3 Cara Setting Mifi dengan Mudah [Terbaru]

By Kimbrain ID

Advertisement

Layanan internet saat ini bisa dibilang merupakan kebutuhan dasar yang sangat penting kehadirannya, baik untuk menunjang pekerjaan atau sekedar untuk bersenang-senang bermain di dunia maya. Bagi pengguna layanan internet berbasis Mifi pasti memerlukan Cara Setting Mifi. Di sini nanti akan ada tips berupa cara mudah setting Mifi untuk kamu yang membutuhkan.

Namun mungkin masih ada yang belum begitu mengenal Mifi dan bertanya-tanya apa itu Mifi, apa fungsi Mifi dan bagaimana cara menggunakan Mifi. Mifi mungkin masih kurang banyak dikenal karena karena kebanyakan pengguna internet yang berbasis smartphone. Padahal Mifi memiliki kelebihan-kelebihan yang nyaman untuk digunakan dalam akses data internet.

Daripada penasaran akibat ketidaktahuan apa itu Mifi, mari simak ulasan singkat dibawah ini dan semoga bermanfaat.

Apa itu Mifi?

Sebagian kalangan mungkin masih merasa kurang familiar dengan istilah Mifi, dan lebih mengenal istilah modem untuk perangkat jaringan internet yang bisa dibawa kemana-mana atau Wifi yang stay dipasang dirumah atau di kantor. Mifi sebenarnya adalah singkatan atau kependekan kata dari Mobile Wi-Fi yang merupakan perangkat hotspot wifi untuk membagikan layanan data internet.

Layanan internet yang dibagi berasal dari akses data internet yang diperoleh dari jaringan seluler. Sehingga bisa dibilang jaringan internet yang dihasilkan dan kecepatan yang dihasilkan sesuai dengan paket data dan jangkauan jaringan dari provider kartu yang digunakan. Jaringan internet yang dihasilkan tersebut kemudian dapat disebar ke smartphone, laptop dan juga komputer.

Sederhananya Mifi disebut juga modem mobile yang memiliki fungsi agar menghasilkan radiasi hotspot yang bersifat portabel dengan menggunakan jaringan koneksi dari data seluler. Mifi yang sangat mudah untuk dibawa kemana-mana atau istilahnya bisa juga disebut Wifi portabel. Kemudahan dibawa kemana-mana menjadi salah satu kelebihan dari penggunaan Mifi.

Advertisement

Apa Fungsi Mifi?

Penggunaan Mifi bisa dibilang fungsinya kurang lebih sama seperti Wifi Tethering atau fitur Hotspot yang tersedia di smartphone. Namun, tentu ada kelebihan yang dimiliki Mifi untuk ditawarkan kepada penggunanya bila dibanding dengan Wifi Tethering atau Hotspot dari smartphone.

Mifi menawarkan penggunaan jaringan internet untuk dapat dibagi dan digunakan bersama-sama yang lebih aman dan nyaman bila dibanding dengan Hotspot smartphone. Karena Mifi lebih praktis yang memang dibuat untuk berbagi jaringan internet yang tidak mengganggu daya baterai pada perangkat laptop, smartphone maupun komputer.

Pengguna Mifi hanya tinggal memasang kartu sim (simcard) untuk berlangganan internet, pilihan sesuai dengan penawaran dari provider dan bisa dipilih sendiri oleh pengguna bisa harian, bulanan, atau hanya saat diperlukan saja.

Namun sebelum menggunakan Mifi, maka kita perlu mengetahui bagaiman cara setting Mifi yang akan digunakan. Cara setting Mifi yang akan kita bahas kali ini adalah Mifi dari layanan Andromax dari Smartfren yang mungkin dengan layanan Mifi yang lainnya secara umum juga sama.

Cara Setting Mifi

Layanan Mifi yang ditawarkan oleh Andromax dari Smartfren sejauh ini menawarkan 5 serie model Mifi di antaranya M2P, M2S, M2Y, M3Y, dan M3Z dengan berbagai tawaran akses internet dengan kecepatan tinggi. Dari 5 seri model tersebut, model Andromax M3Y dan Andromax M3Z adalah yang paling terbaru.

Pertama saat kamu membeli perangkat Mifi dan sebelum dapat menggunakannya, kamu terlebih dahulu harus melakukan aktivasi atau registrasi. Aktivasi dan registrasi perlu dilakukan agar kartu yang digunakan masih benar untuk dapat digunakan.

Aspek yang perlu diperhatikan dan dilakukan untuk melakukan aktivasi pada dasarnya adalah mengaktivasi nomor yang ada di dalamnya, bukan pada perangkat modem tersebut. Karena perangkat Mifi hanya digunakan sebagai perangkat untuk membagi jaringan internet yang dihasilkan oleh paket data dari provider kartu perdana.

Cara setting Mifi pertama yang dilakukan adalah melakukan aktivasi atau registrasi kartu yang kemudian setelahnya Mifi dapat digunakan. Untuk merubah password atau memilih paket data mungkin kita bahas dilain kesempatan. Kali ini secara spesifik akan kita bahas cara setting Mifi Andromax M3Y dan Andromax M3Z untuk melakukan aktivasinya.

Cara Aktivasi Mifi Andromax M3Y dan Andromax M3Z

Melakukan aktivasi atau konfigurasi Mifi Andromax itu gak sulit kok. Kamu bisa setting melalui perangkat HP ataupun melalui perangkat komputer. Saya sudah tuliskan kedua cara terebut di bawah ini.

Cara Setting Mifi Andromax

Pertama kamu bisa melakukan aktivasi Mifi Andromax melalui perangkat ponsel. Caranya kurang lebih seperti ini:

  1. Masukkan kartu SIM (Subscriber Identity Moduleatau Subscriber Identification Module) / RUIM Smartfren 4G LTE ke perangkat Mifi Andromax yang sudah kamu punya.
  2. Aktifkan atau nyalakan perangkat Mifi dengan cara tekan tombol power sekitar 3
  3. Koneksikan atau sambungkan Mifi dengan smartphone, laptop, tablet atau komputer. Selanjutnya SSID (Service Set Identifier atau pengenal set layanan) dan password dapat dilihat pada box perangkat.
  4. Apabila box Mifi sudah tidak ada, SSID dan password Wifi dapat diperoleh dengan melihat pada sticker label yang ada dibelakang baterai atau bagian belakang Mifi.
  5. Agar memudahkan koneksi selanjutnya, disarankan agar mengubah SSID dan password sesuai keinginan.
  6. Setelah koneksi terhubung, cara mengaktivasi Mifi dapat dilakukan dengan menggunakan PC/laptop maupun smartphone.

Aktivasi Menggunakan PC/Laptop

Cara kedua kamu aktivasi dengan menggunakan perangkat komputer, caranya seperti berikut:

  • Buka browser yang bisa digunakan seperti mozilla firefox atau google chroome.
  • Buka link my.smartfren.com.
  • Isi data dalam kolom dengan data yang valid dan pastikan tidak ada yang terlewat.
  • Bila kartu yang digunakan adalah kartu yang disertakan saat pembelian Mifi, untuk lebih mudahnya dapat memilih metode verifikasi dengan Kode Aktivasi. Kode aktivasi dapat dilihat dibalik perangkat Mifi.
  • Bila membeli kartu baru dapat menggunakan metode PUK ataupun metode Kode Aktivasi. Untuk mlihat kode PUK dapat dilihat dibalik cangkang kartu perdana.

Aktivasi Menggunakan Smartphone Atau Tablet

  • Download aplikasi MyLink yang sesuai dengan Mifi dan OS Smartphone kamu.
  • Kemudian masukkan nomor Smartfren serta kode aktivasi yang ada dibalik perangkat Mifi
  • Ikuti langkah pengisian data identitas diri dengan data yang lengkap serta alamat email yang aktif
  • Setelah aktivasi berhasil, akan ada pesan email yang masuk dan kemudian buka untuk melakukan validasi. Nantinya pihak Smartfren akan mengirimkan juga User ID dan Password yang dapat digunakan pada situs atau aplikasi MySmartfren
  • Jika kamu memiliki perangkat Smartphone Andromax lebih mudah dapat mengaktivasi nomor Smartfren Mifi dengan mengirim SMS registrasi ke nomor 4444. Setelah selesai, kamu harus mendaftarkan alamat email melalui website https://my.smartfren.com/ untuk keperluan akun MySmartfren kamu

Demikian beberapa tips dan cara penggunaan Mifi yang mungkin berguna dan bermanfaat bagi kamu pengguna Mifi.

Advertisement

Tinggalkan komentar

Logo microsoftonline id

Microsoftonline.id adalah Tempat Belajar Microsoft Online Terbaik Indonesia.

Resources

Beranda

Tentang

Kontak

Kontak

Admin@Microsoftonline.id

0896-0896-0097

0821-333-666-46