Cara Sortir atau Mengurutkan Data di Excel (Angka, Teks dan Tanggal/Waktu)

Beranda » Cara Sortir atau Mengurutkan Data di Excel (Angka, Teks dan Tanggal/Waktu)
Advertisement

Pahamilah cara sortir atau mengurutkan data di excel (angka, teks dan tanggal/waktu) dengan baik. Melalui cara – cara yang sesuai, proses urutkan data di excel bisa berlangsung dengan lebih mudah. Pastikan pahami urutan cara – caranya.

Penyortiran memang harus diperhatikan secara tepat. Dengan memahami cara sortir yang tepat, segalanya akan berjalan dengan mudah. Berikut ini cara sortir atau mengurutkan data di excel (angka, teks dan tanggal/waktu) dengan baik.

Cara Sortir Data di Excel

Penyortiran data di excel bisa dilakukan secara mudah. Hanya butuhkan beberapa tahap dan langkah sederhana saja untuk melakukannya. Apa saja langkah yang perlu diambil keitka mau sortir data di excel? Ini dia panduan dalam sortir data di excel dengan mudah.

1. Menyortir Angka di Excel

Pertama adalah memahami cara menyortir angka di excel. Proses sortir angka pada excel itu bisa dilakukan dengan mudah. Ini dia cara menyortir atau mengurutkan data berupa angka di excel.

  • Siapkan kolom tambahan pada cell excel
  • Pilih tab data di atas lembar kerjat atau worksheet
  • Pilih sort largest to smallest untuk urutkan angka terbesar ke kecil
  • Pilih sort smallest to largest untuk urutkan angka kecil ke terbesar

2. Menyortir Teks di Excel

Selain data berbasis angka, data berupa teks atau tulisan pun bisa diurutkan. Proses sortir dan urutkan data teks cukup mudah. Berikut ini adalah cara sortir teks melalui excel.

  • Seleksi cell yang berisikan teks yang ingin diurutkan
  • Pilih tab data di atas lembar kerja atau worksheet
  • Pilih perintah sort A to Z atau Sort Z to A
  • Teks akan tersortir sesuai dengan urutan abjad

3. Menyortir Tanggal dan Waktu di Excel

Menyortir tanggal dan waktu di excel juga mudah dilakukan. Melalui proses sortir yang tepat, segalanya akan berjalan dengan mudah. Berikut ini tata cara sortir tanggal dan waktu di excel.

  • Seleksi atau pilih cell yang berisikan data tanggal dan waktu
  • Pilih tab data di bagian atas lembar kerja
  • Pilih sort oldest to newest untuk urutkan waktu lama ke terbaru
  • Pilih sort newest to oldest untuk urutkan waktu terbaru ke lama

Kenapa Perlu Sortir Data di Excel?

Kenapa perlu penyoritan data di excel? Tentu ada sejumlah alasan mengenai hal tersebut. Ketika mampu sortir data secara tepat dan sesuai, semuanya akan berjalan dengan lebih mudah lagi. Berikut ini beberapa alasan tentang kenapa perlu sortir data di excel.

1. Memudahklan dalam Baca Data

Menyortir atau mengurutkan data di excel adalah memudahkan proses membaca data. Dengan proses membaca data yang mudah, segalanya akan berjalan mudah. Pembaca akan benar – benar diuntungkan ketika bisa membaca data dengan mudah.

2. Membuat Data Lebih Mudah Disorot

Membuat data lebih mudah disorot juga jadi alasan tentang kenapa perlu sortir data di excel. Sorotan terhadap data penting ini akan membantu buat para pembacanya. Kemudahan dalam memberikan sorotan ini juga akan selalu jadi nilai plus.

Advertisement

3. Bikin Data Bisa Lebih Berurutan

Membuat data muncul secara berurutan itu juga penting. Ketika bikin data berurutan, semuanya akan lebih mudah dibaca dan dipahami. Dalam laporan data tertentu, penyajian data secara berurutan memang lebih dikedepankan.

4. Supaya Laporan Bisa Dipahami dengan Mudah

Laporan data di excel juga akan lebih mudah dipahami. Ini juga jadi alasan tentang kenapa perlu sortir data di excel. Melalui pemahaman yang sangat mudah tersebut, penyortiran data akan jadi bagian penting dalam aktivitas pelaporan data.

Jenis Data yang Bisa Disortir pada Excel

Pengetahuan mengenai jenis data yang bisa disortir pada excel. Melalui penyortiran data yang sesuai, segalanya akan berlangsung dengan lancar. Pada intinya, semua jenis data bisa disortir dengan mudah. Berikut ini beberapa jenis data yang dapat disortir langsung lewat excel.

1. Data Berupa Teks

Jenis data berupa teks bisa disortir dengan mudah di excel. Lewat penyortiran dengan sangat mudah ini, segalanya pasti akan berlangsung dengan lancar. Semua jenis data dalam bentuk teks memang akan lebih mudah disajikan dalam konsep penyortiran.

2. Data Berupa Angka

Ketahuilah juga jenis data yang dapat disortir langsung lewat excel adalah data angka. Data berupa angka ini memang sangat mudah untuk diurutkan secara langsung. Berbagai macam data numerik bisa diurutkan dari besar ke kecil atau sebaliknya.

3. Data Berupa Tanggal

Data tanggal juga menjadi jenis data yang dapat disortir langsung lewat excel. Jenis data berupa tanggal ini memang bisa langsung diurutkan. Urutan penanggalan berdasarkan waktu paling baru atau paling lama itu juga penting dalam lembar kerja excel.

4. Data Berupa Ukuran Tertentu

Data berupa ukuran tertentu seperti berat dan tinggi juga bisa diurutkan. Ini juga jadi jenis data yang dapat disortir langsung lewat excel secara mudah. Menyortir dalam ukuran berat atau tinggi merupakan sesuatu yang penting untuk diperhatikan terus.

FAQ | Cara Sortir atau Mengurutkan Data di Excel (Angka, Teks dan Tanggal/Waktu)

Apa benefit utama dari mengurutkan data di excel?

Informasi penting bisa disajikan dengan lebih jelas pada laporan excel.

Kenapa pengurutan data di excel bisa gagal?

Penyebab utamanya karena urutan pengaturan tidak sesuai.

Data apa yang paling mudah diurutkan di excel?

Data umur, data angka, hingga data teks bisa diurutkan dengan lebih mudah.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.