Kelebihan dan Kekurangan iPhone 6

Beranda ยป Kelebihan dan Kekurangan iPhone 6

Pengetahuan mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 6 itu memang sangat penting. Dengan memahami semua kelebihan dan kekurangan iPhone 6 yang tepat, calon konsumen bisa dapatkan pengetahuan bagus tidaknya produk iPhone 6.

Produk iPhone 6 memang sangat berkualitas tinggi di masanya. Banyak yang menikmati aneka kecanggihan dari iPhone 6 saat baru dirilis. Apa saja kelebihan dan kekurangan iPhone 6? Berikut ini adalah beberapa kelebihan serta kekurangan iPhone 6 yang perlu diperhatikan.

Spesifikasi Dasar iPhone 6

Ketahuilah dulu spesifikasi dari iPhone 6 tersebut. Produk tersebut rilis pada 2014 silam. Meskipun sudah 10 tahun lamanya, iPhone 6 masih dapat digunakan sampai sekarang. Berikut ini adalah penjelasan tentang spesifikasi dasar iPhone 6 yang perlu dipahami.

1. Sistem Operasi

Produk smartphone iPhone ini menggunakan sistem operasi iOS 9. Seperti produk Apple lainnya, iPhone 6 bisa diupdate sistem operasinya hingga ke iOS 14. Sayangnya, kalau mau update sistem yang lebih terkini, iPhone 6 tidak bisa support.

2. Memori Internal dan Ram

Produk iPhone 6 itu hadir dengan berbagai versi memori internal. Mulai dari 16 GB hingga 64 GB. Sementara untuk ukuran RAM sendiri dari iPhone 6 adalah 1 GB. RAM yang hanya 1 GB untuk membuat iPhone 6 tak bisa install banyak aplikasi.

3. Ukuran dan Berat

Ukuran dari iPhone 6 adalah 5,4 inch dengan berat 4,5 ons. Produk tersebut dibuat dengan kombinasi plastik dan alumunium. Untuk ukuran smartphone zaman sekarang, iPhone 6 memang mungil. Bagi yang suka smartphone yang ringan, iPhone 6 memang bisa jadi pilihan.

4. Kualitas Layar

Smartphone iPhone 6 ini menggunakan teknologi IPS LCS dengan resolusi 750 x 1334 pixel. Pada eranya, teknologi tersebut hanya dipunyai oleh iPhone 6 dan tak dijumpai pada produk android. Melalui kualitas layar yang bagus, pengguna akan diuntungkan.

5. Resolusi Kamera

Resolusi kamera dari iPhone 6 adalah 8 megapixel dengan bukaan diafragma f/2.2. Sementara kamera selfie atau depan dari iPhone 6 adalah 1.2 megapixel yang sudah dilengkapi dengan face detection. Pada eranya, teknologi kamera dari iPhone 6 memang sudah sangat bagus.

Mengenal Kelebihan iPhone 6

Kelebihan dari iPhone 6 itu sangat banyak dan beragam. Dengan berbagai kelebihan iPhone 6 tersebut, semuanya akan berlangsung dengan lancar. Berikut ini sejumlah kelebihan utama dari produk iPhone 6 yang perlu diketahui.

1. Ringan

Salah satu kelebihan dari iPhone 6 adalah ringan sehingga mudah dibawa kemanapun. Berat ringan ditambah dengan bentuk yang mungil memang bisa berikan keleluasaan kepada para pengguna. Jadi, buat yang suka smartphone yang ringan, iPhone 6 yang klasik ini bisa jadi pilihan terbaik.

2. Bisa Diupgrade Terus

Kelebihan atau keunggulan lain dari iPhone 6 adalah bisa diperbaharui terus. Sistem operasi di iPhone 6 bisa diperbaharui hingga iOS 14. Jadi, para pengguna iPhone 6 tetap bisa menikmati teknologi OS terbaru yang dibuat dan dikembangkan oleh Apple.

3. Bisa Hasilkan Video yang Bagus

Video yang dihasilkan oleh iPhone 6 juga sudah sangat bagus. Pada masanya, hasil video dari iPhone 6 memang jadi yang paling bagus di antara yang lain. Ini jadi bukti kalau iPhone 6 layak digunakan untuk membuat rekaman video berkualitas.

4. Fitur Pendukung yang Beragam

Berbagai fitur pendukung yang beragam juga tersedia di iPhone 6. Mulai dari foto HDR, Touch ID, sensor sidik jari, sekselerometer, assistive touch, voice over dan masih banyak lagi. Semua fitur itu bisa dinikmati di iPhone 6.

Mengenal Kekurangan iPhone 6

Terdapat beberapa kekurangan iPhone 6 yang juga perlu dipahami. Dnegan sejumlah kekuarangan iPhone 6 tersebut, semuanya akan berlangsung dengan lancar. Ini dia beberapa penjelasan tentang kekurangan iPhone 6.

1. Kapasitas Baterai yang Kecil

Kekurangan utama dari iPhone 6 adalah kapasitas baterai yang kecil. Kapasitas baterai dari iPhone 6 adalah 1715 mAh yang termasuk sangat minim.

2. RAM Kecil

RAM iPhone 6 yang hanya 1 GB juga jadi kekurangan. Dengan RAM yang sangat kecil tersebut, pengguna tidak bisa menambahkan banyak aplikasi ke dalamnya.

3. Prosesor yang Terlalu Jadul

Perlu dipahami kalau prosesor dari iPhone 6 itu juga sudah sangat ketinggalan zaman. Prosesor quad qore dari iPhone 6 itu bahkan kalah dengan hp android harga Rp 3 jutaan zaman sekarang.

4. Kamera Selfie Kurang Mumpuni

Kekurangannya juga terletak pada kamera depan atau selfie yang hanya 1 megapixel. Kamera selfie itu tentunya kurang bisa hasilkan foto yang bagus.

Harga iPhone 6 Terkini

Saat dirilis kurang lebih 10 tahun lalu, harga dari iPhone 6 itu menyentuh angka Rp 12 juta. Itu menjadikan iPhone 6 sebagai smartphone dengan harga paling mahal. Namun, harga dari iPhone 6 sudah anjlok sangat drastis.

Ketika berselancar di berbagai marketplace, harga iPhone 6 hanya berkisar di angka Rp 1,8 sampai dengan Rp 2,3 juta. Sudah turun hingga 80 % dari harga awal saat pertama kali dirilis. Berbagai produk iPhone 6 bekas bisa didapatkan di Tokopedia, Shoppe hingga FJB Facebook.

FAQ | Kelebihan dan Kekurangan iPhone 6

Apakah masih layak menggunakan iPhone 6 untuk saat ini?

Meski sudah hampir 10 tahun, iPhone 6 masih layak dipakai sampai sekarang.

Apakah kamera iPhone 6 masih bisa hasilkan foto yang bagus?

Dengan kualitasnya, kamera iPhone 6 masih tetap bisa hasilkan foto bagus.

Di mana bisa membeli iPhone 6 saat ini?

Di berbagai marketplace dan toko online yang sediakan produk bekas.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.