10 Contoh Conditional Formatting dengan Rumus Excel

Ada 10 contoh conditional formatting dengan rumus excel yang tepat. Dengan memanfaatkan rumus excel yang sesuai dan tepat, proses untuk melakukan conditional formatting bisa berlangsung dengan lancar. Oleh sebab itu, perhatikanlah contoh conditional formatting pakai rumus excel.

Confitional formatting memang sudah biasa digunakan dan dimanfaatkan dalam penyusunan laporan excel. Dengan shortcut dan pengaturan sederhana, conditional formatting bisa dijalankan dengan mudah. Berikut ini 10 contoh conditional formatting dengan rumus excel.

1. Menandai Baris Kolom yang Sama

Salah satu contoh conditional formatting dengan rumus excel adalah menandai baris dan kolom yang sama pada sebuah sajian data. Penandaan baris dan kolom ini sering ditambahkan untuk memberikan penekanan tertentu terhadap informasi atau data yang dianggap penting.

Pada conditional formatting ini, rumus utamanya adalah =$B3=$C3. Dalam hal ini, B3 dan juga C3 adalah kolom yang berisikan data yang diperbandingkan.

2. Menandai Baris dengan 2 Kriteria

Menandai baris dengan 2 kriteria juga merupakan contoh conditional formatting dengan rumus excel yang bisa diterapkan sehari – hari. Penandaan baris dengan 2 kriteria yang berbeda ini memang bisa dimanfaatkan dan difungsikan langsung oleh pembuat laporan excel.

Rumus yang bisa dipakai adalah =AND($D3=”Judul Cell”;$G3>Nominal Angka Tertentu). Lewat rumus ini, penandaan terhadap baris di excel bisa langsung dilakukan.

3. Membuat Kolom Selang Seling

Contoh lain dari conditional formatting adalah membuat kolom selang seling di lembar kerja excel. Ini adalah salah satu conditional formatting yang bisa dibuat dengan rumus yang sederhana. Karenanya, pahamilah terus bagaimana membuat kolom selang – seling secara otomatis.

Rumus yang digunakan untuk membuat kolom selang seling adalah =MOD(COLUMN();2)=0. Ketika tuliskan rumus tersebut, kolom akan jadi selang seling.

4. Membuat Baris Selang Seling

Selain bikin kolom selang seling, conditional formatting juga bisa dipakai untuk membuat baris selang seling. Ketika membuat baris selang seling secara tepat, lembar kerja excel akan bisa diatur dengan sangat mudah. Karenanya, pahamilah cara pembuatannya dengan rumus yang sesuai.

Jika mau melakukan penandaan baris dengan 2 kriteria, maka rumus excel yang digunakan adalah =MOD(ROW();2)=1. Rumus tersebut bisa dipakai langsung untuk hasilkan penandaan baris dengan 2 kriteria.

5. Mewarnai Cell Berdasarkan Nilai Cell Tunggal

Contoh berikutnya dari conditional formatting adalah mewarnai cell berdasarkan nilai cell tunggal. Pemberian warna ini bisa menggunakan formula conditional formatting yang amat mudah. Karena itu, cermati bagaimana cara memberikan warna pada cell dengan nilai cell tunggal.

Ketika ingin berikan warna terhadap cell berdasar nilai cell tunggal, maka rumus yang bisa digunakan adalah =D4=$E$1. Dalam hal ini, D$ bisa disesuaikan dengan nilai cell yang ingin dicari.

6. Mewarnai Cell Berdasarkan Nilai Sebuah Range Cell

Berikutnya adalah mewarnai cell berdasarkan nilai dari sebuah range yang ditetapkan. Ini juga jadi contoh nyata dari conditional formatting dalam excel. Dengan pemberian warna cell yang tepat sesuai range, data yang dibuat akan semakin bagus dan rapi.

Rumus yang dipakai adalah COUNTIF. Misalnya adalah =COUNTIF($E$1:$H$1;D4)>0. Rumus tersebut bisa langsung hasilkan pewarnaan pada cell berdasarkan nilai range cell.

7. Mewarnai Baris Berdasarkan Nilai Cell yang Sebaris

Mewarnai baris berdasarkan nilai cell yang sebaris itu juga perlu diperhatikan. Dengan rumus conditional formatting yang sesuai, pewarnaan baris berdasarkan nilai tertentu akan berlangsung dengan lancar. Sehingga, gunakanlah rumus yang tepat untuk mewarnai baris.

Rumus yang dapat dipakai pada proses pewarnaan ini adalah =$H4=$E$1. Dalam hal ini, H2 bisa diganti dengan cell lain sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

8. Menandai Cell yang Nilainya Tidak Terdapat pada Kolom Lain

Menandai cell yang nilainya tak terdapat pada kolom lain juga merupakan rumus excel dengan conditional formatting. Penandaan cell memang bisa menggunakan konsep conditional formatting. Untuk itu, pastikan lakukan penandaan dengan formula yang paling tepat.

Rumus untuk menandai cell ini adalah =COUNTIF($D$3:$D$8;B3)=0. Rumus ini pasti bisa langsung hasilkan penandaan yang tepat sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

9. Menandai Baris Kolom yang Berbeda

Melakukan penandaan pada baris kolom yang berbeda juga jadi contoh lain dari conditional formatting yang bisa dilakukan dengan rumus excel. Pemakaian rumus yang tepat akan membuat pengguna bisa menandai baris kolom yang berbeda secara mudah.

Penandaan cell ini mempunyai rumus sederhana yakni =$B3=$C3. Rumus tersebut bisa langsung difungsikan untuk mememberi tanda khusus pada nilai cell yang terdapat pada kolom lain.

10. Mewarnai Baris yang Punya Nilai Tertentu

Memberikan warna pada baris yang punya nilai tertentu juga bisa dilakukan. Ini adalah contoh lainnya dari conditional formatting yang ada pada excel. Dengan pewarnaan baris yang sesuai, segalanya akan jadi lebih mudah dan cepat.

Pada proses pewarnaan baris ini, rumus yang bisa dipakai kurang lebih sama dengan ketika akan mewarnai baris yang berdasarkan nilai cell yang sebaris. Misalnya adalah =$H4=$E$1. Rumus tersebut bisa langsung dipakai untuk perintah pewarnaan.

FAQ | Contoh Conditional Formatting dengan Rumus Excel

Kenapa fitur conditional formatting itu penting?

Supaya bisa memudahkan proses pengaturan pada cell yang ada di lembar kerja excel.

Seberapa penting pelajari conditional formatting?

Jika ingin bergelut secara professional dalam dunia excel, maka conditional formatting ini amat penting.

Apa benefit utama dari conditional formatting dengan rumus excel?

Memudahkan pengurutan hingga pemberian warna pada cell tertentu yang ada di excel.

Tinggalkan komentar