Cara TTD di Microsoft Word Ternyata Mudah Banget

Beranda » Cara TTD di Microsoft Word Ternyata Mudah Banget

Cara TTD di Microsoft Word itu pada dasarnya tak sulit. Membuat TTD atau tanda tangan di Microsoft Word itu mudah sebenarnya. Lewat penambahan tanda tangan yang sederhana, sebuah lembar kerja akan lengkap dengan TTD yang dibuat langsung dengan tangan.

Mungkin masih banyak yang kebingungan dalam menyisipkan tanda tangan digital ke word. Padahal, pengetahuan tersebut memang cukup krusial. Berikut ini adalah panduan tentang cara TTD di sebuah lembar kerja Microsoft Word.

Tata Cara TTD di Microsoft Word

Cara bikin TTD atau tanda tangan di Microsoft Word itu sebenarnya sangat mudah. Dengan cara – cara yang begitu sederhana saja, pemberian atau penambahan tanda tangan bisa dilakukan. Berikut ini adalah tata cara TTD di Microsoft Word dengan mudah.

1. Buka Lembar Kerja Word

Langkah pertama adalah membuka lembar kerja yang ingin ditambahi tanda tangan. Pastikan file atau dokumen telah terisi secara sempurna.

2. Pilih Opsi Insert

Jika dokumen telah terbuka, maka langsung klik opsi insert dan lanjutkan dengan pilih opsi signatur line. Nantinya di sana ada box pengaturan yang perlu diisi.

3. Masukkan Tanda Tangan

Dalam box pengaturan itu, pengguna bisa upload tanda tangan beserta keterangan nama maupun jabatan. Pastikan semua informasi yang diperlukan itu diisi secara lengkap.

4. Atur Penandatanganan

Langkah terakhir adalah menaruh tanda tangan di tempat yang sesuai. Langsung pilih menu insert signature line dan atur tanda tangan di posisi yang sesuai.

Cara TTD di Word dengan Foto

Metode lain yang bisa dicoba adalah memanfaatkan foto. Foto tanda tangan bisa ditambahkan ke lembar kerja word langsung. Jadi, selalu perhatikan semua cara untuk tambahkan TTD dengan foto. Ini dia penjelasan mengenai tata cara tambahkan TTD memanfaatkan foto.

1. Bikin Tanda Tangan di Kertas Putih

Langkah awal adalah membikin tanda tangan di kertas putih. Buatlah tanda tangan yang jelas dan tebal agar tanda tangan di kertas putih itu.

2. Foto Tanda Tangan Tersebut

Langkah selanjutnya adalah memotret atau memfoto kertas putih yang sudah dibubuhi tanda tangan tersebut. Pastikan foto dengan cahaya yang tepat supaya terlihat jelas.

3. Insert Foto ke File Word

Ketika sudah foto kertas putih dengan tanda tangan, saatnya untuk membuka lembar kerja word. Saat telah membuka lembar kerja word, langsung insert foto tadi ke file word.

4. Atur Foto Tersebut Hingga Jadi TTD Digital

Setelah terpasang di dokumen word, tinggal atur posisi tanda tangan tersebut. Kemudian hilangkan background kertas putih di tanda tangan tersebut. TTD digital di word dari foto siap dipakai.

Cara TTD di Word dengan Bantuan Aplikasi

Aplikasi khusus juga bisa dipakai untuk membuat TTD di lembar kerja word. Salah satu contoh aplikasi yang bisa dipakai adalah Docksketch. Aplikasi tersebut layak diandalkan untuk bikin tanda tangan digital. Berikut ini panduan untuk bikin TTD di word pakai Docksketch.

1. Datangi Situs Docksketch

Pertama – tama datangilah dulu situs Docksketch. Kalau sudah berada di sana, lakukan login menggunakan email atau medsos. Pastikan benar – benar sudah masuk ke situs tersebut.

2. Pilih Menu Draw Signature

Kalau sudah bisa masuk ke Docksketch, maka langsung saja cari menu draw signature. Di sana, langsung saja gambar tanda tangan yang dibuat. Gambar sesuai dengan TTD yang biasa dibuat.

3. Download Hasil Tanda Tangan

Kalau sudah membuat tanda tangan, maka proses berikutnya adalah download hasil tanda tangan di Docksketch. Pastikan bahwa file tersebut terunduh dengan sempurna.

4. Insert Tanda Tangan ke Word

Jika sudah terunduh, maka langsung buka saja lembar kerja word. Kalau sudah buka lembar kerja word, maka insert langsung tanda tangan ke lembar kerjanya.

5. Atur Tanda Tangan di Word

Setelah terpasang ke lembar kerja, tanda tangan bisa diatur besar kecilnya. Penempatannya juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

Tips Membuat TTD di Microsoft Word

Ada sejumlah tips dalam membuat TTD di Microsoft Word. Sejumlah tips tersebut bisa dipakai untuk memudahkan proses pembuatan TTD di word. Semua tips yang ada bisa dilakukan langsung. Berikut ini adalah sejumlah tips dalam memudahkan proses buat TTD di Microsoft Word.

1. Usahakan Tanda Tangan Sama

Tips yang pertama adalah selalu mengusahakan agar tanda tangan sama dengan yang dibuat secara langsung. Kesamaan tanda tangan memang jadi hal yang amat krusial. Jangan sampai bentuknya berbeda dengan versi yang asli.

2. Jangan Terlalu Banyak Editing

Jangan terlalu banyak dalam melakukan editing pada tanda tangan digital. Tanda tangan yang dibuat dan diatur pada versi digital tak perlu mendapatkan tambahan apapun. Upayakan semuanya terlihat alami tanpa editing yang mencolok.

3. Ikuti Prosedur yang Ada dengan Baik

Ikutilah prosedur yang ada dalam membuat tanda tangan. Segala macam prosedurnya harus dicermati dengan baik dari awal sampai akhir. Kalau prosedurnya tepat, maka pembuatan TTD ke lembar kerja word akan berhasil.

FAQ | Cara TTD di Microsoft Word

Apakah sulit untuk membuat TTD di Microsoft Word?

Tidak sulit karena ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk bikin TTD yang bagus di word.

Bisakah membuat TTD dengan aplikasi pihak ketiga?

Bisa. Ada situs atau aplikasi yang bisa digunakan untuk bikin TTD di lembar kerja word.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.