Cara Print di Word dengan Mudah Bagi Pemula

Cara print di word itu bisa dilakukan secara mudah. Dengan cara – cara yang sederhana saja, proses print pada dokumen di word bisa langsung dilakukan. Maka dari itu, selalu pahami bagaimana caranya melakukan print file di word.

Mungkin masih ada yang belum memahami cara print dokumen word secara sederhana. Pada dasarnya, print lewat word dapat dilakukan secara mudah dan cepat. Ada banyak shorcut yang bisa dilakukan juga untuk mempercepatnya. Berikut ini panduan sederhana mengenai cara print di word.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Print di Word

Ketika mau lakukan print dokumen di word, maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dulu. Hal ini penting untuk diperhatikan secara baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum lakukan print di word.

1. Printer

Hal yang perlu diperhatikan sebelum lakukan print di word adalah mesin printer. Mempersiapkan mesin printer memang harus jadi hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Tanpa adanya persiapan mesin printer yang sesuai atau kompatibel dengan PC maupun laptop yang dipakai.

2. Tinta

Hal lain yang juga harus dipersiapkan adalah tinta. Mempersiapkan tinta yang sesuai juga harus diperhatikan sedari awal. Siapkanlah tinta yang lengkap, termasuk yang berawarna. Tinta untuk printer tersebut bisa dibeli di berbagai toko aksesoris komputer terdekat.

3. Kertas

Hal yang harus dipersiapkan juga adalah kertas sebagai medium print. Biasanya kertas yang digunakan adalah A4 dan juga HVS. Namun ada beberapa pilihan jenis kertas lain yang juga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

Cara Print di Word dengan Mudah

Cara untuk melakukan print di word itu memang mudah. Sudah ada sistem yang dibuat untuk melakukan pencetakan atau print via word. Seperti apa cara print di word dengan tepat? Berikut ini adalah cara mudah untuk print di word dengan mudah serta cepat.

1. Aktifkan Printer

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengaktifkan printer dulu. Proses untuk mengaktifkan printer ini juga harus memperhatikan tintanya. Intinya, sambungkanlah dulu printer yang sudah ada tintanya ke laptop atau PC pakai kabel.

2. Masukkan Kertas

Langkah berikutnya adalah memasukkan kertas yang akan dipakai sebagai medium print. Kertas yang dipakai bisa berupa A4, A3, H4 atau yang lainnya. Pilihan kertas yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari masing – masing.

3. Buka Dokumen

Setelah printer dan kertas telah siap, kini saatnya untuk membukan dokumen yang mau dicetak. Buka file dokumen di laptop atau PC. Kemudian periksa kembali apakah isi dari file dan dokumen tersebut sudah benar atau belum.

4. Pilih Opsi Print

Setelah dokumennya siap, maka langsung pilih opsi print di bagian atas. Bisa juga dengan memakai shortcut berupa CTRL + P. Ketika memilih proses print secara tepat, akan ada window baru untuk melakukan pengaturan dalam proses pencetakan.

5. Atur Percetakan

Dalam window baru, aturlah percetakan dengan tepat. Aturlah akan mencetak berapa banyak copy dari file atau dokumen tersebut. Jangan lupa untuk mengatur jenis kertas yang akan digunakan. Kemudian periksa kembali apakah semuanya sudah sesuai.

6. Mulai Print

Ketika pengaturannya sudah sesuai, maka proses print bisa langsung dimulai. Klik langsung menu print yang tersedia. Nantinya tinggal tunggu saja kertas keluar dari mesin printer. Kalau hasilnya sudah keluar, maka proses print telah selesai dilakukan.

Hal Penting dalam Print Dokumen di Word

Ada beberapa hal penting dalam melakukan print dokumen di word yang harus dicermati. Semua hal penting tersebut punya peran yang penting dalam proses printing dokumen di word. Ini dia beberapa hal penting ketika mau print file atau dokumen pada word.

1. Review Sebelum Print

Hal penting yang harus selalu dilakukan adalah melakukan print sebelum print. Proses review ini memang wajib dilakukan secara tepat dan sesuai. Jadi, pastikan lihat kembali apakah file atau dokumen yang mau diprint sudah sesuai atau belum.

2. Pastikan Printer Sudah Terhubung

Memastikan bahwa printer sudah terhubung itu juga sangat penting. Ketika memastikan printer telah terhubung, proses print akan berlangsung lancar tanpa masalah. Printer yang telah terhubung harus selalu dicek atau diperiksa dulu.

3. Tinta Harus Terisi

Tinta juga harus diperiksa dengan baik. Memastikan bahwa tinta sudah terisi itu memang krusial. Kalau hal ini dicermati dengan baik, proses pencetakan file atau dokumen bisa dijalankan dengan baik. Sehingga, tinta pada printer harus tersedia dulu kalau mau lakukan pencetakan.

4. Peletakan Kertas

Pelatakan kertas juga harus mendapatkan perhatian lebih. Letakkannlah kertas di posisi yang tepat. Dengan begitu, semuanya bisa berjalan dengan lebih lancar. Kalau peletakannya salah atau keliru, hasil dari pencetakkan bisa jadi tak sempurna.

Kenapa Print di Word Bisa Gagal?

Memahami kenapa proses pencetakan atau print di word bisa gagal itu juga harus mendapatkan atensi lebih. Memang ada beberapa hal yang bisa bikin proses print di word bisa gagal. Untuk itu, perhatikanlah kenapa print pada word bisa gagal. Ini dia beberapa alasannya.

1. Printer Rusak

Salah satu alasan kenapa proses print di word gagal adalah mesin printernya rusak. Rusaknya printer memang akan membuat proses printing melalui word gagal. Jadi, pastikan printer yang dipakai itu dalam kondisi sehat. Kerusakan printer itu harus ditanggulangi sedari awal.

2. Tinta Habis

Tinta habis juga jadi alasan kenapa proses print di word gagal. Habisnya tinta memang jadi masalah yang kerap terjadi. Maka dari itu, selalu pastikan bahwa tinta selalu tersdia. Periksalah terus ketersediaan tinta printer yang digunakan untuk lakukan pencetakan.

3. Koneksi ke Printer Bermasalah

Masalah yang terjadi dari koneksi printer ke PC maupun laptop juga merupakan penyebab. Proses print akan bermasalah jika koneksinya mengalami masalah. Sehingga, jangan sampai salah dalam menghubungkan printer ke laptop dan PC.

4. Pengaturan di Word yang Salah

Kegagalan dalam proses printing itu juga bisa terjadi ketika ada pegaturan di word yang salah. Pengaturan yang keliru atau salah memang menjadi biang masalahnya. Karenanya, jangan sampai keliru dalam melakukan pengaturan print di word.

FAQ | Cara Print di Word

Apakah print di word bisa dilakukan dengan otomatis?

Ada shortcut yang bisa digunakan untuk langsung print yakni dengan CTRL + P.

Berapa banyak dokumen yang bisa diprint di word?

Tidak ada batasan mengenai berapa banyak dokumen yang bisa dicetak pada word.

Apa penyebab utama dari kegagalan dalam print di word?

Biasanya karena koneksi antara printer dengan PC itu bermasalah.

Tinggalkan komentar