesnya?

  1. Pertama, buka langsung dokumen word yang ingin dimasukkan gambar atau bisa juga menggunakan dokumen baru
  2. Berikutnya buka file penyimpanan gambar yang ada di penyimpanan laptop atau komputer kamu
  3. Selanjutnya pilih, cari dan klik file gambar tersebut tersimpan
  4. Jika sudah ditemukan, langsung klik file gambar tersebut dan langsung seret atau drag ke jendela aplikasi Ms. Word
  5. Letakkan langsung pada kembar kerja, dan lepaskan mouse secara langsung
  6. Dengan perintah tersebut, maka gambar akan otomatis sudah disisipkan pada kembar kerja dan gambar bisa diedit sesuai keinginan dengan mengklik gambar secara langsung.

Pengubahan atau pengeditan gambar, bisa diubah berdasarkan ukurannya. Kemudian garis gambar, atau bahkan efek tertentu sesuai kebutuhan.

Cara Menyisipkan Gambar dalam Microsoft Word 2013 dengan Online Picture

Penting untuk diketahui, bahwa ketentuan Online Picture merupakan salah satu sub menu dari tab insert. Untuk tahu lebih jelas bagaimana prosedur dan langkahnya, simak penjelasan di bawah ini ya.

  1. Pertama, buka dokumen yang akan disisipkan gambar atau bisa juga menggunakan file dokumen baru
  2. Berikutnya langsung ke tab menu Insert
  3. Selanjutnya pada bagian atas tab menu Insert, langsung pilih Online Pictures
  4. Dengan perintah dan cara ini, pastikan agar perangkat yang digunakan terhubung dengan jaringan internet. Karena nama fiturnya saja “Online Picture”, jadi memang bisa digunakan saat laptop dalam keadaan online saja
  5. Nah, dengan hal tersebut maka sistem fitur Online Picture akan menghubungkan kamu dengan OneDrive atau Bing
  6. Bila ingin mengambil gambar dari Search Engine Bing, maka tinggal memasukkan kata kunci yang diinginkan. Misalnya saja menggunakan kata kunci kucing putih, maka sistem Bing akan menampilkan hasil dari pencarian kata kunci tersebut
  7. Kemudian jika gambar yang dimaksud sudah muncul, tinggal klik dan pilih dua kali pada gambarnya secara langsung
  8. Nanti sistem akan otomatis memasukkan gambar kucing putih ke lembar Ms. Word yang sedang kamu kerjakan.

Dari perintah dan langkah menyisipkan gambar ini, maka kamu dapat mengeditnya sesuai kebutuhan. Mulai dari ukuran, posisi atau bahkan bentuk dari gambarnya sendiri.

Cara Menyisipkan Gambar dalam Microsoft Word dengan Teknik Copy Paste

Bukan menjadi hal yang aneh, bahwa copy paste selalu digunakan untuk menyalin serta menempel suatu file atau dokumen tertentu. Dan perintah ini juga bisa diaplikasikan ketika kamu ingin menambahkan gambar disebuah file Ms. Word. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, buka langsung file gambar yang ingin dimasukkan ke dokumen Ms. Word
  2. Bisa didapatkan dari penyimpanan C, E atau bahkan D. Atau jika kamu ingin mendapatkan gambar dari online, bisa langsung gunakan mesin pencari dan lakukan pencarian terhadap gambar yang diinginkan
  3. Pilih salah satu gambar yang dimaksud, kemudian klik kanan pada gambarnya
  4. Jika sudah perintah tersebut dilakukan, langsung pilih Copy dan buka dokumen Word yang dokumennya siap disisipkan gambar
  5. Kemudian setelah itu langsung saja arahkan kursor pada bagian lembar kerja yang akan disisipkan gambar. Jika sudah, langsung klik kanan lagi dan pilih paste agar gambarnya nampak di layar lembar kerja Word
  6. Advertisement
  7. Dengan perintah tersebut, maka secara otomatis gambar dari website atau dari penyimpanan laptop. Akan tersalin dengan baik
  8. Jika sudah tersalin, maka pengeditan dapat disesuaikan dengan keinginan. Mulai dari pengeditan ukurannya, bingkainya, diberi efek atau bahkan gambar yang diputar pun boleh dilakukan

Selain dari perintah tersebut, menggunakan teknik Copy Paste yang gambarnya didapatkan dari mesin pencari. Bisa dilakukan dengan menyimpan gambarnya terlebih dahulu, bagaimana caranya?

  1. Pertama, buka terlebih dahulu mesin pencari yang biasa digunakan dan ketikkan keyword gambar yang akan disisipkan
  2. Selanjutnya pilih menu Image dibagian atas halaman mesin pencari, lalu pilih salah satu gambar yang akan disimpan
  3. Klik gambar tersebut, kemudian klik kanan dan pilih Save As dan klik Save untuk menyimpan gambar ke penyimpanan perangkat
  4. Buka file gambar tersebut sesuai dengan lokasi penyimpanan, lalu klik kanan pada gambarnya dan pilih Copy untuk melanjutkan
  5. Dari perintah tersebut, langsung buka file dokumen word yang akan disisipkan gambarnya
  6. Lalu arahkan kursor pada bagian yang akan disimpan gambar secara langsung
  7. Terakhir, langsung klik kanan pada lembar kerja dan pilih Paste

Dari perintah tersebut, maka gambar di Ms. Word sudah tersisipkan dengan baik serta sesuai ketentuan.

Cara Menyisipkan Gambar dalam Microsoft Word di HP

Ya, kini aplikasi Ms. Word tidak hanya bisa diakses dan dibuka atau digunakan via laptop atau komputer saja. Saking canggihnya perangkat ponsel di masa sekarang, maka pengetikan menggunakan Ms. Word bisa dilakukan.

Termasuk dengan ketika kamu ingin menyisipkan gambar dengan menggunakan ponsel, nah bagaimana caranya?

1. Buka Dokumen yang Akan di Edit

Ya, hal pertama buka terlebih dahulu file atau dokumen yang akan disisipkan gambar. Klik langsung aplikasi Word.

Jika kamu pengguna iOS, maka pastikan agar sistem Office memiliki akses ke foto. Langsung buka menu Pengaturan-Privasi-foto dan klik sakelar disamping aplikasi Office.

2. Klik pada Tempat yang Gambarnya Akan Disimpan

Jika file dokumen Word sudah terbuka dan siap diakses, maka langsung klik pada bagian yang diinginkan. Langkah ini dilakukan untuk memastikan, bahwa kursor sudah berada pada tempat dimana reader atau pembaca ingin melihat gambarnya muncul.

Untuk masuk ke menu edit, bisa langsung klik tools yang menggunakan ikon pensil. Dan melakukan pengeditan ini jadi salah satu langkah untuk menyisipkan gambarnya.

3. Klik Insert

Jika layar kamu tidak cukup besar untuk menampilkan menu edit, maka cukup klik tanda panah diujung menu layar aplikasi. Kemudian klik Home untuk dapat membuka menu tarik atau turun. Kemudian pilih menu Insert.

4. Klik Pictures and Photos

Jika ingin mengambil gambar secara langsung, klik langsung ikon kamera dan jika ingin mengambil dari perangkat. Klik keterangan Picture untuk memilih gambar dari ponsel.

5. Edit dan Klik Done

Jika gambar yang dimaksud sudah disisipkan dan sudah nampak, maka pengeditan sudah bisa dilakukan. Jika pengeditan sudah bisa dilakukan, klik Done agar pengaturannya bisa tersimpan dengan baik.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menyisipkan Gambar dalam Microsoft Word

Apakah untuk Menyisipkan Gambar di Ms. Word Butuh Jaringan Internet?

Untuk metode dan cara tertentu, iya dibutuhkan.

Gambar Apa Saja yang Bisa Disisipkan di Ms. Word?

Bebas, asalkan format dari gambarnya .jpg, .jpeg atau bahkan .png.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.