8 Ciri-Ciri iPhone Refurbish yang Perlu Kamu Tahu

Ada ciri – ciri iPhone refurbish yang perlu dipahami para pengguna. Semua ciri utama dari iPhone refurbish itu memang harus diketahui biar tak tertipu saat pembelian. Tentu kita tak ingin membeli iPhone yang ternyata refurbish alias barang reject. Itulah kenapa perlu diperhatikan ciri-cirinya.

Di pasaran memang banyak yang menjual barang refurbish atau reject. Kadang ada yang jujur menjelaskan kalau iPhone yang dijual itu refurbish. Namun ada pula penjual nakal yang tak menjelaskannya. Biar aman, kenali ciri-ciri dari iPhone refurbish seperti di bawah ini.

1. Harga yang Lebih Murah

Salah satu ciri dari iPhone refurbish adalah harganya yang lebih murah. Pada umumnya harga iPhone refurbish itu memang lebih murah. Selisihnya bisa mencapai Rp 1 juta hingga Rp 5 juta. Harga yang lebih murah memang akan selalu dicari oleh konsumen yang terkendala dengan dana.

Pasar dari iPhone refurbish memang orang yang ingin memiliki iPhone tapi tidak punya cukup dana. Opsinya memang bisa melakukan pembelian kepada produk iPhone refurbish. Harga yang lebih terjangkau pasti lebih aman di kantong masyarakat Indonesia yang pendapatannya rendah.

2. Garansi Hanya dalam Hitungan Bulan Saja

Pada umumnya juga, iPhone refurbish hanya diberikan garansi dalam hitungan bulan saja. Ini tentunya berbeda dengan iPhone baru yang dapatkan garansi satu tahun penuh. Garansi yang hanya hitungan bulan ini memang ciri yang bisa dilihat dengan sangat mudah.

Produk iPhone refurbish memang tak dijamin hingga 1 tahun layaknya iPhone baru yang resmi. Namun, garansi iPhone refurbish itu juga bisa dikatakan resmi karena diberikan oleh pihak Apple. Jadi, kalau alami kerusakan, pembeli iPhone refurbish bisa meminta ganti.

3. Box atau Kemasannya Berbeda dengan iPhone Baru

Refurbish bukan berarti palsu. Pihak Apple pun mengeluarkan iPhone versi refurbish secara resmi. Namun, Apple memberi pembeda pada box iPhone refurbish yang dijual di pasaran. Perbedaan dari sisi kemasan memang jadi hal yang dilakukan oleh pihak Apple.

Perbedaan kemasan ini memang jadi sesuatu yang perlu diperhatikan. Kalau ada kemasan yang berbeda, konsumen bisa lebih mudah dalam menjatuhkan pilihan. Karenanya, selalu perhatikan kemasan pada produk iPhone yang dijual untuk menentukan jenisnya.

4. Ada Keterangan Resmi dalam Box

Terdapat keterangan resmi dalam box iPhone refurbish. Keterangan tersebut biasanya diberikan oleh pihak Apple sebagai sebuah transparasi kalau iPhone yang dijual itu tidak berada dalam kondisi yang sempurna. Lewat keterangan resmi yang ada tersebut, konsumen bisa mudah membedakan.

Pada box kemasan itu memang terdapat informasi yang jelas mengenai status iPhone yang dijual. Kalau memang yang dijual adalah produk iPhone refurbish, maka akan ada keterangan yang muncul di dalamnya. Keterangan itulah yang dijadikan sebagai pedoman dan patokan utama.

5. Masih Ada Garansi Ketika Dicek

Kembali lagi diingatkan bahwa iPhone refurbish itu adalah produk asli namun mempunyai kekurangan. Jadi, semua fitur masih tersedia termasuk garansi. Bahkan, ada garansi yang masih aktif. Garansi yang berlaku itu bisa dikeluarkan secara resmi oleh Apple maupun pihak distributor.

Nomor garansi yang tertera bisa diperiksa pada situs Apple. Itu menunjukkan fakta lain kalau memang iPhone refurbish itu masih mendapatkan jaminan dari pihak Apple. Jadi, meski terbilang barang reject, iPhone masih mau memberikan garansi ketika ada kerusakan.

6. Tidak Dijual di Store Resmi Apple

Ciri berikutnya dari iPhone refurbish adalah tidak dijual pada store resmi Apple. Biasanya, iPhone refurbish itu dijual pada distributor atau toko penjual smartphone yang tak bekerja sama dengan Apple. Kebanyakan iPhone refurbish itu dijual pada toko distributor non resmi.

Store resmi Apple hanya menjual produk – produk berkualitas. Sehingga, produk iPhone refurbish yang notabene adalah produk yang tak sempurna tak bakal bisa dilihat pada Apple Store resmi. Ciri ini pastinya juga bisa diidentifikasi dengan mudah oleh para konsumen.

7. Produknya Dijual Secara Online di Berbagai Marketplace

Ciri lainnya adalah produknya lebih sering dijumpai di marketplace online. Keberadaan iPhone refurbish itu memang lebih sering muncul di toko online, khususnya marketplace. Jangan heran kalau iPhone refurbish bisa mudah ditemui di Shopee, Tokopedia hingga Lazada.

Marketplace memang jadi pasar utama dari iPhone refurbish. Banyak distributor yang memang menjual iPhone refurbish ke marketplace karena lebih mudah terjual. Tak heran kalau jumlah produk iPhone refurbish yang dipajang di berbagai marketplace itu sangat banyak.

8. Aksesoris Tambahan yang Tidak Ori

Produk iPhone refurbish itu biasanya dijual dengan tambahan aksesoris. Namun, aksesoris yang ditambahkan dalam satu set penjualan tersebut tidaklah ori. Kalau ada aksesoris tambahan yang tak ori, maka bisa dipastikan bahwa itu adalah produk iPhone refurbish.

Biasanya, pihak distributor yang menyertakan aksesoris tak original tersebut dalam paket penjualan. Tujuan utamanya tentu untuk menarik lebih banyak konsumen. Cara ini terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan dari iPhone refurbish. Sebab, konsumen memang senang dengan bonus.

FAQ | Ciri-Ciri iPhone Refurbish

Apakah iPhone refurbish tetap bisa dipakai?

Produk iPhone refurbish tetap bisa dipakai seperti normalnya smartphone lainnya.

Amankan menggunakan iPhone refurbish?

Jika pakai iPhone refurbish yang sudah disortir, penggunaan pasti aman.

Kenapa iPhone refurbish tetap diperjualbelikan?

Karena hanya ada kerusakan minor di dalamnya dan produknya masih dipakai secara normal.

Apakah iPhone refurbish harganya lebih murah?

Dibandingkan dengan produk iPhone keluaran terbaru, iPhone refurbish memang lebih murah.

Tinggalkan komentar