Advertisement

Cara merubah huruf kapital di excel bisa menggunakan beberapa langkah yang berbeda seperti penggunaan rumus maupun tidak. Sebab, microsoft excel dengan word adalah dua program yang jauh berbeda.

Saat menggunakan microsoft excel, Kamu tidak bisa merubah apa saja seperti halnya di word. Salah satunya dengan merubah huruf besar menjadi kecil atau sebaiknya saja harus menggunakan shortcut mapun rumus.

Untuk itu, Kamu perlu mempelajari tentang cara mengubah huruf tersebut di bawah ini:

Merubah Huruf Menjadi Kapital di Excel

Cara merubah huruf kapital di excel adalah langkah untuk melakukan perubahan pada huruf dari kecil menjadi besar atau sebaliknya. Namun, meskipun mudah tetapi tetap saja berbeda dengan yang ada di Microsoft Word.

Hal ini karna pada Microsoft Excel tidak menyediakan tool change case untuk mengubah huruf kapital. Tetapi bukan berarti tidak bisa atau bahkan sulit ya karena di excel ada beberapa fitur khusus yang  diciptakan untuk mengubah huruf kapital.

Cara merubah huruf kapital di excel ini bisa Kamu lakukan baik menggunakan rumus atau hanya memanfaatkan tombol-tombol yang tersedia.

Merubah Huruf Kapital Menggunakan Rumus

Cara merubah huruf kapital di excel

Pertama adalah cara merubah huruf kapital di excel dengan rumus. Pada Microsoft excel terdapat 3 fungsi yang bisa Kamu manfaatkan sebagai pengganti tool change case. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Fungsi Lower

Cara merubah huruf kapital di excel

Seperti namanya bahwa tombol lower ini digunakan untuk mengubah huruf kapital menjadi kecil semua. Tetapi fungsi ini hanya bisa digunakan memakai rumus dan Kamu tidak akan menemukan tombol seperti ini pada tools excel.

Jika ingin menggunakan fungsi lower, maka caranya adalah Kamu harus memblok bagian tulisan yang ingin diubah menjadi huruf kecil. Setelah itu ketikkan =LOWERA1 apabila yang diubah adalah kolom A1.

Jika sudah, silakan copy paste tulisan yang ingin Kamu ubah fontnya menjadi kecil pada kolom yang berbeda. Namun, untuk tombol paste, klik paste special dan values. Setelah itu, tekan OK, maka huruf yang Kamu mau sudah berubah kecil.

2. Fungsi Upper

Cara merubah huruf kapital di excel

Cara merubah huruf kapital di excel selanjutnya bisa menggunakan fungsi upper. Fungsi upper merupakan kebalikan dari lower yaitu digunakan untuk mengubah huruf kecil menjadi kapital semua.

Untuk menggunakannya Kamu bisa memakai cara yang sama seperti sebelumnya. Misalnya memilih tulisan yang ada di blok C1, maka rumus yang Kamu gunakan bisa seperti ini =UPPERC1.

Setelah itu, pilih opsi copy pada kolom yang hurufnya ingin Kamu ubah menjadi kapital dan klik paste special dan values. Kemudian tekan OK, maka huruf di awalan kata atau kalimat tersebut sudah berganti menjadi kapital.

3. Fungsi Propper

Kemudian cara yang terakhir adalah dengan memanfaatkan fungsi Propper. propper di sini memiliki fungsi yang berbeda yaitu hanya mengubah menjadi kapital pada huruf pertama dalam setiap kata atau kalimat.

Misalnya pada kata “kamu” menjadi “Kamu. Kemudian untuk cara penggunaannya masih sama, yaitu Kamu harus mengetikkan rumusnya seperti ini =PROPPERC1. Seteah itu, copy paste tulisan yang kamu blok tadi ke kolom yang berbeda.

Sebelum menekan paste, pastikan klik paste special. Kemudian tekan values dan OK. Maka, hasil yang Kamu inginkan akan berubah pada kolom terakhir yang dipilih.

Tiga fungsi tersebut merupakan cara merubah huruf kapital di excel yang bisa Kamu lakukan dengan mudah. Fungsi tersebut merupakan pengganti tool change case yang ada diword.

Baca juga: Cara Menghitung Persentase di Excel

Merubah Huruf Kapital di Excel Menggunakan Shortcut

Selanjutnya adalah cara merubah huruf kapital di excel tanpa rumus. Jika ingin mengubah huruf kapital di excel tanpa mengunakan rumus, maka Kamu bisa memanfaatkan fitur flash fill.

Mudahnya adalah Kamu bisa menggunakan fitur Flash fill tanpa perlu mengaktifkan rumus upper, lower dan propper  di atas. Selain itu, Flash fill dapat digunakan untuk semua versi Microsoft excel mulai dari 2007 hingga yang terbaru.

Cara merubah huruf kapital di excel menggunakan fitur Flash fill adalah sebagai berikut:

Sebagai contoh adalah semisal Kamu sudah memiliki daftar nama dengan huruf kecil semua pada kolom B1 sampai B5. Kemudian pindahkan kursor ke kolom yang lain misalnya C1 sampai C5.

Pada kolom C1 ketikkan nama yang ada di kolom sebelumnya dengan hurus awalan adalah besar atau kapital. Jika sudah selesai, pada kolom C2 ke bawah silakan tekan tombol Ctrl + E, maka fitur Flash fill secara otomatis akan aktif.

Mengubah Huruf Besar Atau Kecil Dari Awal

Jika cara di atas merupakan langkah untuk mengubah kata atau kalimat menjadi kapital maupun sebaliknya, maka cara ini akan memberitahu Kamu untuk mengubah huruf menjadi kapital dari awal.

Cara ini bisa Kamu terapkan pada sebuah dokumen sehingga tidak perlu repot mengubahnya satu per satu. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Teks yang ingin diubah menjadi kapital silakan untuk dipilih atau diblok.
  • Setelah itu, arahkan kursor ke Beranda dan tekan tomol pengaturan sehingga Kamu akan menemukan beberapa pilihan.
  • Silakan klik opsi HURUF KALIMAT jika Kamu hanya ingin mengubah huruf kapital pada awal kalimat saja.
  • Jika huruf kapital yang sudah ada diteks tidak ingin Kamu ubah, maka bisa menekan opsi HURUF KECIL.
  • Namun, jika ingin mengkapitalkan semua huruf yang ada pada file tersebut, silakan pilih semua kalimat dan klik opsi HURUF BESAR.
  • Advertisement
  • Jika yang ingin Kamu kapitalkan hanya awal huruf pada setiap kata, maka pilihannya adalah megkilik Kapitalkan setiap kata.
  • Jika ingin mengalihkan kapital pada setiap kata, maka yang perlu dipilih adalah opsi Kapitalkan Setiap Kata.

Tips Untuk Mengubah Huruf Kapital di Excel

Cara merubah huruf kapital di excel sebenarnya sangat mudah. Untuk menerapkan penggunaan huruf kecil menjadi huruf besar ataupun sebaliknya, Kamu hanya memerlukan suatu fitur yang harus diaktifkan terlebih dahulu.

Namun yang jelas, pada tab Beranda, pasti terdapat grup font yang memiliki fitur untuk mengubah huruf kapital tersebut. Jika Kamu tidak menemukannya bisa menggunakan rumus atau shortcut yang sudah dijelaskan di atas.

Selain itu, jika ingin membatalkan penggunaan huruf kapital atau kecil di excel, cukup dengan menekan Ctrl + Z. Namun, Kamu juga bisa memanfaatkan tombol undo yang terletak di pojok kiri atas bergambar panah melengkung ke kiri.

Kemudian, ada satu lagi cara pintasan jika Kamu ingin mengkapitalkan setiap kata, baik menjadi huruf besar ataupun kecil. Caranya bisa dengan memilih atau memblok teks yang ingin diubah dan tekan SHIFT + F3 sehingga fitur kapital bisa aktif.

Sebenarnya, untuk mengubah huruf di excel menjadi kapital atau sebaliknya itu sangat mudah. Memang seidkit berbeda dengan di word, namun Cara merubah huruf kapital di excel yang penting adalah mengetahui rumusnya.

Advertisement

Tinggalkan komentar