Cara Pengalian di Excel Secara Manual dan Otomatis

Beranda » Cara Pengalian di Excel Secara Manual dan Otomatis
Advertisement

Memahami dan mempelajari bagaimana cara pengalian di Excel tentu saja akan sangat menguntungkan, utamanya akan sangat berguna.

Terdapat banyak jenis rumus perkalian di Excel dengan fungsi yang berbeda-beda. Pun tentu saja bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, atau data. Mulai dari diketik langsung, otomatis, atau menggunakan fungsi PRODUCT. Bagaimana lengkapnya? Yuk Simak!

Cara Pengalian di Excel Secara Manual

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa fungsi pengalian yang ada di Excel ada beberapa jenis. Kamu bisa mempelajari dan menggunakannya sesuai kebutuhan, sesuai keperluan. Nah, apa saja jenis perkalian secara manual?

1. Diketik Langsung

Untuk dapat melakukan pengalian di Excel secara manual dan diketik langsung. Kamu bisa mengetikkan angka, atau datanya secara langsung pada cell. Yakni menggunakan operator aritmatika, atau karakter khusus. Yakni (*).

Misalnya saja kamu ingin mengalikan angka 2 x 7 x 11. Maka langsung saja tulis rumusnya di salah satu cell. Sebab setiap rumus di Excel ditulis menggunakan karakter sama dengan atau (=).

Maka penulisan rumus pengalian manual ini menjadi =2*7*11, setelah mengetik rumus tersebut. Bisa langsung tekan enter, maka hasilnya otomatis akan menjadi 154.

Cara Pengalian di Excel Secara Manual dan Otomatis

2. Angka atau Data di Dalam Cell

Selain menggunakan cara pengalian sebelumnya, kamu juga dapat mengalikan angka atau data yang ada pada cell. Biasanya cara ini dapat digunakan saat kamu membuat catatan pengeluaran bersifat pribadi. Atau bahkan laporan keuangan kantor.

Misalnya saja seperti contoh di bawah, untuk mengalikan angka-angknya kamu bisa langsung menuliskan rumus =A1*A2*A3*A4* pada cell A5, kemudian tekan enter untuk tahu hasilnya. Yakni hasilnya menjadi 24.

Cara Pengalian di Excel Secara Manual dan Otomatis

3. Angka data dari Sheet Lain

Bahkan ternyata kamu pun dapat mengalikan angka-angka yang ada pada sheet lain di Excel. Caranya ditulis menggunakan sama dengan (=) pada cell yang diinginkan. Klik semua cell yang akan dikalikan sampai habis, kemudian tekan enter untuk tahu hasilnya.

Advertisement

Jadi sistemnya akan menggunakan dua sheet, yakni sheet 1 dan juga sheet 2. Pada sheet 1 terdapat angka 3 & 4. Sedangkan pada sheet 2 ada angka 2 & 12.

Agar dapat mengalikan angka tersebut di dua sheet berbeda, maka kamu bisa memahami rumus =D1*Sheet2!C1*Sheet1!D2*Sheet2!C2. Dengan menggunakan rumus tersebut, langsung tekan enter dan hasil dari perkaliannya akan menjadi 288.

Cara Pengalian di Excel Secara Otomatis

Selain ditulis berdasarkan nama cellnya, seperti D1, D2, atau bahkan D3. Yakni secara manual. Kamu juga dapat melakukan cara lain, yakni dengan menggunakan sama dengan (=). Kemudian klik cell yang ingin dikalikan.

Misalnya saja klik sama dengan (=), lalu dikalikan dengan data di D1 dan langsung ketik tanda *. Klik lagi cell lain di D2 misalnya, lalu ketik lagi tanda * dan klik cell D3. Terakhir tekan enter, bagaimana caranya?

Cara Pengalian di Excel Secara Manual dan Otomatis

Menggunakan rumus tersebut, bisa diaplikasikan untuk menghitung banyak angka di dalam cell sekaligus. Caranya adalah dengan menulis terlebih dahulu satu rumus, dengan nama cell pada cell yang tempat atau hasilnya akan disimpan.

Setelah hal tersebut dilakukan, langsung arahkan kursor kebagian pojok kanan bawah cell. Hingga kursornya berbentuk +. Lalu tarik kursor kebagian bawah, sampai cell terakhir. Contohnya seperti di bawah ini:

Cara Pengalian di Excel Secara Manual dan Otomatis

Setelah kamu mendapatkan perkalian dari hasil 2 x 3. Maka kamu dapat mengisi cell C2, C3 secara otomatis. Dengan hasil yang didapatkan seperti di bawah ini.

Cara Pengalian di Excel Secara Manual dan Otomatis

Cara Pengalian di Excel Menggunakan Fungsi PRODUCT

Nah, berikutnya kamu dapat menggunakan fungsi khusus. Yakni fungsi tersebut dinamai dengan PRODUCT. Untuk bisa menghitung perkalian di Excel. Caranya jelas sederhana, kamu cukup melakukan klik pada cell yang hasilnya akan diketahui.

Kemudian langsung ketikkan =PRODUCT dan lanjutkan dengan klik cell yang ingin dihitung, lalu ketikkan karakter “,”. Atau bisa juga menggunakan karakter titik koma “;”. Bergantung dari  bahasa yang digunakan.

Setelah fungsi tersebut digunakan, tinggal tekan enter seperti contoh di bawah ini ya.

Cara Pengalian di Excel Secara Manual dan Otomatis

Jadi rumus yang bisa didapatkan dari cara pengalian ini, adalah =PRODUCT(A1*B1) atau ada juga =PRODUCT(A2*B2) dan seterusnya.

Agar cell dibawah juga mendapatkan hasil pengalian secara otomatis, kamu hanya tinggal lakukan drag dari cell C2 dibagian pojok kanan bawah. Nanti akan ada ikon plus atau + kecil.

Dengan perintah tersebut, maka cell di bawahnya akan ada hasil dari perkalian cell cell lainnya.

Cara Pengalian di Excel dengan Persen

Ternyata tidak hanya beberapa cara di atas saja, kamu juga masih bisa melakukan beberapa cara lain. Untuk lebih lengkapnya bagaimana, simak langsung pembahasan detailnya di bawah ini ya.

1. Menampilkan % di Excel

Pada Microsoft Excel, kamu ternyata dapat melakukan perkalian dengan persen. Namun sebelum itu, kamu wajib tahu. Bahwa Excel ternyata tidak bisa menampilkan format atau karakter % secara otomatis.

Oleh sebab hal tersebut, kamu harus mengubah data atau angka menjadi persen. Sebelum melakukan pengalian. Bagaimana caranya?

  • Pertama, mengetikkan simbol persen % di dalam cellnya secara langsung
  • Menggunakan format percentage pada kotak dialog Format Cells
  • Bisa mengubah format penulisan di dalam cell, menggunakan menu Tab Number, kemudian Percent (%). Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kombinasi tombol CTRL+SHIFT+% pada keyboard secara langsung.

Dari langkah tersebut, yang paling sering digunakan biasanya menggunakan cara kedua.

2. Mengganti Jumlah Berdasarkan Persentasenya

Cara ini ternyata dapat digunakan jika pengguna ingin menambah, atau mengurangi jumlah dengan menggunakan persentase. Misalnya saja kamu ingin mengurangi pengeluaran mingguan sebesar 15%. Untuk menghitungnya, kamu bisa menggunakan rumus:

=Jumlah yang ingin dikurangi*(1-persentase pengurang).

Penting untuk diketahui, bahwa di dalam rumus ini. Angka 1 yang digunakan, memiliki nilai setara dengan 100%. Jadi secara otomatis, Excel akan menghitung terlebih dahulu data atau angka yang ada di dalam kurung.

3. Mengalikan Angka dalam Banyak Cell Menggunakan Persen

Pengalian angka di dalam cell yang banyak bisa dilakukan menggunakan persen, misalnya angka pengalinya adalah 15%.

  • masukkan terlebih dahulu angka-angka yang ingin dilakukan dengan 15%
  • Ketikkan 15% atau persentase yang diinginkan pada cell kosong, kemudian copy angka ini dengan tombol CTRL+C
  • Setelah di copy, pilih cell yang ingin dikalikan dengan menyeret kursor atau drag kebagian bawah
  • Klik kanan pada cell yang sudah dipilih, kemudian klik opsi tempel selesai atau paste spesial
  • Selanjutnya pilih Nilai>Kalikan, klik OK untuk menyelesaikannya
  • Terakhir, kamu akan mendapatkan jumlah perkalian angka-angka pada cell yang sudah didrag

Cara tersebut dapat diaplikasikan untuk menghitung 100 atau bahkan 1.000 data yang ada pada lembar kerja Excel.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Pengalian di Excel

Apakah Semua Rumus Pengalian Excel di Atas Bisa Digunakan di Sema Versi Ms. Excel?

Bisa.

Apakah Rumus Di Atas Dapat Dipahami Pemula?

Bisa, asalkan dipahami dengan baik.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.