Cara Nonaktifkan Download Otomatis Whatsapp

Beranda » Cara Nonaktifkan Download Otomatis Whatsapp
Advertisement

Cara nonaktfikan download otomatis Whatsapp itu mudah sebenarnya. Melalui cara – cara yang sederhana, pengguna bisa mematikan fungsi download otomatis pada WA. Hal tersebut perlu mendapatkan atensi dan perhatian secara khusus.

Memang fitur download otomatis Whatsapp kerap merugikan. Sehingga banyak yang merasa kalau fitur download otomatis tersebut dihilangkan saja. Berikut ini adalah cara nonaktifkan download otomatis Whatsapp dengan mudah.

Kenapa Harus Nonaktifkan Fitur Download Otomatis Whatsapp?

Ada sejumlah alasan mengenai kenapa harus nonaktifkan fitur download otomatis Whatsapp. Banyak pengguna yang merasa kalau fitur download otomatis di Whatsapp itu kurang penting. Berikut ini beberapa alasan kenapa nonaktifkan fitur download otomatis di Whatsapp.

1. Supaya Memori Tak Penuh

Salah satu alasan untuk nonaktifkan fitur download otomatis WA adalah biar memori tak penuh. Ketika semua file foto atau video didownload secara otomatis di Whatsapp, ruang memori bisa penuh. Internal memori memang terganggu jika fitur download otomatis tak dimatikan.

2. Agar Whatsapp Tak Error

Alasan lainnya adalah agar Whatsapp tak error. Menjaga agar Whatsapp tak error memang cukup penting. Dengan menjaga hal tersebut, pengguna akan selalu mendapatkan layanan WA yang sangat prima dan bebas dari beragam masalah.

3. Biar Tak Semua Gambar atau Video Masuk ke Galeri

Tujuan lainnya adalah biar tak semua gambar atau video masuk ke galeri. Menjaga agar tak semua foto atau video masuk ke album galeri smartphone memang cukup penting. Inilah pentingnya nonaktifkan fitur download otomatis Whatsapp.

4. Biar Paket Internet Tak Cepat Habis

Salah satu manfaat nonaktifkan fitur download otomatis Whatsapp adalah paket internet tak cepat habis. Paket internet yang tak cepat habis ini tentu jadi dambaan. Kalau fitur download otomatis WA masih aktif, paket data bisa tersedot terus.

Cara Nonaktifkan Download Otomatis Whatsapp

Cara nonaktifkan download otomatis di Whatsapp tak terlalu sulit. Hanya perlu melakukan sejumlah langkah sederhana saja untuk non aktifkan fitur download otomatis tersebut. Berikut ini beberapa cara nonaktifkan download otomatis Whatsapp.

1. Buka Whatsapp

Membuka Whatsapp adalah tahapan awal yang harus dilakukan untuk nonaktifkan download otomatis di WA. Pastikan juga telah mengkoneksikan smartphone ke internet supaya pengaturan bisa dilakukan.

2. Pilih Menu Pengaturan

Setelah membuka WA, maka langkah atau proses berikutnya adalah memilih menu pengaturan. Klik titik tiga titik di pojok kanan atas. Nantinya akan muncul sub menu yang beragam. Dari sana akan ada beberapa menu yang bisa dipilih.

3. Masuk ke Storage dan Data

Usai masuk ke pengaturan, segera pilih storage dan data. Di sana akan ada informasi tentang media auto download. Nantinya akan muncul pilihan saat menggunakan data seluler, saat terhubung ke Wifi dan saat roaming.

4. Nonaktifkan Download Otomatis

Untuk nonaktifkan fitur auto download, pilih menu saat menggunakan data seluler. Kemudian hapus centang pada foto, audio, video dan dokumen. Lakukan hal yang serupa pada pilihan saat terhubung ke Wifi dan saat roaming.

5. Simpan Pengaturan

Langkah terakhir adalah menyimpan pengaturan yang sudah dilakukan. Ketika pengaturan sudah dilakukan, maka fitur download otomatis pada Whatsapp itu akan hilang. Semua file tidak akan terdownload secara otomatis pada Whatsapp.

Efek Nonaktifkan Download Otomatis Whatsapp

Ada sejumlah efek dari nonaktifkan fitur download otomatis Whatsapp. Sejumlah efek tersebut bisa langsung dirasakan. Berikut ini beberapa efek atau dampak yang bisa dirasakan oleh para pengguna saat nonaktifkan fitur download otomatis di Whatsapp.

1. Ruang Memori Lebih Besar

Efek atau dampak ketika nonaktifkan fitur download otomatis di Whatsapp adalah ruang memori yang lebih besar. Dengan space atau ruang memori yang besar, pengguna bisa install lebih banyak aplikasi atau bahkan download file yang lebih penting.

2. Galeri Terhindar dari File Sampah

Galeri terhindar dari file sampah juga menjadi benefit dari nonaktifkan fitur download otomatis di Whatsapp. Memang akan ada banyak file sampah di dalam galeri karena adanya fitur download otomatis. Kalau mau menghindari hal tersebut, sebaiknya nonaktifkan fitur download otomatis itu.

3. Paket Internet Tak Cepat Habis

Keuntungan dan benefit dari nonaktifkan fitur download otomatis di Whatsapp adalah paket internet yag tak cepat habis. Paket internet memang bisa cepat habis kalau download otomatis masih aktif. Sehingga, disarankan untuk nonaktifkan fitur download otomatis di Whatsapp.

4. Baterai Smartphone Tak Cepat Habis

Salah satu benefit yang bisa dirasakan ketika nonaktifkan fitur download otomatis di Whatsapp adalah bateri smartphone yang tak cepat habis. Baterai smartphone bisa cepat habis ketika WA berjalan di belakang dengan semua fitur download di dalamnya.

5. Bebas dari Serangan Virus

Terbebas dari serangan virus juga jadi benefit yang bisa dirasakan ketika telah nonaktifkan fitur download otomatis. Kadang ada virus yang dikirimkan dalam bentuk media. Kalau mau mengatasi hal tersebut, sebaiknya langsung nonaktifkan saja fitur download otomatis

FAQ | Cara Nonaktifkan Download Otomatis Whatsapp

Apakah wajib nonaktifkan download otomatis Whatsapp?

Tidak wajib. Namun kalau merasa terganggu, langsung nonaktifkan download otomatis di Whatsapp.

Apa efek yang dirasakan ketika nonaktfikan download otomatis Whatsapp?

Smartphone akan jadi lebih enteng hingga terbebas dari aneka file sampah yang tak berguna.

Bisakah mengatur agar download otomatis non aktif selamanya?

Bisa. Tinggal mengatur pada menu pengaturan atau setting yang ada di Whatsapp.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.