Advertisement

Fungsi Formula Bar Pada Microsoft Excel biasanya digunakan untuk berbagai jenis pengolahan data. Hal ini memang dilakukan agar bisa berjalan dengan baik.

Jadi bila ingin memanfaatkan aplikasi Excell secara maksimal. Maka wajib kenali terlebih dahulu bagian formula bar serta fungsi di setiap tombolnya.

Mengenal Fungsi Formula Bar Pada Microsoft Excel

Fungsi Formula Bar Pada Microsoft Excel

Agar kamu bisa mengetahui lebih lanjut terkait formula bar Excel, alangkah baiknya menyimak ulasan di bawah ini. Dengan begini, kamu bisa lebih memahami apa saja yang harus dilakukan atau dihindari.

Jadi saat menggunakan formula bar, rumus yang dimasukkan nantinya tidak akan mengalami kesalahan. Fungsi Formula Bar Pada Microsoft Excel merupakan salah satu bagian yang digunakan untuk menampilkan rumus.

Jadi pada bagian ini akan digunakan untuk melakukan proses penyuntingan pada data secara langsung. Selain itu, juga bisa digunakan untuk berbagai jenis formula yang telah dimasukkan sebelumnya.

Mengingat pada bagian ini sebenarnya bisa digunakan untuk fungsi yang besar pada Microsoft Excel. Pengguna sebenarnya bisa langsung memanfaatkan bagian ini secara maksimal.

Hal ini tentunya agar tidak mengalami kesalahan ketika melakukan proses penyuntingan rumus yang terkadang merepotkan. Ini juga alasan kenapa tidak ada salahnya untuk mempelajari terlebih dahulu kira-kira apa saja bagian yang dimiliki oleh formula bar.

Apabila bagiannya banyak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Selanjutnya, bisa membantu untuk melakukan proses pembuatan rumus.

Fungsi Formula Bar

Fungsi Formula Bar Pada Microsoft Excel

Terdapat beberapa Fungsi Formula Bar Pada Microsoft Excel yang wajib diketahui. Di bawah ini sudah ada beberapa fungsi yang dimiliki dan dapat dimanfaatkan semuanya sesuai dengan kebutuhan.

1. Lokasi Formula Builder

Lokasi formula builder ini sudah ada di bagian ini. Ini berarti formula builder merupakan salah satu tempat untuk membangun formula dari rumus dasar yang sudah ada.

Jadi disini nantinya akan ada rumus dari sekumpulan fungsi pada Microsoft Excel yang dapat dibuka satu persatu. Hanya dengan mengetikkan “sama dengan” (=), secara langsung akan muncul beberapa formula yang dapat digunakan.

Bagian ini sebenarnya juga akan berisi banyak sekali formula yang nantinya dapat digunakan sesuai kebutuhan. Selain itu, juga berisi informasi mengenai format yang harus diketik.

Fungsi Formula Bar Pada Microsoft Excel ini sangat penting untuk melakukan proses dalam pembuatan rumus. Jadi seseorang dapat langsung memanfaatkannya untuk belajar atau coba terlebih dahulu agar mengaplikasikan fungsi secara langsung pada dokumen.

Baca juga: Cara Menghitung Umur di Excel

2. Memudahkan Penulisan Rumus

Bagian ini sebenarnya akan memudahkan proses penulisan rumus. Hal ini karena bagiannya cukup lebar dan memanjang.

Bahkan, juga memiliki bagian yang lebar dan memanjang, kamu dapat langsung melakukan proses pengetikan dari awal sampai akhir. Nantinya rumus yang panjang ini tidak perlu dikhawatirkan.

Hal ini karena akan berlanjut di bagian bawah. Sehingga meskipun menggunakan rumus yang bertumpuk maka hasilnya akan tetap dijalankan.

3. Mempermudah Edit Rumus

Berikutnya, mempermudah edit rumus, setelah mengetikkan rumus dan ada kesalahan. Maka proses selanjutnya dengan melakukan edit rumus tersebut secara langsung pada kolom yang sudah disediakan.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, karena memiliki kolom yang cukup lebar dan panjang. Maka pada bagian ini akan memudahkan proses penyuntingan.

Apalagi pada bagian kolom juga langsung dibuat semakin memanjang dan lebar. Jadi sebenarnya seperti mengedit pada halaman yang luas.

4. Menampilkan Hasil Akhir Formula

Terakhir, dengan menampilkan hasil akhir dari fungsi formula bar pada Microsoft Excel yang sudah ada. Selain itu, juga dapat langsung menampilkan hasil maupun data dalam bentuk teks dan angka secara langsung dikumpulkan secara manual.

Bagian Penting Formula Bar

Fungsi Formula Bar Pada Microsoft Excel

Jika dilihat dari umum akan ada tiga bagian penting yang dimiliki oleh formula bar. Bagian penting formula bar terdiri dari:

1. Enter (centang)

Pada bagian ini digunakan untuk memasukkan rumus dan sudah dianggap benar. Jika sudah ditekan, maka tombol centang atau enter ini secara otomatis fungsi akan diaplikasikan.

Jika fungsinya sudah benar maka akan memberikan hasil yang sempurna. Namun, jika fungsi formula bar pada Microsoft Excel salah bisa diedit kembali.

2. Cancel (silang)

Apabila tidak bisa memasukkan rumus maka harus menekan tombol cancel atau silang. Pada bagian ini akan memudahkan proses penghapusan.

Sehingga nantinya kamu bisa langsung memasukkan rumus yang akan digunakan. Fungsi ini biasanya digunakan untuk memasukkan rumus.

Cara Melihat Rumus di Excel

Fungsi Formula Bar Pada Microsoft Excel

Ternyata dalam Microsoft Excel juga sudah ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melihat rumus. Berikut ini sudah ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Pakai Formula Bar

Cara pertama yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan fungsi formula bar pada Microsoft Excel yang letaknya di bagian atas worksheet dan di bawah ribbon. Ketika kamu ingin melihat rumus apa yang digunakan pada sel tertentu, maka bisa langsung menekan sel tersebut.

Setelah kamu menekan sel tersebut, maka bisa cek di bagian formula bar secara langsung. Di sana nantinya akan terlihat dengan jelas apa saja formula atau rumus yang digunakan pada sel tersebut.

Jadi kamu dapat langsung digunakan untuk melakukan proses pengeditan atau mengcopy. Cara ini sebenarnya paling mudah untuk dilakukan sehingga seseorang dapat mempelajari rumus lebih mudah.

Selain itu, proses ini bisa melakukan penyuntingan dengan mudah. Sehingga kamu dapat langsung memodifikasi rumus yang ada.

Baca juga: Tipe Tipe Data di Excel

2. Pakai F2

Fungsi Formula Bar Pada Microsoft Excel

Selain dapat menggunakan fungsi formula bar pada Microsoft Excel. Cara berikutnya, bisa mengetahui rumus yang digunakan pada sel tertentu, yaitu dengan memanfaatkan tombol F2.

Tombol seperti ini memang dapat digunakan untuk memunculkan rumus secara langsung. Jadi kamu bisa langsung menyorot pada bagian sel terlebih dahulu.

Kamu bisa langsung menggerakkan kursor untuk menyorot satu dari sel

Advertisement
yang akan diketahui rumusnya. Jadi bila sudah sampai di bagian atas dari sel tersebut, maka kamu dapat langsung menekan tombol F2.

Dengan melakukan hal tersebut, maka akan langsung tersorot dan terlihat dengan jelas rumus yang akan dipakai. Hal ini karena menggunakan cara yang manual maka bisa melihat rumus pada sel lain.

Kamu juga bisa langsung memproses pengecekan yang dilakukan secara berulang-ulang. Setelah itu, akan terlihat secara jelas rumus yang digunakan pada kolom maupun sel tertentu.

3. Pakai Ribbon

Proses ini biasanya dilakukan untuk pengecekan secara langsung pada data yang ada di dalam satu halaman sheet. Jadi tidak perlu lagi melakukan proses pengecekan secara manual.

Kamu bisa langsung mengikuti beberapa langkah menggunakan ribbon. Berikut ini sudah ada beberapa penjelasan yang bisa kamu lakukan.

Fungsi Formula Bar Pada Microsoft Excel
  • Blok atau sorot bagian yang akan diketahui rumusnya terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa langsung masuk ke ribbon untuk menuju ke bagian fungsi formula bar pada Microsoft Excel.
  • Berikutnya, bisa langsung memilih menu grup auditing, lalu klik Show Formulas. Secara otomatis, formula atau rumus yang ada di dalam halaman tersebut akan dimunculkan seluruhnya. Setelah melakukan hal tersebut kamu bebas melakukan proses penyuntingan.

Formula Bar Excel ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan proses penulisan rumus secara otomatis. Umumnya, di sana akan ada pilihan berbagai jenis rumus yang ada.

Jadi meskipun tidak selalu ingat masih dapat menggunakan database. Kemudian, kamu bisa langsung melakukan proses pemilihan fungsi formula bar pada Microsoft Excel.

Advertisement

Tinggalkan komentar