6 Fungsi Excel untuk Membuat Rumus Tanggal Otomatis di Excel

Beranda ยป 6 Fungsi Excel untuk Membuat Rumus Tanggal Otomatis di Excel
Advertisement

Kenalilah 6 fungsi excel untuk membuat rumus tanggal otomatis di excel. Banyak rumus atua formula di excel untuk membikin rumus tanggal secara otomatis. Jadi, pahamilah bagaimana fungsi rumus tanggal otomatis di excel. Kalau dipahami dengan baik, pembuatan laporan jadi lebih mudah.

Fungsi excel dalam pembuatan tanggal otomatis di excel memang sangat diperlukan. Lewat pembuatan rumus secara tepat, tanggal otomatis bisa dibuat secara langsung. Berikut ini ulasan mengenai 6 fungsi excel untuk membuat rumus tanggal otomatis.

Fungsi Today

Pertama ada fungsi TODAY yang merupakan rumus untuk dapatkan info tanggal saat ini. Fungsi ini tentunya diperlukan untuk bisa menntukan tanggal hari ini pada field laporan di excel. Fungsi ini mempunyai argument. Sehingga, kalau mau pakai fugnsi TODAY tak perlu parameter apapun.

Formula atau fungsi TODAY itu mudah penerapannya. Tinggal tuliskan saja TODAY() pada cell untuk dapatkan informasi hari saat ini. Nantinya akan muncul informasi tanggal dengan format hari, bulan dan tahun seperti 24/12/2023.

Hal yang perlu diperhatikan adalah keberadaan format sel. Jika rumus TODAY digunakan format general, maka secara excel secara otomatis akan mengubah sel tersebut ke dalam format tanggal. Maka dari itu, perhatikan format cell yang ditambahkan ketika mau gunakan fungsi ini.

Fungsi Date

Fungsi DATE juga ada pada pada rumus tanggal otomatis di excel. Ini adalah fungsi yang bisa dipakai untuk memberi keterangan tanggal secara otomatis pada laporangan excel. Bisa dibilang juga kalau fungsi DATE dipakai untuk hasilkan format tanggal berdasarkan nilai angka tanggal, bulan dan tahun.

Kalau mau menggunakan fungsi DATE maka pahamilah sintaks dari rumus tersebut. Rumus atau fungsinya adalah DATE(Tahun;Bulan;Tanggal). Dengan menuliskan rumus tersebut, pengguna bisa dapatkan informasi tanggal yang valid.

Lewat fungsi satu ini, pengguna bisa lebih leluasa dalam membuat urutan tanggal dan tahun. Ini adalah formula terbaik yang bisa dipakai dan diandalkan selalu supaya penulisan info tanggal bisa dilakukan secara otomatis.

Fungsi DateValue

Berikutnya ada fungsi DATEVALUE yang bisa digunakan juga pada pembuatan rumus tanggal otomatis di excel. Keberadaan fungsi DATEVALUE ini memang punya manfaat yang besar dalam bikin penanggalan otomatis. Fungsi ini dapat mengubah informasi dalam bentuk teks jadi angka.

Ketika ingin menggunakan formula ini, tinggal pakai sintaks fungsi tersebut yakni DATEVALUE(TeksTanggal). Nantinya, informasi yang sebelumnya berbentuk tanggal akan langsung berubah jadi deretan numerik atau angka. Semuanya jadi otomatis dengan fungsi ini.

Fungsi ini akan memudahkan pembuat laporan yang ingin tampilkan tanggal atau tahun yang sumbernya teks. Jadi, perubahan bisa dilakukan secara otomatis ketika sumber data atua informasinya berbentuk teks.

Fungsi Day

Fungsi DAY juga merupakan rumus penanggalan otomatis yang juga bisa dipakai pada excel. Jika pakai fungsi DAY, pengguna bisa lebih mudah dalam membuat informasi otomatis terhadap tanggal. Fungsi ini dipakai ketika pembuat laporan hanya ingin fokus pada angka tanggal saja.

Advertisement

Penggunaan fungsi DAY ini juga tak susah. Tinggal tuliskan saja formula DAY(Tanggal) supaya bisa langsung membuat informasi penanggalan. Ketika formula itu dituliskan, akan muncul informasi mengenai hari atau tanggal.

Rumus atau formula ini memang dapat dibuat secara mudah. Pada formula ini, penekanannya memang pada angka atau tanggal saja. Jadi, informasi pada bulan maupun tahun akan diabaikan. Jadi pada cell tidak akan ada informasi bulan dan tahun.

Fungsi Month

Berikutnya ada fungsi MONTH yang bisa dipakai juga dalam membikin rumus penanggalan otomatis pada excel. Lewat fungsi MONTH penanggalan berbasis bulan bisa lebih mudah dibuat. Pada formula ini, fokus utamanya adalah angka 1 sampai 12 yang merupakan nilai pada bulan.

Penerapan fungsi MONTH juga tak terlalu ribet. Langsung tuliskan saja MONTH(Tanggal) pada cell yang ada. Secara otomatis akan muncul informasi mengenai bulan pada cell excel. Informasi bulan tersebut bisa ditempatkan berurutan dengan tanggal dan tahun.

Banyak yang termudahkan dengan formula bulan ini. Jadi, tiap informasi bulan yang berbeda bisa ditambahkan langsung pada cell. Karena itu, perhatikan kapan harus memakai rumus atau formula MONTH tersebut pada cell excel.

Fungsi Year

Perlu dipahami juga keberadaan fungsi YEAR pada pembuatan tanggal otomatis pada excel. Rumus YEAR ini dapat digunakan juga untuk memudahkan proses penanggalan pada program excel tersebut. Informasi yang diambil hanya tahunnya saja.

Sama seperti fungsi yang lainnya, penerapan fungsi YEAR di excel tak begitu sulit. Sintaks fungsinya adalah YEAR(Tanggal). Tanggal di dalam kurung itu maksudnya adalah nomor seri dari tanggal yang ditulis pada sel excel yang ingin diambil nilai angka tahunnya.

Fokus utamanya adalah tahun dari sumber data pada sell excel. Nantinya data yang akan keluar adalah informasi tahun. Misalnya seperti 2010, 2011, 2015, 2018, 2022 dan seterusnya. Dalam pembuatan laporan excel, fungsi YEAR ini juga sering dimunculkan.

FAQ | 6 Fungsi Excel untuk Membuat Rumus Tanggal Otomatis di Excel

Apakah penting pelajari rumus tanggal otomatis di excel?

Sistem perumusan tanggal otomatis di excel ini perlu dipelajari buat yang ingin mahir dan ahli dalam excel.

Apakah perlu menghafal rumus tanggal otomatis di excel?

Jika ingin lebih ahli, sebaiknya memang harus hafalkan rumus tanggal otomatis di excel.

Apa manfaat utama gunakan rumus tanggal otomatis di excel?

Manfaat utamanya adalah pembuatan tanggal otomatis di excel akan berlangsung dengan lebih mudah.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.