4 Cara Menyisipkan Simbol Centang di Excel [Mudah]

Beranda » 4 Cara Menyisipkan Simbol Centang di Excel [Mudah]
Advertisement

Jika kamu mencari tutorial dan bagaimana cara menyisipkan simbol centang di Excel, maka artikel dan pembahasan kali ini jawabannya.

Kamu bisa menyisipkan dan menyajikan data simbol centang di aplikasi Ms. Excel dengan beberapa cara. Untuk tahu cara dan prosedurnya seperti apa, yuk langsung simak penjelasan dan ulasan berikutnya sampai selesai.

Mengenal Simbol Centang di Excel

Mengenai bagaimana cara menyisipkan simbol centang di Excel jelas wajib diketahui, sebab memang sangat penting. Dengannya, maka pekerjaan kamu yang berhubungan dengan target, atau bahkan jadwal. Bisa diolah dengan mudah.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang paling sering digunakan di dunia. Aplikasi ini jelas menawarkan paduan banyak kemampuan disebuah perangkat komputer.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation ini memiliki banyak fitur, juga penggunaan rumus. Selain pada dasarnya memang digunakan untuk penghitungan matematis serta akunting, namun Ms. Excel juga bisa digunakan sebagai basis data.

Mulai dari pekerjaan yang berkaitan dengan Kontrol Kualitas, atau Quality Control dan lainnya. Salah satu yang dapat mendukung pada bidang pekerjaan tersebut, adalah simbol centang atau simbol ceklis. Biasanya digunakan untuk menandai, bagaimana cara menggunakan dan menyisipkannya?

Cara Menyisipkan Simbol Centang di Excel dengan Fitur Simbl

Panduan dan cara paling mudah, adalah kamu bisa menggunakan fitur Simbol. Dimana fitur ini bisa ditemukan pada Tab Menu Insert.

Di dalam fitur ini pun kamu bisa menemukan beragam simbol, termasuk dengan simbol ceklis. Bagaimana menemukannya?

  1. Pertama, buka aplikasi Ms. Excel yang sudah terpasang di perangkat komputer atau laptop kamu
  2. Bisa membuka file lama, atau bisa juga membuat dokumen baru
  3. Setelah hal tersebut dilakukan, tempatkan kursor pada cell yang akan diberikan simbol centang
  4. Kemudian selanjutnya buka fitur Simbol dari Tab menu Insert
  5. Jika sudah, nanti Pop Up Simbol akan ditampilkan
  6. Ganti jenis Font dengan Wingdings
  7. Kemudian scroll hingga bagian bawah, sampai kamu menemukan simbol centang
  8. Pilih salah satu tipe ikon centang yang akan digunakan, apakah akan menggunakan kotak atau tanpa kotak
  9. Jika sudah, klik insert untuk menyisipkan simbol centangnya.

Nah, itulah cara pertama yang bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan fitur simbol dari Tab Menu Insert.

Cara Menyisipkan Simbol Centang di Excel dengan Kombinasi Keyboard

Kemudian cara menampilkan simbol centang selanjutnya, adalah dengan memanfaatkan kombinasi dari tombol keyboard.

Dengan begitu, kamu pun tidak harus mencari simbol ceklis di jendela Simbol yang sebelumnya sudah dipaparkan. Nah, lalu bagaimana caranya?

  1. Pertama, buka terlebih dahulu dokumen lama yang akan ditambahkan simbol centang atau boleh langsung buka dokumen baru
  2. Bila sudah, langsung tempatkan dan simpan kursor pada cell yang akan ditempatkan simbol centangnya
  3. Setelah hal tersebut dilakukan, pastikan agar dapat mengubah jenis font terlebih dahulu
  4. Ubah jenis Font menjadi Wingdings 2
  5. Selanjutnya tekan kombinasi keyboard secara bersamaan, Shift + P akan menjadi simbol centang tanpa kotak
  6. Shift + R akan menjadi simbol centang dengan menggunakan kotak.

Nah, bagaimana sangat mudah bukan? Bahkan cara ini hanya memakan waktu beberapa menit saja. Namun catatannya, memang kamu sebagai pengolah data harus melakukan pengubahan nama font dan juga mengingat kombinasi tombol keyboardnya secara baik.

Cara Menyisipkan Simbol Centang di Excel dengan Tab Developer

Bila kamu ingin menambahkan ceklis dari Tab Developer, atau sistem Pengembang. Maka akan mendapatkan simbol kotak, yang mana ketika diklik baru muncul simbol centang. Bagaimana caranya?

  1. Pertama, buka seperti biasa file lama yang akan ditambahkan simbol centang atau bisa juga langsung praktik dengan dokumen baru
  2. Advertisement
  3. Berikutnya di menu utama aplikasi Excel, dipastikan kamu tidak akan menemukan tab Menu Developer. Sebab memang pengaturan default Excelnya demikian
  4. Untuk bisa membukanya, bisa langsung klik kanan dibagian panel atas, lalu pilih Kustomisasi Pita. Atau jika Excel kamu menggunakan bahasa Inggris, bisa klik kanan pada tampilan Tab Menu lalu klik kanan. Kemudian pilih Costumize the Ribbon
  5. Dari perintah tersebut, maka akan muncul jendela baru dari Customize the Ribbon
  6. Pada bagian jendela tersebut, langsung pilih saja keterangan Customize the Ribbon
  7. Lalu pada bagian tampilan Main Tabs langsung pilih keterangan Developer, klik OK untuk melanjutkan
  8. Selanjutnya buka Tab Menu Developer dibagian atas
  9. Klik Opsi Insert yang menggunakan ikon Koper
  10. Dari menu tersebut, klik langsung bagian yang ingin disematkan ceklisnya
  11. Sebagai pengguna, kamu bisa klik kontak yang terbentuk, guna menambahkan ceklis pada pengolahan data yang dilakukan.

Nah, itulah beberapa cara menyisipkan simbol centang di Excel dengan menggunakan fitur tersedia. Dan selain menggunakan cara tersebut, kamu juga ternyata bisa menggunakan rumus atau fungsi loh.

Cara Menyisipkan Simbol Centang di Excel dengan Fungsi CHAR

Ya, pengguna juga bisa menggunakan CHAR untuk dapat menyisipkan simbol centang, atau bahkan tanda silang di dalam cell Excel.

Fungsi CHAR ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin tanda centang tersebut menjadi hasil dari sebuah rumus yang disajikan. Bagaimana cara menggunakan dan menginputnya?

Perhatikan dan pahami rumus di bawah ini, maka akan mendapatkan hasil diinginkan.

  1. Penulisan rumus CHAR: =CHAR(252), maka akan menjadi Tanda Centang
  2. Rumus CHAR: =CHAR(254), maka akan menjadi Tanda Centang dengan Kotak
  3. =CHAR(251), maka akan menjadi Tanda Silang
  4. =CHAR(253), maka akan menjadi Tanda Silang dengan Kotak

Nah, 252 dan 254 ini merupakan input kode untuk Rumus dan Fungsi Tanda Centang. Sedangkan untuk kode 251 dan 253, merupakan Rumus atau Fungsi untuk Tanda Silang.

Namun, perhatikan lagi. Cara menyisipkan simbol centang di Excel, bahkan tanda silang. Mengharuskan kamu untuk MENGGANTI FONT menjadi WINGDINGS terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan tanda yang diinginkan secara benar.

Kamu pun dapat mengaplikasikan kode tersebut untuk fungsi CHAR, jika perangkatnya OSnya Windows. Sedangkan jika perangkat kamu MacOS, maka input kodenya 159 untuk Tanda Centang dan 158 untuk Tanda Silang.

Jadi, itulah beberapa metode cara menyisipkan simbol centang di Excel. Yang mana, walaupun Excel terkenal sebagai aplikasi pengolah data, numerik, atau bahkan akunting. Ternyata simbol ceklis atau centang juga memiliki fungsi tersendiri.

Dimana simbol centang pun bisa digunakan disaat pengolahan angka dilakukan. Menjadi salah satu simbol yang dapat digunakan untuk menandai poin-poin khusus dalam sebuah data. Pun biasanya akan digunakan untuk memberikan keterangan, baik itu benar. Lengkap atau terpenuhi.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Menyisipkan Simbol Centang di Excel

Apakah Panduannya Berlaku untuk Semua Jenis Excel?

Ya, semua cara di atas bisa dilakukan untuk menyisipkan centang disemua jenis Excel.

Apakah untuk Menyisipkannya Membutuhkan Jaringan?

Tidak.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.