Penyebab dan Solusi HP Samsung Tidak Bisa Menyala

Dipastikan ada beberapa sebab mengapa HP Samsung tidak bisa menyala, dan kamu sebagai pengguna harus mengetahui hal tersebut.

Selain tahu apa sebabnya, kamu juga harus tahu bagaimana cara mengatasi juga solusi terbaik untuk memperbaikinya. Dengan hal tersebut, maka HP Samsung yang kamu miliki bisa digunakan lagi dan bisa menyala lagi.

Solusi HP Samsung Tidak Bisa Menyala dengan Coba Cas

Bagaimana maksudnya?                                     

Jika kamu masih menggunakan HP Samsung Android yang kapasitas baterainya tidak begitu besar. Maka dipastikan baterai akan cepat habis. Jika hal tersebut terjadi, maka HP tidak akan menyala lama.

Solusi terbaiknya, coba isi daya baterainya sekitar 10 hingga 15 menit. Lalu hidupkan kembali. Jika HP tidak bisa dicas, dapat dipastikan perangkat chargernya mengalami kerusakan. Dan untuk memastikannya coba menggunakan perangkat charger lain.

Namun jika HP bisa menyala kembali, maka salah satu alasannya karena baterai habis dan kamu harus menunggu pengisian daya hingga 100%. Sampai baterai dapat menyala kembali.

Solusi HP Samsung Tidak Bisa Menyala dengan Menekan Tombol Power

Cara berikutnya jika HP Samsung kamu tidak bisa menyala, adalah dengan menekan tombol power dan menekannya selama beberapa saat.

Pada umumnya cara ini dapat efektif serta efisien, apalagi jika tombol power mengalami masalah. Kamu dapat menekannya selama beberapa detik, hingga layar kembali menyala.

Solusi HP Samsung Tidak Bisa Menyala dengan Lepas Baterai

Walaupun kebanyakan saat ini masyarakat menggunakan HP dengan baterai tanam. Namun tidak menutup kemungkinan, ada dari kalian yang masih menggunakan HP baterai tanam.

Dengan hal tersebut, ketika HP tidak menyala maka kamu bisa coba untuk lepas baterainya. Lalu pasangkan kembali. Jika sudah dipasang, coba tekan tombol power untuk menyalakan HP seperti biasa.

Tujuan dan manfaat cara ini dilakukan, adalah untuk memotong arus listrik ke HP. Siapa tahu cara ini dapat bekerja, dan menjadi alternatif saat HP Samsung kamu tidak menyala seperti biasa.

Solusi HP Samsung Tidak Bisa Menyala dengan Ganti Baterai

Jika cara sebelumnya sudah kamu coba dan diaplikasikan, namun ternyata setelah dinyalakan kembali HP tidak kunjung merespon. Maka solusi berikutnya dapat coba ganti baterai dengan barang baru.

Bila ternyata saat menggunakan baterai baru HPnya menyala kembali seperti biasa, maka dapat dipastikan memang baterainya yang mengalami kerusakan.

Namun, usahakan agar pembelian baterai dapat dilakukan di toko resmi. Samsung pasti menyediakannya, dengan harga dan kualitas sesuai.

Solusi HP Samsung Tidak Bisa Menyala dengan Flash Ulang

Melakukan flash atau flashing, merpakan kegiatan proses menginstall ulang sistem Android di Samsung yang kamu miliki. Cara ini pun dilakukan agar HP kembali seperti semula.

Cara ini biasanya dapat dilakukan dengan sistem program tertentu. Seperti menggunakan Miflash, Odin, atau bahkan Flashtool.

Metode ketika HP tidak bisa menyala satu ini sebenarnya dilakukan dengan bantuan laptop atau PC. Namun kamu juga dapat melakukannya tanpa perangkat tersebut. Panduan ini pun bisa jadi solusi terbaik bila beberapa cara dan panduan sebelumnya tidak bisa dijalankan.

Solusi HP Samsung Tidak Bisa Menyala dengan Reset Pabrik

Jika ternyata beberapa cara sebelumnya masih belum bekerja, maka bisa kamu coba untuk melakukan reset pabrik. Cara ini dapat dilakukan dengan kamu melakukan dan memahami beberapa langkah di bawah ini.

  1. Pertama, pastikan HP Samsung kamu memang benar-benar dalam keadaan mati
  2. Lakukan tekan pada tombol volume atas, power dan home secara bersama-sama dalam satu waktu
  3. Berikutnya, tahan ketiga tombol tersebut hingga logo Samsung tampil di halaman HP
  4. Selanjutnya sistem akan menampilkan keterangan Recovery Mode
  5. Pilih Wipe Data atau Factory Reset menggunakan tombol volume bawah atau atas untuk melakukan perintah tertentu
  6. Untuk memilih opsi Wipe Data, kamu dapat menggunakan tombol power untuk melakukannya
  7. Tunggu hingga prosesnya selesai dengan beragam perintah yang disediakan
  8. Lakukan perintah Reboot System Now untuk melakukan restart pada HP Samsung yang kamu miliki.

Solusi HP Samsung Tidak Bisa Menyala Langsung ke Service Center

Bila ternyata semua cara-cara di atas benar-benar tidak berhasil dilakukan, maka cara terakhir adalah dengan pergi ke service center Samsung resmi yang ada di kota kamu. Cara ini dapat dipastikan paling ampuh, bahkan kamu pun dapat langsung bertanya kepada teknisi yang sudah berpengalaman.

Walaupun pasti perangkatnya akan diotak atik dan diperiksa, namun proses pemeriksaan ini dilakukan oleh teknisi yang resmi. Sehingga kamu pun tidak perlu khawatir.

Penyebab HP Samsung Tidak Bisa Menyala, Apa Saja?

Dengan kondisi HP yang tidak dapat menyala, maka dipastikan akan ada beberapa penyebab atau masalah terjadi. Untuk mengenalinya lebih jauh, kamu bisa simak penjelasan berikutnya.

1. Baterai Melemah

Masalah dan penyebab utama, mungkin saja karena baterainya memang melemah atau memang habis. Hal ini dapat dikembalikan dengan pengisian daya, persis seperti apa yang sudah dibahas sebelumnya.

2. Kerusakan dan Kesalahan Sistem Operasi

Ternyata kesalahan pada sistem operasi juga bisa menjadi penyebab utama HPnya mati. Mulai dari pembaruan perangkat lunak kurang kompatibel, sehingga mengganggu fungsi sistem operasinya sendiri secara langsung.

3. Hardware Rusak

Tombol daya yang tidak berfungsi, konektor daya, atau bahkan hal lainnya. Jika hal ini menjadi penyebabnya, maka hardware yang rusak harus segera diperbaiki ke teknisi berpengalaman.

4. Masalah Koneksi Daya

Jika kabel USB yang menjadi penghubung antara perangkat dengan adaptor, maka sangat memungkinkan HP tidak bisa menyala. Karena kehabisan baterai.

FAQ │Pertanyaan Tentang HP Samsung Tidak Bisa Menyala

Apakah Garansi HP Mampu Memperbaiki HP Tidak Bisa Menyala?

Selama memenuhi syarat klaim garansi, maka garansi tetap bisa digunakan.

Apakah Semua Cara di Atas Berlaku untuk Semua Tipe?

Tergantung dari masing-masing HP dimiliki.

Tinggalkan komentar