Fungsi Excel Dasar yang Berkaitan dengan Rumus Waktu Otomatis

Beranda ยป Fungsi Excel Dasar yang Berkaitan dengan Rumus Waktu Otomatis
Advertisement

Ketahuilah 6 fungsi excel dasar yang berkaitan dengan rumus waktu otomatis. Rumus waktu otomatis ini memang kadang diperlukan dalam sejumlah pelaporan data di excel. Sehingga, kenali dan pahamilah berbagai macam fungsi excel dalam yang berkaitan dengan rumus waktu otomatis.

Sejumlah fungsi dasar memang punya peran penting. Dengan semua fungsi dasar tersebut, segalanya akan jadi lebih mudah. Berikut ini adalah 6 fungsi excel dasar yang berkaitan dengan rumus waktu otomatis.

Contoh 6 Fungsi Excel Dasar yang Berkaitan dengan Rumus Waktu Otomatis

Fungsi rumus waktu otomatis memang terdiri dari banyak hal. Dengan fungsi excel dasar yang berkaitan dengan rumus waktu otomatis, semuanya akan berlangsung dengan lancar. Berikut ini adalah contoh 6 fungsi excel dasar yang berkaitan dengan rumus waktu otomatis.

1. Fungsi Now

Pertama ada fungsi NOW yang berguna untuk mendapatkan nomor seri tanggal dan waktu saat ini. Fungsi NOW ini bisa dipakai langsung untuk menambahkan hari dan tanggal saat ini atau ketika laporan dibuat.

Dalam banyak kesempatan, fungsi ini memang sangat diperlukan. Ada shortcut pada excel yang bisa dipakai untuk temukan fungsi NOW yakni (Ctrl + Shift + ๐Ÿ˜‰

2. Fungsi Time

Selanjutnya ada fungsi TIME atau waktu. Ini adalah rumus excel untuk mendapatkan informasi waktu berdasarkan data input jam, menit dan detik tertentu.

Sintaksis dari fungsi TIME pada excel itu cukup sederhana. Rumus sintaksis dari fungsi tersebut adalah TIME(Jam;Menit;Detik).

3. Fungsi TimeValue

Berikutnya ada fungsi TIMEVALUE yang juga merupakan fungsi dasar di excel. Pada rumus ini, pengguna bisa mengubah informasi yang semula berbentuk teks jadi angka.

Misalnya ubah informasi waktu jam jadi format waktu numerik yang dikenal oleh excel. Contoh rumusnya sendiri adalah =TIMEVALUE(โ€œ13:30โ€)

4. Fungsi Second

Berikutnya ada fungsi SECOND yang merupakan rumu excel untuk mendapatkan nilai detik pada sebuah format waktu. Melalui rumus SECOND ini, pembuat laporan di excel bisa langsung menambahkan informasi mengenai detik terkini pada excel.

Rumu dari SECOND sendiri contohnya seperti =SECOND(0,7555) atau =SECOND(โ€œ18:01:18โ€). Rumus tersebut bisa langsung hasilkan informasi dalam bentuk detik.

5. Fungsi Minute

Fungsi dasar excel berikutnya adalah MINUTE. Ini adalah rumus dasar excel untuk memperoleh nilai menit dari format waktu. Contoh rumusnya adalah =MINIUTE(A4) atau =MINUTE(0,7555).

Rumus ini bisa dibuat langsung untuk hasilkan informasi waktu yang tepat berdasarkan menit pad format jam tertentu. Format berdasarkan menit akan mudah ditambahkan dengan format ini.

6. Fungsi Hour

Berikutnya ada fungsi HOUR yang notabene adalah rumus dalam menambahkan informasi waktu jam. Rumus ini bisa menghasilkan informasi yang jelas mengenai jam tertentu pada excel. Karena itu, cermati terus fungsi HOUR tersebut.

Contoh dari rumus HOUR contohnya seperti =HOUR(0,7555) atau =HOUR(15:05:21โ€). Dengan penulisan fungsi tersebut, informasi mengenai jam akan langsung tersaji.

Advertisement

Manfaat Pelajari Fungsi Excel Dasar yang Berkaitan dengan Rumus Waktu Otomatis

Tentunya ada berbagai macam manfaat dari pelajari fungsi excel dasar yang berkaitan dengan rumus waktu otomatis. Dengan semua manfaat yang ada, pengguna bisa langsung dapatkan banyak manfaat. Berikut ini adalah manfaat dari pelajari fungsi excel dasar terkait rumus waktu otomatis.

1. Bisa Memunculkan Informasi Jam dengan Mudah

Salah satu manfaat dari mempelajari fungsi excel dasar berkaitan dengan rumus waktu otomatis adalah bisa mudah munculkan informasi jam. Informasi mengenai jam bisa dibuat dengan cepat dan mudah lewat rumus waktu otomatis.

Ini adalah contoh nyata dari kenapa informasi jam dalam sebuah sajian data di excel bisa dibuat dengan cepat. Lewat rumus yang ada tersebut, pembuat laporan akan selalu dapatkan kemudahan dalam menambahkan informasi jam.

2. Membuat Informasi Tanggal Jadi Lebih Cepat

Informasi tanggal tertentu jadi lebih cepat dibuat dengan rumus waktu otomatis. Ini tentu juga jadi manfaat dari pelajari fungsi excel dasar terkait rumus waktu otomatis. Pemberian tanggal dalam cel excel akan semakin mudah dengan rumus excel.

Dalam fungsi penanggalan tersebut, pembuat laporan di excel bisa menambahan keterangan tanggal secara akurat. Dalam banyak kasus, penambahan informasi tanggal ini memang sangat penting dan krusial.

3. Memudahkan Perhitungan Selisih Jam Tertentu

Memudahkan perhitungan selisih waktu atau jam tertentu juga jadi manfaat dari pelajari fungsi excel dasar terkait rumus waktu otomatis. Kadang dibutuhkan data mengenai selisih jam tertentu. Untuk melakukannya, rumus waktu otomatis adalah solusinya.

4. Mengubah Informasi Teks Jadi Angka

Mengubah informasi teks jadi angka juga termasuk manfaat dari pelajari fungsi excel dasar terkait rumus waktu otomatis. Manfaat seperti ini juga sangat diperlukan. Ketika mampu mengubah informasi teks jadi angka, segala sesuatunya akan jadi mudah.

5. Menghitung Tanggal Jatuh Tempo dengan Mudah

Salah satu manfaat dari pelajari fungsi excel dasar terkait rumus waktu otomatis adalah membuat perhitungan tanggal jatuh tempo jadi lebih mudah. Data mengenai tanggal jatuh tempo memang bisa dihitung menggunakan rumus waktu otomatis pada excel.

FAQ | 6 Fungsi Excel Dasar yang Berkaitan dengan Rumus Waktu Otomatis

Apakah penting untuk mempelajari fungsi excel dasar?

Fungsi excel dasar yang berkaitan dengan rumus waktu otomatis penting untuk dipelajari.

Kenapa harus mempelajari fungsi excel dasar?

Supaya bisa membuat perhitungan waktu otomatis pada laporan atau data excel.

Apakah rumus waktu otomatis berguna dalam laporan excel?

Dalam banyak hal rumus waktu otomatis sangat berguna untuk mempercepat pekerjaan.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.