Cara Share Lokasi di Whatsapp Terbaru dan Realtime

Beranda ยป Cara Share Lokasi di Whatsapp Terbaru dan Realtime
Advertisement

Ketahui cara share lokasi di Whatsapp dengan baik dan tepat. Dengan cara share lokasi yang tepat, pengguna Whatsapp bisa berbagi di mana posisinya terkini. Ini adalah sesuatu yang memang perlu dikuasai dan dipahami oleh para pengguna Whatsapp di luar sana.

Fitur share lokasi di Whatsapp memang jadi salah satu yang paling sering dipakai. Tak dapat dipungkiri kalau fitur atau layanan ini sangat disenangi. Berikut ini adalah cara share lokasi di Whatsapp dengan mudah dan tepat.

Cara Share Lokasi di Whatsapp dengan Mudah

Share lokasi terkini di Whatsapp bisa dilakukan secara mudah. Lewat cara share yang tepat, pengguna bisa berbagi lokasi terkini dengan yang lain. Hal ini perlu mendapatkan perhatian yang lebih buat yang belum paham caranya. Berikut ini cara mudah share lokasi di WA.

1. Buka Whatsapp

Langkah awal adalah membuka aplikasi Whatsapp terlebih dulu. Bukalah aplikasi WA yang ada di smartphone. Pastikan telah terhubung dengan internet biar dapat setting lokasi langsung.

2. Pilih Salah Satu Kontak

Pilih salah satu kontak yang akan dikirimi lokasi terkini. Klik nama kontak yang ada di WA dan langsung mulai percakapan di sana.

3. Pilih Menu Klip

Pada menu chat atau percakapan pilih opsi ikon klip. Letaknya berada di sebelah ikon foto pada menu chat atau percakapan di Whatsapp.

4. Pilih Menu Location

Ketika logo atau ikon klik tersebut dipilih akan muncul beberapa menu pada Whatsapp. Langsung klik atau pilih menu location saja untuk berbagai lokasi terkini.

5. Pilih Send Your Current Location

Di dalam pilihan menu location, langsung pilih opsi send your location. Nantinya kontak yang teman atau kerabat di chat akan mendapatkan informasi terkini dari posisi kita.

6. Current Location Akurat dalam Radius 50 Meter

Perlu dipahami bahwa share lokasi di WA itu mempunyai akurasi yang cukup tinggi. Titik share lokasi mampu menjangkau hingga area 50 meter persegi.

Cara Share Live Location di Whatsapp

Selain share lokasi, pengguna bisa juga share live location. Dengan fitur ini, para pengguna bisa berbagai lokasi terkini bahkan saat smartphone bergerak. Berikut ini cara share live location di Whatsapp dengan mudah dan tak ribet.

1. Buka Whatsapp

Langkah pertama atau awal adalah membuka Whatsapp terlebih dahulu. Buka aplikasi WA di smartpone yang telah terkoneksi dengan internet dari paket data atau wifi.

2. Buka Chat dengan Salah Satu Kontak

Langkah berikutnya adalah membuka chat dengan salah satu kontak yang ada di WA. Kontak yang dipilih bisa teman sendiri atau kerabat.

3. Pilih Menu Klip

Jika telah berada di bagian percakapan atau chat, segera klik menu clip di samping foto. Klik langsung pilihan menu tersebut agar bisa segera share live location.

Advertisement

4. Pilih Menu Location

Setelah memilih menu klip, maka proses berikutnya adalah pilih menu location. Kalau sudah, pilih bagian atas atau menu share live location dengan pilihan durasi yang beragam.

5. Live Location akan Terbaharui

Ketika sudah update live location, lokasi kita akan selalu terbaharui pada chat WA tersebut. Selama tersambung internet, lokasi terkini akan terlihat meski pindah tempat.

6. Pilih End Live Location Jika Sudah Selesai

Pahami juga waktu yang tepat untuk mengakhiri live location. Jika sudah tidak dibutuhkan lagi, ada baiknya untuk mengakhir share live location dengan pencet tombol end live.

Manfaat Fitur Share Lokasi dan Live Location di Whatsapp

Kenalilah manfaat dari fitur share lokasi dan live location di WA. Berbagai manfaat ini memang perlu dipahami secara baik dan benar. Semua fitur tersebut harus dimaksimalkan dengan baik. Berikut ini beberapa manfaat dari fitur share lokasi dan live location yang ada di Whatsapp.

1. Memudahkan Proses Bertemu Orang

Salah satu manfaat fitur share lokasi dan live location di Whatsapp adalah memudahkan proses bertemu orang. Dengan fitur tersebut, ketika ingin bertemu dengan orang akan jadi lebih mudah. Sehingga, manfaatkan saja fitur share lokasi dan live location yang ada di Whatsapp.

2. Melacak Lokasi Teman

Melacak lokasi teman dengan mudah juga jadi manfaat dari fitur share lokasi dan live location yang ada di Whatsapp. Pelacakan ini kadang memang dibutuhkan biar pergerakan teman bisa dilihat dengan amat mudah. Intinya, pelacakan akan jadi semakin mudah dengan fitur tersebut.

3. Memantau Pergerakan Keluarga

Fitur live location dan share lokasi itu juga bermanfaat untuk memantau pergerakan keluarga. Ini adalah tindakan yang bisa dilakukan untuk memberikan keamanan. Rasa aman untuk keluarga tersebut memang akan jadi hal yang paling utama.

4. Bisa Berbagai Informasi Lokasi Secara Realtime

Pengguna juga bisa berbagi informasi lokasi secara realtime. Dengan informasi secara realtime, para pengguna akan dapatkan kemudahan. Sehingga, pelacakan secara realtime dapat dilakukan terus. Hal ini memang amat berguna buat para pengguna WA di luar sana.

FAQ | Cara Share Lokasi di Whatsapp

Apakah share lokasi di Whatsapp itu pasti akurat?

Akurasi dari share lokasi di Whatsappa itu mencapai 90 persen lebih.

Berapa lama durasi share live location di Whatsapp?

Durasi live location di Whatsapp dari 15 menit, 1 jam hingga paling lama 8 jam.

Apakah share lokasi bisa dilakukan tanpa internet?

Share lokasi di WA wajib menggunakan internet untuk bisa terkoneksi.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.