4 Cara Pembulatan di Excel Paling Mudah dan Cepat

Beranda » 4 Cara Pembulatan di Excel Paling Mudah dan Cepat
Advertisement

Mengenai bagaimana cara pembulatan di Excel ternyata ada beberapa cara, bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa fungsi.

Fungsi atau rumus, bak menjadi alat dan media utama yang dapat digunakan untuk menyelesaikan segala bentuk pengolahan data di Excel. Termasuk dengan pengguna bisa membulatkan angka di Excel dengan menggunakan banyak fungsi, nah apa saja fungsi dan caranya?

Cara Pembulatan di Excel dengan Beberapa Fungsi

Ya, seperti yang sudah diketahui. Bahwa aplikasi Excel atau Microsoft Excel atau bisa juga disebut dengan Ms. Excel. Adalah salah satu aplikasi pengolahan data yang menyediakan banyak fungsi, termasuk dengan bisa digunakan untuk membulatkan angka.

Cara pembulatan di Excel yang akan dibahas pada kesempatan kali ini, ada empat fungsi atau rumus. Diantaranya ada ROUND, ROUNDUP, hingga ROUNDDOWN dan satu lagi bisa langsung kamu simak sampai selesai.

Fungsi ROUND sendiri ternyata dapat berguna untuk membulatkan bilangan ke digit tertentu yang diinginkan. Kemudian ROUNDDOWN adalah fungsi yang bisa digunakan untuk melakukan operasi pembuatan ke bawah.

Dan terakhir, fungsi ROUNDUP ternyata bisa digunakan untuk melakukan pembuatan ke atas. Untuk lebih jelas bagaimana penggunaan fungsi di atas, yuk langsung simak ke pembahasan selanjutnya sampai selesai.

Cara Pembulatan di Excel dengan Fungsi ROUND

Ya, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Bahwa fungsi ROUND dapat digunakan jika kamu ingin membulatkan angka ke digit tertentu sesuai keinginan. Jika ingin lebih lengkap penggunaan dan pengaplikasian rumusnya bagaimana, yuk simak langsung penjelasannya.

1. Siapkan Data yang Akan Dibulatkan

Nah, langsung buka dokumen di Excel dan buat daftar data angka yang siap untuk dibulatkan. Misalnya saja sebagai comtoh, pada cell A2:A4 diisi dengan beberapa bilangan yang siap dibulatkan. Lalu dibagian cell B2:B4 diisi data dengan jumlah digit pembulatannya. Contohnya di bawah ini:

2. Langsung Lakukan Pembulatan

Jika sudah data seperti di atas kamu sajikan, maka selanjutnya tinggal lakukan pembuatan angka dengan menggunakan fungsinya. Yakni ROUND. Dengan keterangan:

=ROUND(number,number_digits)

Number diisi dengan data angka yang akan dibulatkan, atau mengacu pada alamat cellnya. Sementara untuk sintaks number_digits diisi menggunakan jumlah digit pembuatan angka yang diinginkan.

Letakkan kursor dibagian cell C2 dan lakukan blok dari C2;C4, kemudian ketik langsung rumus fungsi =ROUND(A2;B2). Lalu tekan CTRL+Enter untuk menampilkan hasil pembulatannya.

3. Angka Akan Otomatis Dibulatkan ke Bilangan Terdekat

Penting untuk diperhatikan, bahwa jika jumlah digit nilainya lebih dari 0, maka proses pembulatan dapat dilakukan ke digit desimal. Misalnya saja dengan 6691,19 maka hasil pembulatannya akan menjadi 6693,2.

Kemudian jika digit pembulatannya 0, maka pembulatan akan dilakukan ke bilangan bulat terdekat. Misalnya saja dengan angka 4890,39, maka hasil pembulatannya menjadi 4890.

Terakhir, bila jumlah digit lebih dari 0, maka pembulatan dilakukan ke sebelah kiri desimal. Contohnya dengan angka 483,17, maka hasil pembulatannya menjadi 483.

Nah, itulah beberapa contoh data yang angkanya jika ingin kamu bulatkan menggunakan fungsi ROUND. Untuk penjelasan dan informasi lebih lanjut, yuk simak lagi pembahasan berikutnya sampai akhir.

Cara Pembulatan di Excel Menggunakan Fungsi ROUNDDOWN

Nah, fungsi ROUNDDOWN tersebut dapat digunakan untuk pembulatan data ke bawah. Suatu bilangan yang argumen rumusnya ditunjukkan oleh jumlah digit pembuatan yang diinginkan. Bentuk fungsi rumusannya seperti di bawah ini:

=ROUNDDOWN(number,num_digits)

Penting untuk diketahui, bahwa fungsi pembulatan ROUNDDOWN ini mirip dengan ROUND. Namun pembulatannya sendiri selalu dan pasti dilakukan ke bawah. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu:

  • Jika sintaks num_digits lebih besar dari angka nol (0), maka angka akan dibulatkan ke bawah pada jumlah digit ditentukan
  • Advertisement
  • Bila sintaks num_digits adalah angka nol (0) atau tidak ditulis, maka angka akan dibulatkan ke bawah pada bilangan bulat terdekat
  • Sedangkan jika sintaks num_digits lebih kecil dari nol (0), maka data angka akan dibulatkan ke bawah. Ke sebelah kiri tanda desimal.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut beberapa contoh pembulatan angka dengan penggunaan fungsi ROUNDDOWN:

  1. =ROUNDDOWN(4,2;0)

Dengan data tersebut, pembulatannya berarti ke bawah nol ke tempat desimal. Jadi hasilnya akan menjadi 4.

  • =ROUNDDOWN(86,9;0)

Pembulatan data 86,9 ke bawah ke nol pada tempat desimal, maka hasil pembulatannya akan menjadi 86.

  • =ROUNDDOWN(4,14159;4)

Dari rumus tersebut, untuk membulatkan angka 4,14159 ke bawah pada angka 4 tempat desimal. Maka hasil pembulatannya akan menjadi 4,141

  • =ROUNDDOWN(-4,14159;1)

Data tersebut akan dibulatkan ke bawah pada satu tempat desimal, hasil pembulatannya akan menjadi -4,1

  • =ROUNDDOWN(41415,92654;-2)

Agar dapat membulatkan angka 41415,92654 ke bawah pada 2 tempat desimal ke kiri koma desimal. Maka hasil pembulatan akan menjadi 41400.

Itulah bagaimana cara pembulatan di Excel dengan menggunakan rumus fungsi ROUNDDOWN atau pembulatan ke bawah.

Cara Pembulatan di Excel dengan Fungsi ROUNDUP

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa fungsi ROUNDUP ini dapat digunakan jika pembulatan ingin dilakukan ke atas suatu bilangan. Yang mana argumennya ditunjukkan oleh jumlah digit pembuatan dikehendaki. Bagaimana bentuk sintaks dari fungsinya?

=ROUNDUP(number,num_digits)

Adapun untuk beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Bila sintaks num_digits lebih besar dari nol (0), maka angka data akan dibulatkan ke atas, pada jumlah tempat desimal ditentukan
  • Lalu jika sintaks num_digits adalah nol (0) atau tidak ditulis, maka angka dapat dibulatkan ke atas pada bilangan bulat terdekat
  • Sedangkan jika sintaks num_digits lebih kecil dari nol (0), maka angka data dapat dibulatkan ke atas ke sebelah kiri koma desimal.

Bagaimana contohnya?

  1. =ROUNDUP(4,2;0)

Pembulatan angka 4,2 ke angka 0, maka hasil dari pembulatannya menjadi 4

  • =ROUNDUP(86,9;0)

Untuk membulatkan angka 86,9 ke nol tempat desimal, maka hasil pembulatannya menjadi 87

  • =ROUNDUP(4,14159;4)

Pembulatan data 4,14159 ke empat tempat desimal, hasil pembulatannya adalah 4,142

  • =ROUNDUP(-4,14159;1)

Untuk dapat membulatkan -4,14159 ke atas pada satu tempat desimal, maka hasil pembulatannya akan menjadi -4,2

  • =ROUNDUP(41415,92654;-2)

Dengan angka tersebut, pembulatan 414,1592654 ke atas 2 tempat desimal ke kiri koma desimal, maka hasil pembulatannya menjadi 41500.

Itulah fungsi ROUNDUP yang bisa kamu gunakan untuk membulatkan angka ke atas, mudah untuk diaplikasikan bukan?

Cara Pembulatan di Excel dengan Tombol Menu Ribbon  

Nah, sekarang cara terakhir. Tombol ini bisa digunakan untuk membulatkan angka dan data. Bahkan lebih mudah digunakan, tanpa harus menggunakan rumus. Perhatikan poin di bawah ini.

  1. Masukkan data ke dalam cell
  2. Tandai cell atau kolom yang ingin dibulatkan
  3. Kemudian klik tombol opsi Decrease Decimal

Tombol atau menu tersebut berfungsi untuk mengurangi jumlah bilangan desimal. Tombol tersebut menggunakan keterangan “.00→.0” dan tombolnya bisa ditemukan pada menu Ribbon Home dan pada grup panel Number.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Pembulatan di Excel

Apakah Cara Pembulatan di Atas Berlaku untuk Semua Versi Excel?

Ya, semuanya bisa digunakan pada semua versi Excel. Baik lama atau terbaru.

Apakah Saat Memasukkan Rumus Ada Kemungkinan Error?

Sangat ada.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.