Cara Save Microsoft Word dengan Mudah

Beranda » Cara Save Microsoft Word dengan Mudah
Advertisement

Cara save Microsoft Word itu tentu saja mudah dilakukan. Dengan semua cara – cara yang sederhana saja, proses save atau menyimpan dokumen kerja di word bisa mudah dilakukan. Apalagi ada shortcut yang bisa dijalankan untuk langsung save.

Menyimpan lembar kerja di word memang harus diketahui dengan baik dan benar. Kalau mengetahui cara save yang baik, pekerjaan akan semakin mudah. Jadi, pahami terus bagaimana cara save dengan baik. Ini dia cara save Microsoft Word dengan baik dan benar.

Cara Save Microsoft Word dengan Mudah

Cara save file atau dokumen di Microsoft Word bisa dilakukan dengan sangat mudah. Dengan cara save yang tepat dan sesuai, dokumen maupun lembar kerja akan selalu aman. Berikut ini adalah cara untuk save Microsoft Word dengan cara mudah.

1. Cara Save dengan Manual

Cara pertama adalah menyimpan secara manual. Proses untuk menyimpan secara manual memang dapat dilakukan secara langsung. Jadi, tak perlu bingung untuk melakukannya. Berikut ini cara save file atau dokumen di word secara manual.

  • Pastikan file atau dokumen word telah sesuai
  • Klik opsi File di bagian atas word
  • Pilih Save As
  • Pilih Direktori Penyimpanan File
  • Beri nama file atau dokumen
  • Pilih save
  • Dokumen telah tersimpan

2. Cara Save dengan Shortcut

Cara save dengan shortcut juga bisa dilakukan. Ini merupakan metode yang dapat dipilih juga secara mudah. Karena itu selalu pastikan hafal dan paham tentang cara save dengan jalan pintas alias shortcut. Berikut ini adalah cara – caranya.

  • Siapkan dokumen yang mau disimpan
  • Tekan tombol CTRL + S bersamaan
  • Pilih direktori penyimpanan
  • Beri nama file atau dokumen
  • Pilih Save

Kenapa Gagal Menyimpan Microsoft Word?

Kadang banyak orang gagal menyimpan file atau dokumen di Microsoft Word. Kegagalan itu harus diperhatikan penyebabnya. Lalu, kenapa bisa gagal menyimpan dokumen dan file di Microsoft Word? Berikut ini adalah beberapa alasan mengenai kenapa bisa gagal simpan file Word.

1. Ada Kerusakan pada Microsoft Office

Salah satu alasan kenapa bisa gagal menyimpan file atau dokumen di word adalah kerusakan pada Microsoft Office. Kerusakan pada sistem Office memang seringkali terjadi. Kalau Office bermasalah, maka file atau dokumen yang sudah dibuat pada word bisa saja tak tersimpan.

2. Tidak Punya Hak Admin

Tidak bisanya simpan file atau dokumen di word juga dapat disebabkan oleh tidak adanya hak admin. Ketika pakai akun lain di PC atau laptop, maka proses menyimpan file bisa bermasalah. Hal itulah yang menjadi alasan kenapa word tak dapat disimpan.

3. Dokumen yang Muncul Read Only

Ketika dokumen yang mau disimpan itu hanya read only maka file tersebut tak dapat disimpan di word. Seringkali yang dibuka memang adalah file read only. Kalau dokumennya hanya read only, maka sebuah file maupun dokumen tak akan bisa disimpan.

4. Ada Gangguan Virus

Adanya gangguan virus juga yang merupakan alasan mengenai kenapa bisa gagal simpan file Word. Virus di dalam word maupun office itu memang jadi biang keladi dari beragam masalah. Sehingga, harus ada tindakan khusus untuk tidak bermasalah dengan virus.

5. Memori yang Tak Cukup

Kadang tidak bisa menyimpan file atau dokumen di word juga disebabkan oleh memori yang tak cukup. Memori yang tak tersedia di laptop atau PC memang bisa menjadi penyebabnya. Apalagi di dalam file word yang mau disimpan ada tambahan gambar HD. Pastinya butuh ruang yang besar.

Advertisement

6. Microsoft Office Error

Salah satu penyebab lainnya adalah Microsoft Office yang merupakan rumah dari word sedang error. Terjadinya error ini memang bisa berdampak pada proses penyimpanan file. File maupun dokumen yang ada di word bisa saja tak dapat tersimpan akibat masalah pada Office.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Save Microsoft Word

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam aktivitas save Microsoft Word. Kalau mencermati beberapa hal, proses menyimpan akan berlangsung dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau mau save Microsoft Word.

1. Pastikan Mengatur Direktori Folder Penyimpanan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengatur direktori folder penyimpanan. Dengan mengatur direktori penyimpanan secara tepat, file yang disimpan tersebut akan lebih mudah ditemukan. Cari ruang penyimpanan yang mudah dijangkau.

2. Sediakan Memori yang Sesuai

Selalu sediakan memori yang sesuai agar dapat terus menyimpan file. Memang file word yang hanya berisi teks tak akan makan banyak tempat. Namun kalau ada foto dan gambar di dalamnya, file atau dokumen akan jadi lebih besar ukurannya.

3. Berikan Nama yang Tepat

Selalu berikan nama file yang tepat pada dokumen atau file word yang disimpan. Ini adalah hal penting lain yang perlu mendapatkan atensi khusus. Dengan berikan nama yang sesuai dan tepat, pengguna tak akan kesulitan untuk menemukan file tersebut.

4. Atur Auto Save untuk Berjaga – jaga

Aktivasi auto save juga penting. Fitur ini dihadirkan oleh Microsoft untuk berjaga – jaga ketika laptop atua PC mati tiba – tiba. Akan ada mode pemulihan pada file yang belum disimpan tersebut. Sehingga rasa aman akan selalu didapatkan dengan fitur auto save tersebut.

Tips Menyimpan File di Word

Ada sejumlah tips bagus juga untuk menyimpan file di word. Semua tips yang ada tersebut bisa dimanfaatkan secara langsung. Sehingga, perlu adanya perhatian khusus terhadap cara menyimpan file di word. Berikut ini bebebrapa tips yang bisa digunakan untuk simpan file di word.

1. Aktifkan Fitur Auto Save

Salah satu tips menyimpan file di word terbaik adalah selalu mengaktifkan fitur auto save. Jika melakukan aktivasi fitur auto save, semuanya akan jadi lebih aman. Misalnya, dokumen dan file tidak akan hilang isinya kalau PC tiba – tiba mati.

2. Simpan di Folder yang Tepat

Mempersiapkan folder yang tepat untuk menyimpan file di word itu juga sangat penting. Dengan melakukan penyimpanan pada folder yang tepat. Persiapan folder dari awal ini memang penting dalam memudahkan semuanya.

3. Beri Nama yang Sesuai

Berilah nama yang sesuai agar file atau dokumen word yang disimpan mudah untuk dicari. Ketika memberikan nama yang tepat, proses untuk membuka kembali file tersebut akan berlangsung dengan lebih mudah.

FAQ | Cara Save Microsoft Word

Bagaimana cara save Microsoft Word dengan mudah?

Salah satu cara termudahnya adalah menekan tombol CTRL + S bersamaan.

Apakah penting untuk save dokumen di Microsoft Word?

Penting agar semua isi dan konten di dokumen tidak hilang.

Kenapa tidak bisa save Microsoft Word?

Biasanya karena ada masalah pada sistem operasi Microsoft Office.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.