Cara Samsung Layar Belah dengan Mudah

Beranda » Cara Samsung Layar Belah dengan Mudah
Advertisement

Cara Samsung layar belah beroperasi itu memang perlu dipahami dengan baik. Lewat cara – cara yang sesuai, penggunaan Samsung layar belah itu bisa didapatkan. Maka dari itu, ada baiknya untuk mempelajari secara baik bagaimana sistem dan cara kerja Samsung layar belah.

Fitur layar belah atau split screen pada Samsung memang bisa dimanfaatkan dengan mudah. Pada pengguna hp Samsung bisa melakukan pembelahan layar dengan langkah – langkah sederhana. Berikut ini adalah cara mengaktifkan layar belah atau split screen pada hp Samsung.

Cara Aktivasi Layar Belah di Hp Samsung

Aktivasi layar belah pada hp Samsung itu bisa dilakukan. Kalau melakukan aktivasi yang sesuai, layar belah atau split screen bisa muncul pada hp Samsung. Seperti apa cara mengaktifkan layar belah pada hp Samsung? Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Buka Aplikasi yang Diinginkan

Bukalah dulu aplikasi yang ingin dibuka dengan fitur split screen. Ini adalah cara aktivasi layar belah yang harus diperhatikan secara baik. Karenanya, buka terlebih dulu aplikasi yang mau dipakai dalam mode split screen atau fitur layar belah pada hp Samsung.

2. Klik Menu Recent

Berikutnya adalah memilih menu recent pada bagian bawah layar. Biasanya, menu tersebut terdapat di ikon tiga garis. Langsung saja klik ikon tiga garis tersebut untuk bisa mengakses menu recent. Kemudian lanjutkan dengan pilih opsi recent apps.

3. Pilih Menu Open in Split Screen View

Setelah opsi recent apps keluar, maka pilihlah aplikasi yang masu dibuka secara split screen. Setelah akan muncul menu tambahan. Pilih langsung open in split screen view. Nantinya, akan langsung muncul layar yang akan berisi dua aplikasi yang berjalan bersamaan.

4. Jalankan Mode Split Screen

Ketika semuanya sudah dilakukan, maka tinggal jalankan mode split screen tersebut. Mode split screen atau layar belah tersebut bisa dimaksimalkan dengan baik di hp Samsung. Maksimalkan terus aktivitas multitasking dengan kedua layar tersebut sampai puas.

5. Tekan Tombol Home untuk Menutup Split Screen

Ketika sudah puas menggunakan mode split screen, jangan lupa juga untuk memahami cara mengakhirinya. Cara paling mudah untuk menutup split screen pada Samsung adalah menekan tombol home. Bisa juga dengan mematikan layar dari hp Samsung tersebut.

Kegunaan Fitur Layar Belah di Hp Samsung

Ada beberapa kegunaan dari fitur layar belah di hp Samsung. Dengan fitur ini, berbagai manfaat bisa didapatkan. Karena itu, pastikan pahami kegunaan dari fitur layar belah pada hp Samsung. Ini dia beberapa manfaat dan kegunaan dari fitur layar belah di hp Samsung.

1. Bisa Membuka 2 Aplikasi Bersamaan

Manfaat atau benefit terbesar adalah bisa membuka 2 aplikasi secara bersamaan. Ini adalah manfaat yang benar – benar bisa didapatkan ketika aktivasi layar belah di hp Samsung. Membuka 2 aplikasi secara bersama – sama ini memang jadi tujuan utama dari fitur layar belah atau split screen.

2. Memudahkan Pekerjaan

Memudahkan pekerjaan juga jadi manfaat atau kegunaan fitur layar belah pada hp Samsung. Ini adalah manfaat yang bisa langsung didapatkan dari layar belah hp Samsung. Pekerjaan memang bisa lebih dipermudah dengan mode split screen tersebut.

3. Bisa Multitasking dengan Mudah

Kegunaan lainnya adalah bisa melakukan multitasking dengan sangat mudah. Kemudahan dalam multitasking ini memang perlu dapatkan atensi khusus. Saat bisa multitasking, pengguna bisa bekerja dengan lebih mudah tanpa khawatir. Intinya, mode ini memang cocok untuk multitasking.

Advertisement

4. Bermanfaat Saat Berkendara

Layar belah pada Samsung itu bermanfaat ketika berkendara. Ketika berkendara, pengguna bisa membuka aplikasi Maps dengan aplikasi lainnya secara bersamaan. Multitasking saat berkendara memang diperlukan agar segala sesuatunya berjalan dengan lebih baik.

5. Bisa Nonton Video dari 2 Aplikasi Berbeda

Kegunaan lain dari fitur layar belah di Samsung adalah bisa nonton video dari 2 aplikasi berbeda. Misalnya buka Youtube dan aplikasi Vidio secara bersamaan pada hp Samsung. Kegiatan nonton 2 video dalam satu layar ini memang jadi aktivitas yang sangat menyenangkan.

6. Meningkatkan Produktivitas Pekerjaan

Layar belah juga bisa sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas pekerjaaan. Produktivitas ini memang dapat ditingkatkan saat pakai fitur layar belah tersebut. Produktivitas pekerjaan memang dapat meningkat tajam melalui mode layar belah atau split screen ini.

7. Membantu Aktivitas Olahraga Sehari – hari

Aktivitas olahraga sehari – hari juga bisa dipantau dengan layar belah. Saat menggunakan fitur layar belah tersebut, pengguna bisa melakukan aktivitas olahraga dengan lebih mudah. Jadi, sembari membuka aplikasi tracking, pengguna juga bisa membuka aplikasi video atau pemutar musik.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membelah Layar Samsung

Sejumlah hal perlu diperhatikan ketika akan membelah layar hp Samsung. Ketika memperhatikan semua hal tersebut, semuanya akan jadi lebih mudah. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membelah layar Samsung.

1. Pilihan Aplikasinya

Ketika akan melakukan split screen, perhatikanlah pilihan aplikasinya. Sebab, tidak semua aplikasi android di Samsung bisa dibelah layarnya. Misalnya adalah aplikasi Instagram yang tak bisa dimasukkan ke dalam mode split screen. Kenali dulu mana saja aplikasi yang bisa masuk dan tidak.

2. Pengaturannya

Jika mau berhasil dalam membelah layar Samsung, maka pengaturannya haruslah tepat. Proses pengaturan yang tepat merupakan bagian penting yang harus diperhatikan biar pembelahan layar bisa berhasil. Cobalah untuk melakukan pengaturan secara tepat agar split screen bisa berhasil.

3. Durasi Aktivasi Belah Layar

Perhatikanlah juga durasi aktivasi belah layar atau split screen pada hp Samsung. Perlu dipahami bahwa split screen itu memakan baterai yang banyak. Sehingga, jangan sampai terlalu lama dalam aktifkan split screen tersebut. Sebaiknya durasi waktu jangan lebih dari 2 jam.

4. Daya Baterai

Daya baterai juga perlu diperhatikan dengan baik. Pastikan bahwa daya atau baterai pada hp Samsung yang digunakan itu cukup. Dengan begitu, proses untuk split screen bisa berlangsung lebih lama. Menjalankan 2 aplikasi secara bersamaan itu memang akan cepat menguras daya baterai.

5. Cara Menutupnya

Semua pengguna Samsung yang mau split screen juga harus paham cara menutupnya. Cara menutup dengan baik dan tepat ini memang tak kalah penting. Pastikan untuk memahami bagaimana cara melakukan penutupan ketika sudah selesai layar belah di Samsung.

FAQ | Cara Samsung Layar Belah

Apa manfaat dari membelah layar di Samsung?

Pengguna bisa melakukan multitasking dengan membukan 2 aplikasi dalam waktu yang sama.

Apakah semua hp Samsung bisa aktifkan layar belah?

Tidak semua hp Samsung punya fitur layar belah atau split screen yang bisa digunakan.

Kenapa banyak yang suka fitur layar belah di Hp Samsung?

Karena fitur tersebut mampu meningkatkan produktivitas pekerjaan sehari – hari.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.