Cara Merekam Suara di Microsoft Word

Adakah cara merekam suara di Microsoft Word? Jawabannya ada dan caranya cukup mudah. Lewat cara yang begitu sederhana, perekaman suara dengan menggunakan Microsoft Word bisa dilakukan. Tak perlu bingung untuk merekam suara di dokumen word.

Perekaman suara di Microsoft Word memang bisa terjadi dengan pengaturan yang sederhana. Sehingga, perhatikan selalu bagaimana cara perekaman suara terbaik di word. Berikut ini adalah tata cara merekam suara di Microsoft Word dengan mudah.

Syarat untuk Bisa Merekam Suara di Microsoft Word

Ada beberapa syarat untuk bisa merekam suara di Microsoft Word. Semua persyaratan itu harus dipenuhi dulu biar perekaman bisa dilakukan. Apa saja syarat utamanya? Berikut ini adalah beberapa syarat utama agar bisa merekam suara di Microsoft Word.

1. Mikrofon Aktif dan Bisa Digunakan

Syarat pertama adalah adanya mikrofon aktif yang bisa digunakan. Keberadaan mikrofon aktif itu memang jadi syarat wajib kalau mau merekam suara di Microsoft Word.

Hal tersebut akan selalu jadi bagian penting dalam proses voice typing di Microsoft Word secara lancar. Dari awal mikrofon memang harus diperiksa dulu aktif tidaknya.

2. Microsoft Office Sudah Update

Syarat berikutnya adalah sudah memperbaharui atau update Microsoft Office. Syarat tersebut memang begitu penting agar perekaman suara jadi tulisan di Microsoft Word lancar.

Selalu pastikan bahwa Microsoft Office memang telah terbaharui. Jika program Office telah dapatkan update, proses perekaman suara akan lancar.

3. Memahami Pengaturan Voice Typing             

Pemahaman tentang pengaturan voice typing di Microsoft Word itu juga sangatlah penting. Upayakan untuk selalu memahami pengaturan voice typing tersebut dari awal sampai akhir.

Urutan pengaturannya harus benar supaya voice typing atau pengetikan dengan suara lancar. Kalau keliru dalam urutannya, proses perekaman dengan mikorofon bisa bermasalah.

Tata Cara Merekam Suara di Microsoft Word

Perekaman suara di Microsoft Word itu bisa diatur dengan cukup sederhana. Hanya memerlukan cara dan tahapan sederhana untuk bisa merekam suara di lembar kerja word. Berikut ini adalah tata cara merekam suara di Microsoft Word dengan mudah.

1. Aktifkan Mikrofon di PC atau Laptop

Langkah awal dari semuanya adalah mengaktifkan dulu mikrofon pada PC atau laptop. Usahakanlah agar mikrofon yang ada di PC berfungsi. Bisa juga menggunakan bantuan dari mikrofon eksternal biar lebih lancar.

2. Buka Dokumen Baru

Bukalah dokumen baru pada program Microsoft Word. Ini adalah langkah penting lainnya yang harus dilakukan untuk mulai proses perekaman suara. Siapkan blank document atau dokumen kosong di Microsoft Word tersebut.

3. Aktifkan Dicate di Word

Ketika sudah buka dokumen atau lembar baru, maka proses selanjutnya adalah mengaktifkan fitur dictate pada word. Klik alat dikte agar suara bisa langsung dikonversi menjadi tulisan pada lembar kerja word. Nantinya akan muncul ikon mikorofon yang tinggal diklik.

4. Mulai Merekam Suara

Perekaman suara pada Microsoft Word pun dapat dilakukan. Mulai bicara mengenai sesuatu yang ingin dituliskan pada lembar kerja word. Penyampaian suara harus jelas agar sistem bisa mengubah suara menjadi teks yang akurat.

5. Tunggu Tulisan Muncul

Saat program dictate berjalan, tulisan akan muncul dengan sendirinya di lembar kerja word. Beri waktu jeda beberapa detik agar tulisan di lembar kerja sempurna. Artikulasi juga harus jelas agar tulisan bisa lebih mudah dideteksi.

6. Lakukan Koreksi

Saat sedang menjalankan proses penulisan, kita juga bisa melakukan koreksi pada kata yang salah. Pengoreksian ini wajib dilakukan untuk membuat tulisan jadi lebih tertata. Jadi pastikan lakukan koreksi sesegera mungkin.

7. Simpan Dokumen

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menyimpan dokumen hasil dari perekaman suara tadi. Simpanlah file yang dibuat dengan suara tadi di PC atau laptop. Intinya, jangan sampai lupa untuk lakukan penyimpanan.

Tips dalam Merekam Suara di Microsoft Word

Ada sejumlah tips dalam mereka suara di Microsoft Word. Segala macam tips tersebut harus dipahami dengan sangat baik dan cermat demi memudahkan semuanya. Berikut ini beberapa tips dalam merekam suara di Microsoft Word agar lancar.

1. Gunakan Mikrofon Eksternal

Jika ingin melakukan perekaman suara secara maksimal, maka gunakanlah mikrofon eksternal. Dengan memanfaatkan mikrofon eksternal, suara akan lebih mudah dideteksi pada word untuk kemudian diubah jadi tulisan yang akurat.

2. Lakukan Pengaturan Voice Typing dengan Baik

Tips berikutnya adalah melakukan pengaturan voice typing dengan baik. Dengan pengaturan voice typing yang tepat, tulisan pada lembar kerja word akan berhasil dibuat. Hal itu perlu dapatkan atensi dan perhatian khusus oleh para pengguna word yang mau mengetik dengan suara.

3. Pastikan Artikulasi Suara Jelas

Saat melakukan perekaman, sangat dianjurkan untuk memperhatikan artikulasi. Suara dan artikulasi itu haruslah jelas. Kalau semuanya jelas, maka hasil tulisan di lembar kerja word akan berlangsung dengan lancar. Untuk itu, pelajarilah cara mengeluarkan artikulasi suara yang jelas.

FAQ | Cara Merekam Suara di Microsoft Word

Apakah bisa rekam suara di Microsoft Word tanpa aplikasi tambahan?

Bisa. Asal bisa aktifkan mikrofon, maka proses perekaman suara bisa dilakukan.

Apa syarat utama untuk bisa merekam suara di Microsoft Word?

Memastikan bahwa ada mikrofon yang aktif di laptop atau PC yang digunakan.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.