3 Cara Merekam Layar HP Vivo dengan Mudah

Beranda » 3 Cara Merekam Layar HP Vivo dengan Mudah
Advertisement

Tentang bagaimana cara merekam layar HP Vivo bisa dipastikan sangat mudah, informasi mengenai hal ini pun dipastikan sangat dibutuhkan bagi kamu pengguna HP Vivo.

Merekam layar HP sendiri tentu jadi suatu kebutuhan, entah itu untuk mengingat sesuatu atau bahkan hal lainnya. Untuk lebih jelas dan rinci lagi bagaimana penjelasan lengkapnya, simak langsung penjelasan selanjutnya ya.

Cara Merekam Layar HP Vivo Berdasarkan Versi Funtouch

Penting untuk diketahui terlebih dahulu, bahwa Funtouch sendiri dalam HP Vivo merupakan sistem operasinya. Guna memenuhi kebutuhan individual para pengguna, termasuk kebutuhan untuk melakukan perekaman pada layar.

1. OS Funtouch Versi 9 ke Bawah

  • Pertama, pada halaman layar utama HP Vivo kamu. Nanti tinggal swipe atau sapu layar HP dari bagian bawah ke bagian atas menggunakan satu jari
  • Jika sudah, nanti tampilan Control Center akan ditampilkan otomatis
  • Selanjutnya pilih fitur menu S-Capture
  • Di menu tersebut, akan ada pop up atau menu melayang. Pilih saja tombol Screen Recording secara langsung
  • Selanjutnya, menu Screen Recording tersebut akan memulai proses perekaman sesuai dengan yang telah ditentukan
  • Selain akan menampilkan durasi atau waktu perekaman yang sedang berjalan. Fitur ini juga akan menampilkan tombol Pause, sehingga kamu dapat mengatur sendiri kapan tampilan layar harus direkam atau tidak
  • Jika proses perekamannya sudah selesai, tinggal tekan saja tombol Stop
  • Sistem akan memberikan kamu pemberitahuan mengenai keberhasilan perekaman pada layar
  • Klik pemberitahuan tersebut jika ingin mengakses serta melihat hasil rekamannya
  • Atau jika ingin melihat videonya lewat Galeri, tinggal buka aplikasi Albums.

2. OS Funtouch Versi 10 ke Atas

Karena versi Funtouch 9 dan 10 memiliki tampilan berbeda, maka cara merekam layar HP Vivo berdasarkan versi OSnya juga akan memiliki perintah berbeda. Bagaimana caranya?

  • Pada layar utama HP, langsung saja sapu layar atau swipe HP dari bagian atas ke bagian bawah menggunakan satu jati
  • Nanti Quick Menu akan ditampilkan dan tinggal memilih Screen Recording
  • Selanjutnya, jika sistem sudah mengalihkan perintahnya pada halaman pengaturan Screen Recording. Maka kamu tinggal langsung mengatur Record Sound, Disable Notification Recording, Picture Quality, hingga Display Touch Trajectory sesuai kebutuhan
  • Jika sudah, tinggal klik tombol pilihan Start Recording untuk mulai proses perekamannya
  • Sistem menu Screen Recording pun akan muncul secara melayang
  • Jika sudah, tekan tombol menu Screen Recording yang melayang tersebut hingga muncul tombol Pause. Untuk Pause menggunakan ikon dua garis, sedangkan untuk Stop menggunakan ikon kotak
  • Setelahnya, tinggal tekan tombol Stop jika ingin menyelesaikan proses perekaman
  • Kamu pun akan melihat pemberitahuan, kemudian bisa langsung menekannya untuk melihat hasil rekaman
  • Selain dari perintah tersebut, hasil rekaman juga dapat dilihat dari menu Galeri atau Albums.

Nah, itulah tentang bagaimana caranya melakukan perekaman layar di HP Vivo berdasarkan tipe OS Funtouch yang kamu gunakan. Dan penting untuk diketahui, bahwa setting Screen Recording sangat memungkinkan pengguna dapat memilih sumber suara.

Advertisement

Mulai dari audio hanya dari sistem HPnya, dari mikrofon, atau dari dua sumber tersebut. Sedangkan untuk Picture Quality, akan mengizinkan pengguna menentukan kualitas hasil rekaman yang disediakan. Mulai dari High, Medium, atau bahkan Low.

Cara Merekam Layar HP Vivo Agar Bersuara, Tidak Hening

Tadi memang sudah disinggung sedikit tentang perekaman layar di Vivo bisa menggunakan suara. Agar suara yang mungkin kamu perintahkan, bisa muncul juga pada rekaman layarnya. Untuk detail caranya bagaimana, langsung simak saja ulasan di bawah ini sampai selesai ya.

  1. Pertama, langsung sapu atau swipe layar dari atas ke bawah dengan menggunakan satu jadi
  2. Di sistem tampilan Quick Setting, tekan lalu tahan menu Record Screen untuk beberapa saat
  3. Nanti halaman pengaturan Record Screen akan otomatis ditampilkan
  4. Selanjutnya tinggal masuk ke pengaturan Record Sound
  5. Du menu pop up Record Sound, pengguna atau kamu tinggal memilih sumber suara ingin dari mana. Mulai dari System Audio, Microphone Audio, atau bahkan langsung dari keduanya
  6. Jika memang dirasa membutuhkan sumber suara dari sistem serta dari mic, maka tinggal pilih System Audio and Microphone saja
  7. Selanjutnya, jika sudah disetting pengaturan suara tersebut. Kamu tinggal melakukan perintah cara merekam layar HP Vivo dari ulasan sebelumnya. Pilih salah satu sesuai dengan tipe atau versi OS Funtouch yang digunakan.

Agar kualitas hasil rekamannya memuaskan, maka kamu dapat mengatur kualitas resolusi videonya dengan lebih baik. Atau sesuai kebutuhan. Mulai dari ukuran High menggunakan resolusi 720p hingga Low di resolusi 480.

Cara Merekam Layar HP Vivo Menggunakan Tambahan Aplikasi

Atau maksudnya adalah menggunakan aplikasi yang mengharuskan kamu melakukan proses pemasangan lagi. Menggunakan Google Play Store, namun dipastikan rekomendasi aplikasi ini gratis.

1. Xrecorder

Jenis aplikasi untuk merekam di HP Vivo ini ternyata sangat terkenal, menawarkan kualitas dengan rating sangat tinggi. Aplikasi ini pun jelas bisa memberikan hasil memuaskan, dengan hasil jernih.

2. Vidma Recorder

Dengan aplikasi ini, kamu tidak harus melakukan proses root, bahkan untuk proses perekaman tidak ada batas waktu tertentu. Kamu juga dapat secara bebas melakukan facecam untuk merekam layar di wajah.

3. Mobizen

Memiliki rating tinggi juga, cocok untuk handphone Vivo yang kamu gunakan untuk melakukan perekaman. Bahkan kualitas rekamannya juga mencapai 24.0 Mbps, membuat kualitasnya jadi sangat baik.

FAQPertanyaan Seputar Cara Merekam Layar HP Vivo

Apakah Menggunakan Fitur dari Sistem Vivo untuk Merekam Harus Berbayar?

Tidak, kamu dapat memanfaatkan fiturnya secara gratis dan sepuasnya.

Apakah Merekam Layar HP Vivo Menggunakan Aplikasi Ketiga Aman?

Aman, selama aplikasinya dipasang dari Google Play Store secara resmi dan terdaftar.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.