Panduan Cut, Copy, Paste di Excel dengan Mudah & Cepat

Advertisement

Activities menulis atau input data di semua program Microsoft yang paling sering dilakukan adalah cut, copy dan paste, salah satunya di Excel. Maksudnya adalah aktivitas menduplikasi dan menempelkan data di tempat berbeda.

Panduan cut, copy, paste di Excel berikut ini akan menampilkan cara yang paling mudah. Terlebih di Microsoft Excel yang berisi data dengan rumus kerap kali tidak bisa di duplikasi. Untuk itu, berikut ini pembahasan nya:

Apa Itu Cut, Copy dan Paste?

Cut dan Copy adalah salah satu fitur yang hampir mirip tetapi keduanya sangat berbeda. Cut adalah salah satu cara untuk memotong data atau objek dan dipindahkan ke tempat lain.

Misalnya ketika Kamu ingin memotong angkadi cell 1 dan dipindahkan ke cell 4, maka data yang adadi cell 1 akan hilang dan berpindah ke cell 4 tadi. Sedangkan copy adalah aktifitas menduplikasi.

Maksudnya adalah data yang Kamu dupllikasi dari cell 1 ke cell 4 akan mengganda bukan hilang seperti aktifitas cut. Sedangkan paste merupakan cara untuk menempelkan objek yang dipotong atau diduplikasi.

Untuk lebih mudah memahami panduan cut, copy, paste di Ecxel secara cepat simak artikel berikut ini:

Panduan Cut, Copy, Paste di Excel

Pada Microsoft Excel, ada banyak yang bisa Kamu lakukan dengan aktifitas cut, copy dan paste. Terutama pada data, rumus, cell hingga kolom. Namun, berikut ini adalah tutorial cara memindahkan data dari cell 1 ke cell lainnya.

1. Cara Cut di Excel dengan Clipboard

Picture1 7

Pertama adalah panduan cut di Excel dengan menggunakan tombol yang ada di clipboard. Kemudian silakan pilih bagian data atau range yang ingin dicut dan dipindahkan ke tempat lain

Arahkan kursor ke Clipboard dan pilih menu cut. Setelah itu, geser kursor ke cell atau tempat untuk memindahkan data tadi. Kemudian klik paste yang terletak di antara menu clipboard tersebut.

2. Cara Cut di Excel dengan Shortcut

Selain menggunakan menu pada clipboard, Kamu juga bisa memanfaatan tombol shortcut untuk memotong data atau range dengan cepat, yaitu dengan shortcut. Caranya adalah block bagian yang ingin dipotong.

Kemudian tekan tombol Ctrl + X yang ada di keyboard Kamu. Setelah itu, untuk menempelkan datanya, tekan tombol Ctrl + V dan data telah berpindah ke tempat yang diinginkan.

Baca juga:

3. Cara Cut Menggunakan Kursor

Cara selanjutnya yang cukup mudah untuk memotong data atau range adalah menggunakan mouse atau kursor. Pertama block bagian cell yang ingin dipotong dengan kursor.

Kemudian arahkan kursor ke bagian pinggir cell sehingga pointer akan berubah menjadi bentuk panah empat arah. Selanjutnya tahan pointer dan arahkan ke cell yang baru dan lepaskan, maka otomatis data sudah berpindah.

4. Cara Copy Paste di Excel dengan Clipboard

Picture2 8

Selayaknya fitur cut di Excel, cara mengcopy cell maupun data di Excel bisa dilakukan dengan tombol yang tersedia di clipboard. Caranya adalah block bagian yang ingin dicopy.

Selanjutnya pilih tombol copy yang telah tersedia di menu clipboard dan tekan paste di tempat berbeda. Maka, cell yang ingi Kamu gandakan sudah terduplikasi.

5. Cara Copy Paste Menggunakan Shortcut

Picture3 8

Pada dasarnya setiap tombol di keyborad bisa dimanfaatkan selayaknya fitur tersembunyi. Begitu pula untuk mengcopy paste data di Excel. Caranya adalah Kamu hanya perlu memblock bagian yang ingin diduplikasi.

Kemudian tekan shortcut Ctrl + C lalu arahkan kursor ke tempat data ingin didupilkasi dan klik tombol Ctrl + V. Maka, file tersebut sudah berhasil diduplikasi di tempat berbeda.

6. Cara Copy Paste Menggunakan Kursor

Berikutnya adalah cara copy paste data menggunakan kursor. Untuk cara ini sedikit berbeda dengan cut. Kamu perlu memilih terlebih dahulu range yang ingin diduplikasi.

Kemudian klik Ctrl dan tahan dengan tangan kiri, sembari tangan kanan mengarahkan kursor ke pinggir cel hingga berubah menjadi tanda +. Setelah itu, klik kiri dan seret kursor ke cell yang diinginkan.

Cut, Copy, Paste Rumus di Excel

Pernahkan Kamu menggandakan atau memotong kolom yang berisikan rumus di Excel namun yang terjadi justru berubah menjadi tanda pagar (###)? Jika benar, artinya yang dilakukan masih salah.

Oleh karena itu, berikut ini panduan cut, copy, paste di Excel beserta rumusnya dan dapat dilakukan dengan mudah.

1. Masukkan Rumus

Langkah pertama untuk mengcopy data yang berbeda namun memiliki rumus sama adalah Kamu perlu memasukkan rumusnya terlebih dahulu di cell pertama. Misalnya untuk penjumlahan bisa menggunakan =SUM(A4…) dan seterusnya.

2. Pilih Cell

Kemudian setelah data pada cell pertama terisi menggunakan rumus, selanjutnya arahkan kursor ke bagian pojok kanan bawah cell. Tunggu hingga pointer berubah menjadi tanda +.

3. Copy Cell

Apabila pointer sudah berubah menjadi tanda +, maka klik kiri dan arahkan pointer ke bawah sampai cell terakhir yang ingin diisi duplikasi rumusnya. Setelah itu, lepaskan dan data di cell akan terisi beserta rumusnya.

Cara Menduplikasi Range Menjadi Gambar

Selain menduplikasi data dari range satu ke lainnya, Kamu juga bisa mengcopy cell tapi ditempelkan dalam bentuk gambar. Terlebih jika data yang kamu butuhkan di Excel akan dipindahkan ke file Word. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Pilih Cell

Cara yang pertama adalah Kamu tekan atau block bagian cell yang ingin dicopy menggunakan kursor.

Advertisement

2. Pilih Copy

Perbedaannya ada di sini, yaitu jika umumnya cukup klik tombol copy, maka untuk menduplikasi menjadi gambar silakan pilih tanda panah kecil ke bawah di menu copy. Kemudian pilih opsi copy as picture.

3. Klik Paste

Terakhir arahkan kursor ke cell atau tempat yang ingin diberi duplikasi berupa gambar tadi dan klik tombol paste.

Baca Juga: Bagian Microsoft Excel Paling Central

Cara Memindahkan dan Menduplikasi Rumus ke Cell Lain

Penjelasan di atas merupakan panduan cara cut, copy, paste di Excel berupa data atau cell. Namun, kali ini yang Kamu perlukan adalah bagaimana cara menduplikasi atau memindahkan kolom yang berisi rumus tanpa berubah?

Caranya tidak jauh berbeda, yang pertama adalah pilih rumus yang diinginkan lalu tekan Ctrl + X untuk memindahkan dan Ctrl + C untuk menduplikasi. Selanjutnya arahkan kursor ke cell tempat rumus yang baru.

Jika rumus ingin dipindahkan ke lembar kerja yang baru, maka buka terlebih dahulu dengan menekan tombol new. Setelah itu, klik kursor di mana saja pada lembar kerja baru dan pilih menu paste atau tempel.

Tetapi pada bagian menu tempet, yang perlu Kamu klik adalah bagian panah terbalik yang terletak di bawah tulisan. Kemudian pilih opsi “pertahankan pemformatan sumber” sehingga rumus tidak akan berubah.

Sebenarnya masih banyak fitur komputer yang saling terhubung dengan program Microsoft Office seperti Excel dan salah satunya adalah cut, copy dan paste. Panduan cut, copy, paste di Excel ini bisa dilakukan untuk semua versi Microsoft.

Advertisement

Tinggalkan komentar