Custom Number Format/Mengatur Format Angka pada Excel

Beranda ยป Custom Number Format/Mengatur Format Angka pada Excel
Advertisement

Pahamilah custom number format/mengatur format angka pada excel. Dengan pengaturan format angka pada excel secara tepat, semuanya akan berjalan lancar. Karena itu, perhatikan pengaturan format angka ketika mau buat laporan excel dengan bagus.

Mengatur format angka pada excel itu harus selalu diperhatikan dengan baik. Dengan memperhatikan format angka secara baik dan benar, laporan excel akan jadi lebih bagus. Berikut ini penjelasan mengenai pengaturan format angka pada excel.

Cara Mengatur Format Angka pada Excel

Pengaturan format angka pada excel itu bisa dilakukan dengan cukup mudah. Hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana saja untuk bisa memberi custom number di excel. Berikut ini adalah tata cara mengatur format angka pada excel.

1. Panduan Membuat Format Angka pada Excel

Pengaturan format angka memang bisa dilakukan dengan cukup mudah. Hanya butuhkan beberapa langkah sederhana saja untuk membuat format angka pada excel berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah cara pengaturannya.

  • Seleksi dulu sel atau range excel yang mau diubah formatnya
  • Lanjutkan dengan tab home kemudian pilih group number
  • Selanjutnya adalah memilih dropdown format
  • Pada bagian category pilih langsung opsi custom
  • Lanjutkan dengan memilih kode format angka pada type box
  • Langkah terakhir adalah klik OK supaya format number tersimpan

2. Penulisan Kode Custom Number Format Excel

Penulisan kode custom number format excel itu juga bisa dilakukan dengan mudah. Dengan sejumlah cara yang sederhana saja, penulisan kode custom number format excel itu bisa langsung dilakukan. Ini dia penjelasannya.

  • POSITIF : Bersikan format untuk sel yang berisi angka positif
  • NEGATIF : Berisikan format untuk yang berisi angka negatif
  • NOL : Berisikan format yang terdapat angka yang bernilai nol atau sel kosong
  • TEKS : Berisikan format yang isinya adalah teks pada sel excel

Faktor Penting dalam Pengaturan Format Angka pada Excel

Ada sejumlah faktor penting dalam pengaturan format angka pada excel. Dengan sejumlah faktor penting yang ada, semua proses pengaturan format angka pada excel akan lancar. Berikut ini sejumlah faktor penting dalam pengaturan format angka pada file excel.

1. Penulisan Kode Custom Number Format

Salah satu faktor penting yang perlu dipahami adalah penulisan kode custom number format. Kode custom ini memang harus selalu diperhatikan secara baik dari awal. Kalau penulisan kode custom number formatnya sesuai, pengaturan akan berjalan secara lancar.

2. Memahami Kode Format Angka

Memahami kode format angkan juga perlu diketahui dengan baik. Memang ada kode format angka yang perlu dihafalkan. Kalau gunakan format angka yang sesuai, semuanya akan berjalan dengan sesuai. Ini adalah faktor penting yang akan berpengaruh terhadap kesuksesan format angka.

3. Memahami Kode Format Tanggal dan Waktu

Memahami kode format tanggal dan waktu juga penting untuk diperhatikan. Kalau kode format tanggal dan waktunya sesuai, semuanya akan berlangsung dengan lebih lancar juga. Ini adalah salah satu hal yang wajib diperhatikan dari awal juga.

Advertisement

4. Kode Warna Pada Custom Format Number

Pemberian format warna juga bisa dilakukan. Karenanya, faktor penting yang perlu dipahami juga adalah kode warna. Kode warna ini memang harus diperhatikan biar pengaturan format pada excel bisa berjalan dengan lancar. Pelajarilah semua kode warna yang tersedia.

5. Memahami Kode Teks Khusus

Terdapat juga kode teks khusus yang perlu diapit dengan tanda petik ganda. Hal itu juga perlu diketahui dalam pengaturan format angka pada excel. Misalnya adalah tanda dollar ($), tanda plus (+), hingga tanda sama dengan (=).

Penyebab Pengaturan Format Angka pada Excel Gagal

Ada beberapa penyebab pengaturan format angka pada excel itu alami kegagalan. Kegagalan itu memang seringkali terjadi dan harus dipahami dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang sering jadi penyebab kegagalan dari pengaturan format angka pada excel.

1. Salah Tuliskan Formula

Kesalahan dalam menuliskan formula merupakan salah satu penyebab utama dari kegagalan dalam mengatur format angka pada excel. Jadi, pastikan menuliskan formula yang tepat supaya hasil yang keluar itu sesuai dengan yang diinginkan.

2. Kode Custom Format yang Salah

Kode custom format yang salah juga merupakan penyebab kegagalan. Adanya kose yang salah tersebut memang sering jadi hal yang menyebabkan kegagalan dalam hasilkan format angka pada sel excel yang diinginkan. Maka dari itu, kode custome sebaiknya dihafalkan biar semuanya jadi mudah.

3. Typo dalam Menuliskan Rumus

Typo atau salah ketik juga jadi hal yang menyebabkan kegagalan dalam mengatur format angka pada excel. Kesalahan atau typo ini memang jadi sesuatu yang merugikan. Karena itu, jangan sampai salah ketik alias typo saat akan melakukan penulisan rumus atua formula format nomor.

4. Ada Masalah pada Excel yang Digunakan

Kesahalan pada program Microsoft excel yang digunakan juga jadi penyebab utamanya. Kesalahan seperti ini memang sering terjadi. Karenanya, cobalah pastikan kalau excel yang digunakan itu bagus dan bebas dari masalah agar penulisan format angka bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala.

FAQ | Custom Number Format/Mengatur Format Angka pada Excel

Apakah sulit untuk mengatur format angka pada excel?

Tidak sulit karena sudah ada formula untuk bisa mengatur format angka pada excel.

Kenapa format angka pada excel perlu diatur?

Biar laporan excel berbasis angka di excel bisa lebih rapi.

Kenapa selalu gagal dalam mengatur format angka di excel?

Salah satu penyebab kegagalan utama adalah formula atau pengaturan yang salah.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.