Ilmu Ekonomi Adalah

Posted on

Ilmu Ekonomi Adalah – Jika di tinjau secara etimologi, ekonomi berasal dari kata Oikos yang secara umum berarti keluarga atau rumah tangga dan Nomos yang berarti aturan atau hukum. Yang sehingga ekonomi dapat diartikan sebagai aturan rumah tangga ataupun pengelolaan dalam rumah tangga.

Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum

Ilmu ekonomi pada dasarnya merupakan sebuah ilmu social yang mempelajari mengenai aktivitas manusia dalam produksi, konsumsi dan distribusi barang dan jasa. Dalam penerapannya, ekonomi merupakan upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan mencapai kemakmuran.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian ilmu ekonomi menurut KBBI ialah sebuah cabang ilmu yang merujuk pada berbagai asas-asas produksi, distribusi dan pemakaian barang atau kekayaan.

Kekayaan yang dimaksud disini ialah termasuk uang, perindustrian maupun kegiatan perdagangan. Serta mencakup hal-hal mengenai pemanfaatan uang, tenaga, waktu dan sebagainya yang berharga.

Menurut KBBI, ilmu ekonomi juga berhubungan dengan tata kehidupan perekonomian suatu negara. Maksud dari perekonomian disini mencakup semua tindakan seperti aturan dan cara untuk menjalankan usaha berekonomi “perdagangan dan perindustrian”.

Dan selain itu ilmu ekonomi juga berarti urusan keuangan rumah tangga, rumah tangga yang dimaksud seperti organisasi atau negara.

Menurut Wikipedia Ensiklopedia Indonesia

Pengertian ilmu ekonomi menurut Wikipedia ialah ilmu yang mempelajari aktivitas perilaku manusia “social” yakni kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

Baca Juga  Pasar Monopoli

Istilah ekonomi berasal dari kata “Oikos” yang berarti keluarga atau rumah tangga. Dan “Nomos” yang berarti peraturan, aturan dan hukum. Jadi secara garis besar dapat diartikan sebagai aturan atau manajemen rumah tangga.

Ilmu ekonomi juga bisa diartikan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam usaha untuk menciptakan kemakmuran. Dalam memilih dan menciptakan kemakmuran, manusia akan melakukan aktivitas ekonomi seperti produksi, distribusi maupun konsumsi.

Dalam hal ini memunculkan masalah ekonomi yakni ketidakseimbangan kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang makin terbatas.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli diantaranya yaitu:

  • Menurut Adam Smith
    Ahli ekonomi, Adam Smith menyebutkan bahwa perilaku manusia dalam mengelola sumber daya sangat terbatas untuk mencapai tujuan tertentu dalam kehidupan.
  • Menurut Jean-Baptiste Say
    Seorang ahli ekonomi bernama Jean-Baptiste Bay, ekonomi merupakan ilmu yang menjadi cabang dari beberapa kajian dan aturan yang menentukan kekayaan seseorang.
  • Menurut John Stuart Mill
    Menurut ahli ekonomi bernama J. S. Mill, pengertian ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari berbagai hal terkait dengan pengeluaran dan penagihan.
  • Menurut Karl Marx
    Ilmu ekonomi menurut Karl Marx adalah sebuah ilmu yang mempelajari mengenai cara manusia dalam bertahan hidup pada suatu kelas sosial yang berkaitan dengan pemanfaatan sarana produksi.
  • Menurut Thorstein Veblen
    Menurut ahli ekonomi Thorstein Veblen, ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kemampuan manusia dalam menentukan pilihan produksi, distribusi dan konsumsi berdasar pada nilai kebudayaan di dalam sebuah lingkungan.
  • Menurut Max Weber
    Ahli ekonomi Max Weber menyebutkan bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai tindakan ekonomi individu berdasarkan pada nilai yang diyakini secara sosial.
  • Menurut John Maynard Keynes
    Ahli ekonimi M. Keynes mendefinisikan bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu ayng mempelajari mengenai tingkat kemakmuran suatu negara yang erat kaitannya dengan intervensi dari pemerintah yang berujung pada kondisi ekonomi tertentu.
  • Menurut Mohammad Hatta
    Mohammad Hatta, menyebutkan bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang sebuah proses agar tercapai kesejahteraan serta keadilan sosial dalam lingkungan masyarakat.
Baca Juga  Tipografi Adalah

Pembagian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat dan bisa memberikan dampak yang besar bagi kehidupan. Menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague, ilmu ekonomi terbagi menjadi 3 kelompok sebagai berikut:

Ilmu Ekonomi Deskripstif “Descriptive Economic”

Ilmu ekonomi ini menggambarkan keterangan factual tentang suatu keadaan ekonomi dalam bentuk angka, grafik, kurva atau penyajian lainnya. Dimana, ilmu ekonomi ini digunakan oleh BPS atau Badan Pusat Statistik untuk menyajikan keadaan ekonomi baik makro atau mikro.

Di dalam ilmu ekonomi ini, kalian akan melihat analisis ekonomi yang menggambarkan kondisi sebenarnya berdasarkan fakta dalam perekonomian. Misalnya gambaran kondisi krisis moneter yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998.

Ilmu Ekonomi Teori “Economics Theory”

Teori ini merupakan bagian ilmu ekonomi yang menjelaskan mekanisme kegiatan ekonomi. Di mana didalam teori ini berisi analisis ekonomi yang berusaha menjelaskan, mencari pengertian, hubungan sebab akibat dan cara kerja sistem ekonomi. Dalam ilmu ekonomi teori terdapat 2 jenis teori yang digunakan yakni teori ilmu ekonomi mikro dan makro.

  • Teori Ekonomi Mikro
    Merupakan bagian ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku unit-unit ekonomi secara individual, misalnya mempelajari perilaku manusia, produsen, pasar, penerimaan, biaya dan keuntungan perusahaan.
  • Teori Ekonomi Makro
    Merupakan bagian ilmu ekonomi mempelajari unit ekonomi secara agregat “keseluruhan” seperti pendapatan nasional, inflasi, pengangguran dan kebijakan pemerintah.

Ilmu Ekonomi Terapan “Applied Economics”

Merupakan analisis ekonomi teori untuk merumuskan kebijakan dan pedoman yang tepat untuk menangani masalah ekonomi tertentu. Sehingga ilmu ekonomi ini lebih bersifat praktis dengan menerapkan pengertian ekonomi pada bidang-bidang atau masalah-masalah tertentu. Misalnya ekonomi di perusahaan, ekonomi moneter, ekonomi perbankan dan sebagainya.

Baca Juga  Teks Laporan Hasil Observasi

Konsep Dasar dari Ilmu Ekonomi

Ada juga lebih dari satu hal perihal konsep basic dari aplikasi dalam ilmu ekonomi yang diterapkan saat ini diantaranya:

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi termasuk produksi, konsumsi penggunaan barang dan jasa dan juga modal dan usaha.

Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi merupakan sebuah tindakan yang dilakukan berdasarkan segi rasional dan irasional. Aspek rasional termasuk penentuan pilihan paling baik dan menguntungkan. Sedankan segi irasional perihal bersama pilihan paling baik tetapi tidak cocok bersama situasi atau kenyataan yang terjadi.

Motif Ekonomi

Seperti definisi katanya, aplikasi ilmu ekonomi ini merupakan obyek manusia dalam melakukan tindakan ekonomi yang juga termasuk dua segi layaknya motif intristik dan motif ekstrinsik. Motif instrinsik alasan dari diri sendiri untuk melakukan tindakan ekonomi, sedangkan motif ekstrinsik adalah alasan yang bersumber dari orang lain.

Metodologi Ilmu Ekonomi

Metode ilmu ekonomi termasuk induksi dan deduksi. Induksi adalah metode yang dilakukan berdasarkan kejadian ekonomi secara sistematis untuk mendapat kesimpulan. Sedangkan deduksi adalah metode yang dilakukan dan dianalisis secara spesifik untuk beroleh kesimpulan.

Demikianlah pembahasan mengenai Ilmu Ekonomi Adalah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.