Dasar Dasar Rumus Excel untuk Administrasi

Beranda » Dasar Dasar Rumus Excel untuk Administrasi
Advertisement

Belajar dan memahami rumus Excel untuk administrasi tentu saja sangat penting, mempermudah pekerjaan dan membuatnya lebih cepat selesai.

Di dalam pembahasan kali ini, akan diuraikan tentang apa saja jenis dan rumus Excel yang digunakan untuk keperluan pekerjaan. Lebih tepatnya dalam urusan administrasi. Pastikan agar kamu dapat memahaminya dengan baik, bisa diaplikasikan dengan mudah saat pekerjaan diselesaikan.

Rumus Excel untuk Administrasi SUM dan IF

Rumus dasar atau rumus  administrasi di Excel ini ternyata ada pada fungsi SUM dan IF. SUM memiliki fungsi  menjumlahkan sekumpulan data atau angka.

Sedangkan IF, merupakan fungsi logika. Yakni  mengambil salah satu dari dua nilai di dalam sebuah kondisi.

SUB digunakan oleh admin agar dapat menjumlahkan (pertambahan serta pengurangan) pengelompokkan angka. Agar lebih cepat, serta lebih efisien. Jika fungsi IF, lebih mengarah untuk mengelola angka agar bisa dikatakan valid.

Rumus Excel untuk Administrasi MAX dan MIN

Rumus dasar Excel selanjutnya ada pada fungsi MAX dan MIN. Hal ini sangat penting bagi kamu yang berkarir dibidang administrasi. Sebab bisa memudahkan pekerja dalam mengelola angka yang akan digunakan oleh seorang manager. Atau stakeholder dalam mengambil keputusan.

Fungsi dan rumus MAX ini menitikberatkan pada potensi angka tertinggi disebuah data. Pun sebaliknya, fungsi MIN lebih mengarahkan kamu untuk dapat mencari data paling rendah.

Untuk pengaplikasiannya bergantung dari jenis perusahaan. Bagi kamu yang berkarir dibidang ini, dapat mencobanya agar terbiasa dalam mengelola sebuah angka. Agar lebih efisien saat pekerjaan dilakukan.

Rumus Excel untuk Administrasi COUNT dan AVERAGE

Di dalam menghitung angka statistika lainnya, aplikasi Excel ini memang memudahkan pengguna dan pekerja dalam melakukan hal tersebut. Hal tersebut juga karena dua fungsi ini sering digunakan dalam pekerjaan bidang administrasi.

COUNT serta AVERAGE menjadi salah satu rumus dasar yang terbilang numerikal. Jadi hal ini dapat digunakan untuk menghitung jumlah data yang ada pada beberapa cell.

Untuk COUNT, ternyata lebih condong digunakan menghitung banyaknya pemilik. Atau kemunculan suatu data. Berbeda dengan SUM pada fungsi sebelumnya, dimana SUM memiliki fungsi  menghitung jumlah total disebuah nilai.

Sedangkan AVERAGE, fungsi ini digunakan untuk dapat menghitung rata-rata nilai disebuah kelompok.

Rumus Excel untuk Administrasi UPPER dan LOWER

Tidak hanya sekadar  mengelola data, namun seorang pekerja dibidang administrasi juga harus bisa mengelola data agar dapat dibaca dengan baik. Serta jelas.

Salah satu rumusnya adalah dengan menggunakan fungsi UPPER serta fungsi LOWER. UPPER ini menjadi rumus atau fungsi yang bisa mengkonversikan semua karakter teks, ke dalam huruf besar. Atau kapital.

Sedangkan fungsi LOWER, lebih mengarahkan pada semua karakter teks ke dalam huruf kecil. Pastinya kedua rumus dasar Excel ini bisa memengaruhi pengelolaan dalam penyusunan teks secara benar.

Dengan adanya dua fungsi ini, jelas akan memudahkan pekerja dalam mengefisiensi waktu pengerjaan yang sedang dilakukan.

Rumus Excel untuk Administrasi HLOOKUP dan VLOOOKUP

Tugas admin tidak hanya sekadar menyiapkan atau menyajikan data saja. Namun kamu juga akan mengelola serta menganalisis data tersebut. Agar menjadi lebih relevan dengan kondisi perusahaannya.

HLOOKUP dan VLOOKUP, menjadi rumus dasar Excel yang pasti sering ditemukan. HLOOKUP merupakan rumus dasar untuk dapat mencari data yang dilakukan secara horizontal.

Sedangkan VLOOKUP, merupakan fungsi dan rumus dasar Excel untuk dapat mencari data secara vertikal.

Hal tersebut ditunjukkan agar datanya mudah dipahami para pembaca, sehingga tidak sulit diinterpretasikan. Tidak hanya itu saja, hal ini juga sangat penting. Agar kamu bisa mengalisis kesalahan serta penempatannya agar bisa direvisi lebih mudah.

Rumus Excel untuk Administrasi ROUND

Jika kamu ingin membulatkan sebuah data atau angka dengan pasti, tujuannya agar tidak multitafsir. Maka kamu dapat menggunakan fungsi atau rumus ROUND. Rumus satu ini sering digunakan oleh admin, agar bisa menyajikan data sesuai secara benar.

Rumus ROUND juga bisa menghasilkan proses pembulatan desimal, secara detail juga sesuai dengan preferensi kamu sebagai pekerja yang memang ada dibidang administrasi. Hal ini pun jadi indikator baik dalam pemecahan sebuah masalah.

Tidak hanya itu, data angka yang disajikan juga akan lebih terstruktur. Sehingga tabel serta data yang ada akan terbaca secara baik, sesuai kriteria diinginkan.

Rumus Excel untuk Administrasi IFERROR dan INDEX

Tugas dari seorang pekerja dibidang administrasi, ternyata tidak hanya sekadar mengelola, menganalisis serta menyajikan data. Namun juga harus melakukan report. Guna kebutuhan perusahaan. Salah satu fungsi yang bisa digunakan, adalah IFERROR dan INDEX.

Kedua rumus ini memiliki peran penting dalam mengelola data, yang nantinya akan dilaporkan kepada manager. Atau stakeholder. IFERROR digunakan untuk dapat menyembunyikan, atau menghilangkan data error.

Sedangkan INDEX, adalah rumus dasar Excel agar dapat mengambil data secara horizontal. Atau bahkan vertikal. Hal tersebut dapat dilakukan berdasarkan pada kolom serta baris disebuah tabel. Atau sebuah range data.

Rumus Excel untuk Administrasi SORTING

Sama persis dengan beberapa fungsi lainnya, SORTING juga memiliki fungsi khusus. Yakni dapat digunakan mengurutkan sebuah data, agar lebih terstruktur. Sehingga kamu sebagai admin tidak harus mengurutkan hasilnya secara manual.

Mulai dari hari, bulan atau tahun. Kemudian mengurutkan jumlah terbesar sampai terkecil, jumlah barang masuk dan keluar. Atau beberapa data lain yang memang datanya bisa disusun secara berurut.

Rumus Excel untuk Administrasi FILTER

Fungsi FILTER ini menyajikan data secara khusus, dimana kamu dapat melakukan customize sendiri. Sesuai dengan keinginan. Salah satu contohnya untuk tahu banyak produk, bisa menggunakan FILTER.

Nah, itulah beberapa rumus dan Fungsi di Excel yang bisa coba kamu pelajari jika saat ini sedang bekerja pada bidang administrasi. Atau kamu sedang melamar pada posisi ini.

Agar lebih tahu dan kenal dengan bidang pekerjaan administrasi, kamu bisa langsung simak pembahasan berikutnya ya. 

Fungsi Rumus Excel untuk Pekerja Administrasi Perkantoran

Tugas seorang admin dibeberapa perusahaan, pada dasarnya berbeda. Tujuan namun tujuan mereka sama halnya dengan nama pekerjaannya. Yakni bagaimana caranya mengelola data, atau hal lainnya yang harus dipresentasikan secara baik. Salah satu alat yang digunakan adalah Excel.

Nah, Excel untuk administrasi ini membantu pekerja untuk apa saja?

  1. Menyusun sebuah laporan
  2. Mengelola dokumen perusahaan, baik itu secara digital atau bahkan fisik
  3. Mencari solusi serta menyelesaikan permasalahan administrasi
  4. Melakukan pengarsipan data yang sifatnya rahasia, serta non rahasia
  5. Merencanakan serta mengatur jalannya sebuah rapat
  6. Untuk menganalisa, mengelola serta merapikan data agar mudah  dibaca. Serta dipahami.

Itulah beberapa fungsi rumus excel untuk administrasi yang harus kamu pahami. Serta ketahui secara baik sebagai pekerja yang bergelut dibidang administrasi sebuah perusahaan.

FAQ │Pertanyaan Tentang Rumus Excel untuk Administrasi

Apakah Fungsi dan Rumus di Atas Bisa Digunakan Pada Semua Versi Excel?

Bisa.

Bagaimana Jika Fungsi yang Digunakan Berakhir dengan Salah?

Berarti ada proses penginputan data yang kurang tepat.

Advertisement

Ranti P
Ranti P

Seorang freelancer content writer sejak 2015. Aktif menulis di beberapa media nasional Kompas, Republika, Tirto, IDNTimes. Terimakasih sudah membaca tulisan sederhana saya di sini.