iPhone Buatan Mana yang Bagus? Amerika, China, India?

Banyak yang ingin mengetahui iPhone buatan mana yang bagus. Produksi iPhone memang dilakukan pada sejumlah negara. Tiap negara pembuat iPhone mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Namun ada iPhone buatan negara tertentu yang memang lebih bagus.

Banyak yang melakukan pembelian iPhone berdasarkan negara pembuatnya. Ini memang jadi salah satu cara alternatif yang bisa dipakai untuk memilih iPhone terbaik. Berikut ini penjelasan mengenai iPhone buatan mana yang paling bagus.

iPhone Buatan Ameriksa Serikat

Produksi utama dari iPhone berada di Amerika Serikat. Karena menjadi pusat produksi, iPhone dari Amerika Serikat dinilai paling berkualitas dibanding yang lain. Proses produksi menggunakan bahan terbaik dan dilakukan oleh SDM pilihan juga. Sehingga, kualitas iPhone buatan USA dianggap terbaik.

Namun, pihak Apple sudah tak memproduksi iPhone dari Amerika Serikat. Untuk efisiensi pembiayaan, Apple memang lebih memilih benua lain sebagai tempat untuk memproduksi iPhone secara masal. Hal ini berkaitan dengan peningkatan produksi dan biaya.

Sebelum besar seperti sekarang, pusat produksi iPhone memang berasal dari Amerika Serikat. Produk terakhir yang benar – benar diproduksi dari awal sampai akhir di Amerika adalah iPhone 4. Setelahnya, pihak Apple lebih memilih untuk memindahkan pusat produksi ke Asia.

Saat ini, Amerika Serikat, tepatnya California dijadikan sebagai tempat untuk memproduksi sejumlah komponen iPhone. Salah satu komponen utama yang masih diproduksi di Amerika Serikat adalah prosesor. Produksi prosesor iPhone masih terpusat di Amerika.

Apple memang berencana untuk memindahkan pusat produksi ke nagara yang upah pekerjanya lebih murah. Tak heran kalau Apple mulai melakukan investasi besar ke Asia untuk menggejot produksi iPhone.

iPhone Buatan China

Berikutnya ada iPhone yang diproduksi oleh China. Smartphone iPhone dari China ini banyak beredar di Asia, termasuk Indonesia. Apple sendiri memilih China karena dinilai mampu jadi tempat produksi iPhone dalam jumlah besar dengan kualitas yang juga sangat baik.

Bagi Apple, memindahkan pabrik ke China memang jadi opsi yang masuk akal. Faktor utamanya adalah gaji buruh yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan Amerika atau Eropa. Upah atau gaji buruh yang lebih terjangkau membuat produksi iPhone lebih maksimal.

Seperti yang sudah dijelaskan, iPhone buatan China itu akan dipasarkan di negara Asia lain. Misalnya seperti Jepang, Korea, kawasan Asean hingga Australia. Maka dari itu, iPhone yang digunakan oleh masyarakat Indonesia itu mayoritas berasal dari pabrik Apple yang ada di China.

Mungkin masih banyak yang meragukan kualitas produk iPhone buatan China. Sebenarnya tak perlu ragu dengan iPhone dari China. Sebab, iPhone buatan China sudah disortir pembuatannya sehingga yang keluar ke pasaran adalah produk – produk terbaik yang terjamin kualitasnya.

Pada intinya, kualitas iPhone dari China itu tetap mumpuni. Pembuatan iPhone di China disupervisi langsung oleh pihak Apple pusat. Sehingga, kualitas dari produk iPhone dari China itu tetap terjaga sebelum dijual ke publik.

iPhone Buatan India

Produksi iPhone juga berasal dari India. Dibandingkan dengan Amerika Serikat dan China, kualitas dari India memang yang paling bawah. Namun bukan berarti jelek. Sebab, produksi iPhone dari India itu juga diawasi dengan baik dan ketat juga oleh pihak Apple pusat.

India memang jadi lokasi produsen iPhone dalam beberapa tahun terakhir. Apple memang melakukan investasi besar di India. Negara Asia Selatan itu dianggap mampu produksi massal iPhone dengan kualitas yang tetap terjaga.

Mayoritas produksi iPhone dari India itu dipasarkan ke Eropa. Jadi, target utama dari dari produksi iPhone di India adalah berbagai negara di kawasan Eropa. Meski terhitung baru, iPhone buatan India tetaplah berkualitas dan jarang bermasalah.

Tentu banyak yang mempertanyakan kualitas dari iPhone buatan India. Tentunya tak perlu ragu untuk menggunakan iPhone dari India karena kualitasnya tak perlu dipertanyakan lagi. Maka dari itu, iPhone buatan pabrik di India tetap layak digunakan.

iPhone Buatan Vietnam

Terakhir ada jenis iPhone buatan dari Vietnam. Produk iPhone dari Vietnam ini terbilang baru. Sebab, pabrik Apple yang ada di Vietnam itu belum 10 tahun berdiri. Dipilihnya Vietnam berkaitan kembali dengan upah buruh dan tenaga kerja yang dinilai lebih murah.

Apple memang punya komitmen tinggi dalam mengembangkan pabrik iPhone di Vietnam. Saat ini, Vietnam dijadikan sebagai tempat untuk merakit iPhone sebelum dijual ke pasaran. Bukan tidak mungkin Vietnam akan dijadikan sebagai tempat untuk produksi komponen utama iPhone.

Produksi di Vietnam dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini menandakan bahwa Vietnam adalah negara yang mampu hasilkan iPhone yang sangat berkualitas. Bukan tidak mungkin kalau produksi pabrik iPhone di Vietnam bisa mengalahkan produksi dari China atau India.

Produksi iPhone dari pabrik di Vietnam ini distribusinya ke negara – negara tetangga. Termasuk juga Indonesia yang merupakan salah satu target pasar terbesar dari iPhone. Jadi, jangan heran kalau produk dari Vietnam itu muncul di berbagai toko distributor Apple Indonesia.

FAQ | iPhone Buatan Mana yang Bagus?

Apakah iPhone buatan China layak digunakan?

iPhone buatan China layak digunakan karena sudah melalui sortir yang ketat sebelum dijual.

Apakah iPhone yang beredar di Indonesia buatan China?

Tidak semua iPhone yang ada di Indonesia itu buatan China.

Kenapa iPhone buatan Amerika sulit masuk ke Indonesia?

Karena distribusi iPhone di Indonesia berasal dari pabrik yang ada di Asia.

Tinggalkan komentar