Cara Mewarnai Cell dengan Rumus Excel

Cara mewarnai cell dengan rumus excel itu sebenarnya tak begitu sulit. Terdapat banyak rumus sederhana yang bisa dipakai untuk memberikan warna terhadap cell di excel. Ketika memahami cara memberikan warna yang tepat, laporan di excel bisa lebih komperehensif.

Pemberian warna khusus terhadap cell di excel memang kerap dilakukan. Tujuannya berbeda – beda, mulai dari pembedaan jenis informasi sampai membuat laporan jadi mudah dipahami. Biar jelas, berikut ini adalah cara mewarnai cell dengan rumus excel.

Cara Mewarnai Cell di Excel dengan Mudah

Cara memberikan warna terhadap cell dengan rumus excel itu bisa mudah dilakukan. Dengan cara memberikan warna yang tepat, laporan excel bisa lebih komprehensif. Berikut ini adalah tata cara memberikan warna cell pakai rumus khusus pada excel.

1. Mewarnai Cell Secara Manual di Excel

Mewarnai cell di excel bisa dilakukan secara manual. Pewarnaan secara manual di excel memang bisa dilakukan oleh para pemula. Meski begitu cara ini tetap bisa diandalkan untuk memudahkan semuanya. Berikut ini tata cara mewarnai cell di excel secara manual.

  • Buka file excel yang mau diberi warna
  • Klik cell yang hendak diberikan warna berbeda
  • Pilih ikon bucket paint di bagian atas
  • Pilih warna yang diinginkan
  • Cell pada excel akan berganti warna
  • Simpan pengaturan cell tersebut

2. Mewarnai Cell Secara Otomatis di Excel

Mewarnai cell bisa dilakukan secara otomatis dengan formula yang tepat. Penggunaan formula yang tepat dan sesuai akan berikan kemudahan. Berikut ini tata cara memberikan warna cell secara otomatis dengan formula excel yang tepat.

  • Buka file yang akan diubah warnanya
  • Blok dulu cell yang hendak diubah warnanya
  • Lanjutkan dengan memilih menu Conditional Formatting di tab home
  • Lanjutkan dengan pilih opsi New Rule
  • Kemudian pilih opsi Use a Formula to Determine Cells to Format
  • Masukkan rumus excel pada bagian Format Values Whre This Formula is True
  • Setelah rumus dimasukkan, maka klik opsi Format dan lanjutkan dengan Ok
  • Nantinya warna pada cell akan berubah mengikuti perintah pada rumus excel

Alasan Harus Mewarnai Cell di Excel

Pahamilah juga kenapa harus memberikan warna khusus pada cell. Memang kadang dibutuhkan pemberian warna pada excel untuk memberikan pembeda dengan yang lain. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa harus mewarnai cell di excel.

1. Memberi Pembeda dalam Tiap Jenis Cell

Salah satu alasan mewarnai cell di excel adalah memberi pembeda dalam tiap jenis cell. Proses untuk membedakan jenis informasi di tiap cell itu memang jadi hal yang perlu dilakukan. Dengan begitu, pembaca laporan excel bisa lebih mudah memahami sejumlah hal.

2. Memberikan Penekanan pada Sebuah Informasi

Pemberian warna juga berguna untuk memberi penekanan pada sebuah informasi. Penekanan pada sebuah informasi itu kadang dibutuhkan. Sehingga, selalu pastikan melakukan pemberian warna khusus pada bagian penting di sebuah informasi di laporan excel.

3. Menandai Informasi Penting

Warna khusus juga bermanfaat untuk menandai informasi yang penting. Pembuat laporan tentu ingin memberikan warna khusus kepada informasi yang penting. Tak heran kalau informasi penting memang harus selalu dibedakan pada sisi warnanya.

4. Membuat Laporan jadi Lebih Menawan

Hal yang juga tak bisa dipungkiri adalah keinginan untuk bikin laporan jadi lebih menawan. Itulah kenapa pembuat laporan memberikan aksen warna khusus pada excel. Hal ini akan membuat laporan jadi lebih bagus dan sedap dipandang oleh para pembacanya.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Mewarnai Cell dengan Rumus Excel

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mewarnai cell dengan rumus excel. Segala hal tersebut harus diperhatikan secara baik dan benar ketika mau berikan warna pada excel. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memberikan warna cell di excel.

1. Penulisan Rumusnya

Pemberian warna khusus memang bisa pakai rumus. Karenanya, rumus yang dituliskan itu harus benar dan tepat. Pelajari dulu rumus singkat mana yang bisa digunakan dalam memberi warna. Menulis rumus atau formula yang tepat itu memang selalu penting untuk dilakukan.

2. Jenis Data atau Informasinya

Pewarnaan itu juga harus memperhatikan jenis data dan informasinya. Tiap data atau informasi harus diberi perbedaan warna biar pembacanya lebih mudah memahami. Jenis maupun data informasi yang jelas memang wajib diperhatikan ketika mau melakukan pewarnaan.

3. Pilihan Warnanya

Pilihan warna yang diberikan juga harus diperhatikan juga. Jangan pakai warna yang kurang cerah. Usahakan memakai warna yang solid biar laporan mudah dibaca. Misalnya, hindari menggunakan warna merah untuk menghindari kesan marah pada laporan yang dibuat.

4. Varian Warnanya

Varian warnanya juga tak boleh terlalu banyak. Idealnya, jumlah varian warna yang digunakan tak lebih dari 5. Hal itu akan memberi kesan yang lebih bagus pada laporan yang disajikan. Dengan variasi warna yang ada, tampilan dari laporan akan menjadi lebih menarik.

FAQ | Cara Mewarnai Cell dengan Rumus Excel

Apakah penting mewarnai cell dengan rumus atau formula khusus excel?

Jika dibutuhkan, memang perlu memberikan warna cell dengan rumus excel biar lebih cepat.

Apakah bisa berikan warna otomatis pada cell di excel?

Bisa. Dengan gunakan rumus yang tepat, pemberian warna di excel bisa dilakukan.

Apa manfaat dari berikan warna pada cell di excel?

Memberikan tanda atau pembeda bisa membuat proses membaca laporan excel jadi lebih mudah.

Tinggalkan komentar