Fungsi Database (DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan DCOUNTA) Pada Excel

Beranda » Fungsi Database (DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan DCOUNTA) Pada Excel
Advertisement

Memahami fungsi database (DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan DCOUNTA) pada excel itu penting. Apalagi yang ingin berkarir pada bidang akuntasi dan pendataan. Dengan memahami semua fungsi database tersebut, seseorang bisa lebih cepat kuasai excel.

Rumus excel memang banyak. Tiap rumus memiliki fungsinya masing – masing. Terdapat rumus database penting yang perlu dikuasai seperti DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan DCOUNTA. Berikut ini penjelasan mengenai fungsi rumus database tersebut.

Fungsi DSUM

Pertama adalah memahami apa itu fungsi dari DSUm. Dilansir dari situs resmi Microsoft, DSUM dapat digunakan untuk menghitung jumlah sekumpulan nilai dalam kumpulan rekaman yang ditentukan oleh domain atau kriteria tertentu.

Pada pengertian lain, rumus DSU mini dipakai untuk dapatkan jumlah data pada sebuah database yang sudah penuhi kriteria tertentu. DSUM biasanya dipakai untuk menyajikan data jumlah penjualan pada sebuah perusahaan. Data penjualan bisa dilihat dengan mudah lewat DSUM.

Fungsi DAVERAGE

Seperti namanya, fungsi utama dari DAVERAGE ini adalah melihat rata – rata dari sebuah database. Baik itu rata – rata nilai dalam kelas hingga rata – rata gaji di sebuah perusahaan. Fungsi dari DAVERAGE itu memang sangat bermanfaat dalam berbagai penyajian data.

Pada dasarnya, DAVERAGE ini memang sangat sering digunakan dalam berbagai kesempatan. Mencari nilai rata – rata memang lebih mudah kalau memaksimalkan fungsi dari rumus DAVERAGE pada excel. Pengguna excel pasti akan termudahkan dengan rumus DAVERAGE ini.

Fungsi DMAX

Berikutnya adalah fungsi dari rumus DMAX pada excel. Ini adalah rumus yang bisa digunakan untuk menemukan nilai paling besar atau maksimum pada sebuah range data secara umum. Dengan fungsi DMAX, pemeriksaan terhadap nilai tertinggi bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Misalnya, rumus DMAX ini bisa digunakan untuk melakukan perhitungan terhadap usia tertinggi pada karyawan perempuan dalam sebuah perusahaan. Dengan rumus DMAX, akan bisa muncul informasi mengenai berapa usia tertinggi dari seluruh karyawan di sebuah perusahaan.

Fungsi DMIN

Selain ada DMAX, ada juga rumus DMIN yang bisa dimanfaatkan untuk perhitungan sehari – hari. DMIN ini adalah kebalikan dari DMAX. Jadi rumus DMIN ini untuk menghitung nilai paling minim dari sebuah range data secara umum. Penggunaan rumus ini akan memudahkan segala macam hal.

Contohnya, seseorang ingin melakukan perhitungan terhadap berapa nilai terendah dalam sebuah kelas. Untuk menghitungnya, kita tinggal terapkan rumus DMIN langsung. Nantinya bisa ditemukan langsung nilai terendah dari sebuah database sel di excel.

Fungsi DCOUNT

Berikutnya ada fungsi rumus DCOUNT yang merupakan rumus untuk menghitung sel – sel yang isinya adalah angka. Rumus ini dapat digunakan untuk melakukan perhitungan sel yang isinya adalah angka dalam berbagai database. Semua field yang terdiri dari angka bisa dihitung dengan DCOUNT.

Advertisement

Contoh penerapannya adalah menghitung jumlah pegawai di sebuah perusahaan yang mendapatkan gaji di atas Rp 3 juta per bulannya. Dengan rumus tersebut, perhitungan terhadap jumlah pegawai yang dapatkan gaji dengan nilai tertentu pada sebuah database.

Fungsi DCOUNTA

Berikutnya adalah fungsi DCOUNTA yang juga sering digunakan dalam berbagai kesempatan. DCOUNTA adalah sebuah rumus yang biasa dipakai untuk menghitung jumlah sel yang tidak kosong pada sebuah database yang penuhi kriteria yang sudah ditentukan.

Misalnya, DCOUNTA bisa dipakai untuk menghitung produk lampu yang tak ada keterangan jumlah masa garansinya. Rumus DCOUNTA bisa langsung dipakai untuk lakukan perhitungan terhadap produk lampu apa saja yang tidak memiliki garansi dalam field database.

Manfaat Pahami DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan DCOUNTA

Banyak manfaat dari memahami fungsi DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan DCOUNTA. Semua manfaat tersebut perlu dipahami secara baik juga. Berikut ini beberapa manfaat dari memahami fungsi DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan DCOUNTA.

1. Menyajikan Data Penting dengan Lebih Cepat

Salah satu manfaat yang didapatkan adalah bisa menyajikan data penting dengan lebih cepat. Data mengenai rata – rata usia hingga total pengeluaran biaya operasional per bulan bisa didapatkan dengan rumus – rumus tersebut. Sajian data yang cepat tentu akan dicari terus oleh banyak pihak.

2. Menemukan Kesimpulan dari Ratusan Data dengan Mudah

Menarik kesimpulan dari ratusan field data juga bisa dilakukan dengan mudah. Dalam berbagai macam kesempatan, mengambil kesimpulan dari ratusan field data akan mudah pakai berbagai rumus yang telah disebutkan di atas tadi.

3. Bisa Melihat Peningkatan dan Pertumbuhan

Rumus yang sudah dijelaskan di atas itu juga bisa dipakai untuk melihat peningkatan maupun pertumbuhan. Dalam dunia usaha, rumus – rumus yang disebutkan di atas tersebut pasti akan terpakai. Semuanya bisa digunakan untuk lihat peningkatan dan pertumbuhan.

4. Bahan Mengambil Keputusan

Terakhir, rumus – rumus di atas juga bisa digunakan sebagai bahan untuk ambil keputusan. Pengambilan keputusan dari sebuah perusahaan atau entitas bisa didasarkan pada hasil dari rumus – rumus yang ada di atas. Sebuah tindakan bisa diambil dari rumus yang ada.

FAQ | Fungsi Database DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan DCOUNTA

Pentingkah mempelajari fungsi database DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan DCOUNTA?

Penting untuk pelajari semua rumus database tersebut untuk menyajikan data yang bagus dalam entitas, organisasi atau perusahaan.

Apakah database DSUM, DAVERAGE, DMAX, DMIN, DCOUNT, dan DCOUNTA penting dalam dunia kerja?

Dalam dunia kerja, rumus – rumus tersebut memang sangat berguna dalam menyajikan data perusahaan dan yang lainnya.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.