Cara Print Amplop di Word Semudah Ini Lho

Cara print amplop di word itu tidak sulit. Telah disediakan fitur – fitur pendukung yang bisa memudahkan para pengguna kalau mau lakukan percetakan amplop. Jadi, tak usah bingung sama sekali kalau ingin print amplop di Microsoft Word.

Dalam banyak hal, print amplop di word memang kadang dibutuhkan. Banyak hal yang memerlukan amplop dengan tulisan resmi di sampulnya. Seperti apa caranya print amplop di word? Berikut ini adalah tata cara print amplop di word dan beberapa keterangan lainnya.

Kenapa Perlu Print Amplop di Word?

Tentunya perlu dipahami kenapa perlu untuk print atau cetak amplop di word. Dengan sejumlah alasan yang sederhana, semuanya bisa langsung dipahami. Berikut ini adalah beberapa alasan mengenai kenapa perlu print amplop di word.

1. Membuat Undangan Resmi

Salah satu alasan kenapa perlu print amplop di word adalah membuat undangan resmi ke instansi pemerintahan. Undangan resmi memang kadang harus dilengkapi dengan amplop. Undangan yang resmi juga bertujuan untuk perusahaan swasta non pemerintahan.

2. Bikin Undangan Lebih Professional

Tambahan teks atau tulisan di amplop itu juga berguna agar undangan menjadi lebih professional. Hal ini juga dibutuhkan dalam banyak hal dan kesempatan. Sehingga, dalam sejumlah aktivitas maupun kegiatan, undangan memang perlu dilengkapi amplop yang sudah ada teksnya.

3. Prosedur di Instansi Resmi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, teks atau tulisan pada amplop itu merupakan salah satu prosedur di instansi resmi. Jika mau berurusan dengan pemerintah, maka surat yang dikirimkan harus dilengkapi dengan amplop yang ada tambahan teks dari word.

4. Upaya Branding

Memberikan tambahan teks pada amplop itu juga salah satu upaya branding yang bisa dilakukan. Updaya branding biasanya dilakukan oleh perusahaan swasta yang masih baru. Branding ini akan benar – benar penting untuk tingkatkan awareness pada sebuah perusahaan start up yang baru.

Tata Cara Print Amplop di Word

Kini saatnya memahami bagaimana cara untuk print amplop di word. Tentunya ada sejumlah cara yang sederhana untuk melakukan print amplop lewat word. Perhatikan cara mencetak teks di amplop pakai word. Berikut ini adalah tata cara print amplo di word.

1. Siapkan Amplop dan Printer

Tahapan pertama adalah menyiapkan amplop dan printer. Belilah amplop yang ukurannya sesuai dengan lipatan surat yang akan dibuat. Pilihannya ada yang warna putih atau cokelat. Setelahnya hubungkan dan aktifkan printer ke PC.

2. Atur Ukuran di Amplop

Setelah itu lakukan pegaturan di word. Buka word yang ada pada laptop atau PC. Kemudian pilih ukuran amplop bisa C4, C3 atau C7. Sesuaikan dengan amplop yang sudah dibeli sebelumnya. Pastikan layout print word sesuai juga.

3. Tambahkan Teks yang Dibutuhkan

Kini saatnya menambahkan teks yang akan muncul di amplop. Tuliskan semua informasi yang penting pada lembar kerja yang sudah diatur untuk bisa print ke amplop. Tuliskan semuanya dengan lengkap agar semuanya bisa berjalan dengan lancar.

4. Mulai Print Amplop

Tahap terakhir adalah mulai print amplop. Tempatkan amplop pada posisi yang tepat. Setelahnya langsung tekan tombol CTRL + P secara bersamaan di lembar kerja word. Setelah itu tunggu sampai printer mencetak teks pada amplop yang sudah diatur.

Tips Mengatur Teks di Amplop dengan Word

Ada beberapa tips untuk mengatur teks di amplop dengan word. Ketika memperhatikan sejumlah hal ini, penambahan teks pada amplop menggunakan word akan berjalan dengan lebih mudah. Berikut ini adalah tips mudah untuk mengatur teks di amplop dengan word.

1. Pilih Rata Kanan atau Kiri

Tentukanlah akan menggunakan rata kanan atua kiri. Pilihan ini harus ditetapkan sedari awal. Kadang ada aturan untuk membuat teks di apmlop di bagian kanan atau kiri. Hal itu harus ditaati kalau mau lancar dalam membuat undangan secara resmi.

2. Atur Besaran Font

Mengatur besaran font juga harus diperhatikan secara tepat. Ini merupakan salah satu hal penting yang harus diatur. Pastikanlah bahwa ukuran font yang ditambahkan itu sesuai. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Harus disesuaikan dengan estetika.

3. Pastikan Warna Font Sesuai

Warna teks yang dipilih itu harus disesuaikan juga. Biasanya yang digunakan adalah warna hitam. Kalau memeprhatikan warna yang digunakan, semuanya akan jadi lebih estetik dan rapi. Kalau tidak diperlukan, sebaiknya tak menggunakan warna selain hitam.

4. Jenis Font Harus Tepat

Pilihan font yang digunakan itu memang juga harus sesuai. Dengan menggunakan font yang tepat dan sesuai, amplod yang berisi undangan akan lebih rapi dan tertata. Sebaiknya gunakan font yang normal saja seperti Arial, Calibri atau Times New Roman.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Print Amplop di Word

Dalam melakukan print pada amplop dengan bantuan word, ada sejumlah hal yang perlu mendapatkan perhatian. Kalau mau terhindar dari masalah, makan proses print amplop memang harus dapatkan atensi khusus. Ini dia beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam print di amplop.

1. Ukuran Amplop

Salah satu hal yang wajib diperhatikan dalam print di amplop adalah ukuran amplopnya. Ukuran amplop yang akan dicetak harus diperhatikan sejak awal. Kalau mempersiapkan jenis atau ukuran amplop dengan tepat, prosesnya akan berlangsung dengan lebih mudah.

2. Teks yang Ditambahkan

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah teks atau tulisan yang mau ditambahkan ke amplop. Hal ini perlu dicermati dengan baik oleh orang – orang yang mau print ke amplop. Tulisan yang ditambahkan harus sesuai dengan ejaan yang telah disempurnakan.

3. Warna Teks di Amplop

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah warna teks pada amplop. Keberadaan warna teks ini harus jadi atensi khusus. Kalau tidak ada urgensi apapun, langsung atur warna hitam pada tulisan di amplop. Kalau memang ada keperluan khusus barulah

4. Tambahan Stempel

Tambahan stemple juga harus diperhatikan dengan baik. Ini adalah salah satu tambahan opsional jika akan kirim surat beramplop ke instansi pemerintahan. Jadi, tambahan stemple itu kadang dibutuhkan untuk membuat semuanya jadi lebih resmi.

FAQ | Cara Print Amplop di Word

Apakah wajib untuk print amplop di word?

Hanya ketika berurusan dengan instansi resmi saja tambahan teks di amplop itu wajib.

Apa kegunaan utama amplop yang sudah diprint di word?

Untuk memberikan keterangan terhadap isi surat atau undangan yang ada di dalam amplop.

Sulitkah print amplop di Microsoft Word?

Tidak sulit karena hanya perlu beberapa penyesuaian sederhana agar berhasil print amplop di word.

Tinggalkan komentar