Cara Update One UI Samsung Versi 6.0 [Mudah]

Beranda » Cara Update One UI Samsung Versi 6.0 [Mudah]
Advertisement

Yuk pahami tentang bagaimana cara update One UI Samsung versi 6.0 secara lengkap, juga dijamin gampang mudah dipahami.

Kamu sebagai pengguna Samsung, tentu saja direkomendasikan untuk melakukan update sistem UI secara berkala. Degan begitu, maka kamu akan mendapatkan keuntungan dari fitur UI yang dikembangkan langsung oleh Samsung. Untuk tahu kelengkapannya bagaimana, yuk simak segera.

Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Update One UI Samsung Jadi Versi 6.0

Sebelum melakukan update ke versi 6.0, yakni versi paling terbaru. Maka kamu sebagai pengguna harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu, hal ini dilakukan agar proses pengupdatean dapat dilakukan lebih gampang. Lebih lancar.

Pastikan persiapannya dilakukan dengan baik, agar proses update UI berhasil dan tidak gagal di tengah jalan. Apa saja persiapan tersebut?

1. Melakukan Backup Data

Hal pertama yang wajib dilakukan, adalah dengan melakukan pencadangan pada data yang kamu simpan di dalam HP. Mulai dari mencadangkan foto, pesan, kontak, hingga video dan beberapa dokumen lainnya.

Hal tersebut akan membantu kamu terhindar dari kehilangan data penting selama proses pembaruan dilakukan. Backup data dapat dilakukan dengan menggunakan PC, atau laptop hingga menggunakan kartu memori.

2. Memeriksa Status Baterai

Pastikan agar baterai perangkat Samsung kamu mencukupi untuk melakukan proses pembaruan. Hal ini diharuskan agar selama proses pembaruan tidak mati di tengah jalan, dan tentu saja proses pembaruan bisa selesai sampai berhasil.

Disarankan agar perangkat Samsung kamu memiliki baterai setidaknya 50%, atau isi terlebih dahulu baterai sebelum proses update dilakukan.

3. Memeriksa Jaringan Internet

Pastikan perangkat Samsung sudah terhubung dengan jaringan internet Wifi atau bahkan data seluler secara stabil.

Namun disarankan agar proses pembaruan ini menggunakan jaringan Wifi, karena biasanya akan lebih efisien. Namun jika tidak ada, penggunaan data seluler juga tidak jadi masalah. Karena yang terpenting adalah jaringannya kencang dan tidak lemot.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum mengaplikasikan serta memahami bagaimana cara update One UI Samsung. Pastikan agar semuanya disiapkan secara sempurna, agar proses pembaruannya bisa selesai dan sukses.

Cara Update One UI Samsung Menjadi Versi 6.0

Jika semua persiapan sebelumnya sudah dilakukan secara sempurna, secara tepat dan tentu saja tidak ada kekurangan. Maka kamu bisa langsung memahami beberapa langkah serta proses pembaruannya secara lengkap di bawah ini.

1. Aktifkan Perangkat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan perangkat sudah benar-benar aktif dan sudah benar-benar dalam keadaan siap untuk update.

2. Buka Settings

Untuk melanjutkan, maka kamu bisa membuka menu Settings atau langsung buka menu Pengaturan seperti biasa.

3. Cari Menu Perangkat

Geser menu Settings untuk dapat mencari sub menu Perangkat, dan disini kamu akan mengakses Pengaturan Perangkat.

4. Pilih Perangkat Lunak

Selanjutnya, jika perintah tersebut sudah dilakukan. Maka bisa langsung pilih keterangan Perangkat Lunak, dari daftar pilihan menu yang disediakan.

5. Pilih Pembaruan Perangkat Lunak

Jika sudah, maka kamu pun akan menemukan tampilan baru. Untuk lanjut ke prosedur selanjutnya, bisa langsung pilih opsi Pembaruan Perangkat Lunak.

6. Periksa Pembaruan

Sistem perangkat Samsung akan langsung mulai memeriksa pembaruan perangkat lunak yang sudah tersedia.

Jika memang sudah tersedia diupdate ke One UI versi 6.0, kemudian Androidnya sudah versi 14. Maka kamu akan melihat pemberitahuan keterangan untuk pembaruan. Klik keterangan tersebut, dan proses unduh sistem akan dimulai.

7. Download dan Pasang

Setelah Samsung terhubung dengan jaringan internet, lalu proses download sedang berlangsung. Maka kamu harus menunggu beberapa waktu, pun proses ini bergantung dari seberapa kencang jaringan internet yang terhubung

Advertisement

Pastikan untuk terus terhubung dengan jaringan internet, baik itu wifi atau bahkan data seluler. Dan pastikan agar baterai HP kamu mencukupi untuk proses ini.

8. Pasang

Pasang disini maksudnya adalah melakukan install. Proses ini bisa dilakukan setelah proses download atau sistem terunduh selesai.

Maka dengan begitu, perangkat Samsung akan meminta kamu untuk melakukan pemasangan sistem pembaruan One UINya.

Untuk melakukan pemasangan, bisa langsung klik Install pada layar HP Samsung secara langsung.

9. Tunggu Proses dan Reboot

Jika sistem sudah berhasil melakukan proses install, maka HP Samsung akan otomatis melakukan reboot atau restart. Hal ini penting, pun menjadi salah satu dari proses update One UI ke versi 6.0.

10. Selesai

Setelah perangkat Samsung hidup dan menyala kembali, maka kamu sudah dipastikan menggunakan Samsung dengan One UI versi 6.0.

Dengan mengaplikasikan cara update One UI Samsung di atas. Maka secara langsung kamu akan mendapatkan banyak fitur baru. Serta akan mendapatkan peningkatan kinerja yang akan meningkatkan pengalaman pengguna.

Fitur Baru Setelah Update One UI Samsung Versi 6.0

Nah, bagaimana? Cara update One UI Samsung dengan panduan di atas sangat mudah dan gampang dipahami bukan?

Dengan memahaminya, jelas tidak sia-sia. Karena kamu akan menikmati dan akan menggunakan banyak fitur menguntungkan. Apa saja fitur tersebut?

1. Pengaturan Cepat Baru

Maksudnya adalah Panel Pengaturan Cepat. Jadi sistem dan tampilannya sudah diubah, menjadi lebih sederhana.

Terdapat tombol Wifi dan juga Bluetooth dibagian atas. Selain itu, kamu juga dapat menemukan fitur visual seperti Mode Gelap serta Perlindungan Mata dibagian bawahnya.

2. Jam Layar Kunci Disesuaikan

Kini kamu dapat memindahkan jam pada layar kunci ke posisi yang diinginkan. Mengatur layar kunci yang berbeda dengan wallpaper, serta gaya jamnya sendiri dapat diatur sesuai keinginan.

Ketika kamu mulai mengatur layar kunci dengan mode aktif atau live. Maka kamu pun dapat mengatur tampilan layar kunci sekaligus. Yang lebih berbeda dan tentu saja lebih fresh.

3. Widget Cuaca Lebih Baru

Ya, kamu akan mendapatkan informasi tentang kondisi cuaca lebih lengkap. Terasuk dengan prakiraan adanya hujan salju. Atau bahkan badai petir.

Selain itu, akan ada informasi lengkap pada sistem Aplikasi Cuaca. Seperti dapat menampilkan informasi cuara salju, hingga tekanan atmosfer dan jarak pandang.

4. Stiker dan Samsung Internet

Sekarang kamu sebagai pengguna Samsung bisa menyimpan gambar yang dipotong, kemudian menjadikannya sebagai stiker.

Tambahannya, saat menggunakan internet di layar besar seperti tablet dengan mode landscape. Maka akan ditampilkan dalam 2 kolom. Sehingga kamu dapat melihat lebih banyak tab pada layarnya secara bersamaan.

5. Widget dan Peningkatan Pada Kamera

Sebagai pengguna, setelah update One UI Samsung menjadi versi 6.0. Maka akan mendapatkan mode kamera tertentu.

Terdapat peningkatan kamera dengan sistem grid, akses lebih mudah pada settings resolusi, hingga menu untuk menggunakan efek tertentu.

Selain beberapa fitur baru di atas, dari update ini kamu pun akan mendapatkan fitur Bixby Text Call. Saran Cerdas, Finder, Pengingat, hingga pembaruan baterai dan keamanan.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Update One UI Samsung

Apakah Panduan di Atas Berlaku untuk Semua Tipe Samsung?

Tidak, hanya berlaku untuk Samsung Android 14 saja.

Apa yang Terjadi Jika Jaringan Internet Terhubung Lemot?

Bisa saja proses pembaruan akan memakan waktu lama, dan kamu harus lebih sabar.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.