Advertisement

Sudah bertahun-tahun menggunakannya, tetapi masih belum paham apa saja kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel? Jika iya, kabar baiknya artikel ini akan membahas tentang hal tersebut.

Jadi, jika kamu penasaran, maka baca pembahasan di bawah ini dari awal hingga akhir untuk mendapatkan banyak wawasan baru!

Apa yang Dimaksud Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah salah satu perangkat lunak atau software yang menjadi bagian dari Microsoft Office. Progam ini memiliki fungsi untuk membantu para penggunanya dalam mengolah angka agar lebih cepat dan efisien.

Mereka bisa dioperasikan, baik itu di Windows maupun mac OS. Microsoft Excel sendiri tersusun dari lembar kerja yang terdiri dari berbagai baris dan kolom yang saling tertaut satu sama lain sehingga menjadi bentuk sebuah sel.

Selain itu, software ini juga dilengkapi dengan berbagai rumus yang berguna untuk mengolah data, seperti menjumlahkan, menghitung rata-rata, dan lain sebagainya.

Beberapa rumus yang sering digunakan, seperti SUM, AVERAGE, COUNT, IF, MAX, MIN, dan masih banyak lagi rumus lainnya.

Walaupun banyak digunakan, ternyata masih ada banyak orang yang belum tahu apa kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel.

Jika kamu juga masih belum memahaminya, simak pembahasan pada poin selanjutnya.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah salah satu program keluaran Microsoft Office yang banyak digunakan untuk memudahkan pekerjaan atau tugas sekolah.

Walaupun demikian, program ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah pemaparan mengenai hal tersebut, antara lain:

Kelebihan Microsoft Excel

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa keberadaan Microsoft Excel ini sangatlah membantu pekerjaan para pengguna, terutama dalam mengolah data.

Berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel, Berikut ini adalah pembahasan mengenai kelebihan-kelebihannya, antara lain:

1. Data Akan Lebih Terorganisir

kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel

Salah satu kelebihan Microsoft Excel adalah mampu mengatur jumlah data yang besar dengan teratur. Ini berupa tampilan lembar kerja yang sangat rapi dan grafik super menarik.

Oleh karena itu, tampilan data yang sedang dikerjakan akan terlihat lebih terorganisir sehingga kamu bisa menganalisa data sembari mencerna hasil kerja dengan mudah.

Kelebihan Microsoft Excel ini akan lebih terlihat ketika tampilannya berupa presentasi, grafik, maupun data visual lainnya.

Jadi, Microsoft Excel ini tidak hanya bisa mengolah data, tetapi juga membuat tampilan data visual menjadi lebih menarik dan mudah dipahami.

2. Terintegrasi Dengan Program Microsoft Office Lainnya

kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel

Membahas tentang kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel, adapun kelebihan yang berupa sudah terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office lainnya.

Jadi, kamu bisa mengolah data dan membagikannya ke aplikasi lain, seperti Microsoft Office Word hingga Microsoft Office Powerpoint.

Misal, ketika menggunakan Microsoft Word, kamu bisa dengan mudah menambahkan presentasi atau grafik yang dinamis dengan mengimpornya dari Microsoft Excel.

Oleh karenanya, kamu tidak perlu membuatnya ulang di Microsoft Word cukup menambahkan saja dari Microsoft Excel

3. Rumus Microsoft Excel Cukup Lengkap

kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel

Kemudian ada pula kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel yang kelebihannya berupa tersedia rumus cukup lengkap.

Rumus atau formula tersebut akan membantu kamu dalam mengolah data dan mengerjakan tugas dengan mudah, baik itu berupa hitungan angka sederhana hingga yang sangat kompleks sekalipun.

Jadi, kamu tidak perlu repot-repot menghitungnya secara manual atau menggunakan kalkulator. Cukup gunakan rumus pada bagian kolom formula di Microsoft Excel

Bahkan kecepatan menghitung program ini dengan kalkulator jauh lebih cepat dan mudah. Namun, ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang.

Kamu harus mempelajari banyak rumus dan fungsinya terlebih dahulu jika ingin menggunakannya dengan baik.

Tidak jarang ada beberapa orang yang merasa lebih stress menggunakan rumus ini dibandingkan kalkulator.

4. Bisa Memuat Banyak Data

Kamu bisa menyimpan banyak data jika menggunakan perangkat lunak yang satu ini. Semua data tahunan bisa disimpan dan diatur dengan menggunakan grafik maupun alat visualisasi lainnya yang tersedia di Microsoft Excel.

Selain itu kamu juga bisa menyimpan jutaan baris yang berisi data pekerjaan kamu. Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel terutama kelebihannya.

Baca juga: Rumus Microsoft Excel dan Fungsinya

Kekurangan Microsoft Excel

Membahas tentang kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel, ternyata program ini juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menggunakannya.

Agar lebih paham, inilah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Microsoft Excel, antara lain:

1. Sulit Dioperasikan Oleh Pengguna Pemula

Menyinggung tentang kelebihan dan kekurangan dari Microsoft Excel, adapun kekurangan Microsoft Excel yang ini tergantung dengan siapa penggunanya.

Jika kamu banyak  melakukan latihan untuk bisa menggunakan Microsoft Excel pasti kekurangan ini bisa teratasi.

Akan tetapi, sayangnya belajar Microsoft Excel tidak semudah mempelajari Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint. Kamu perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk bisa menguasai perangkat lunak pengolah data yang satu ini.

Ini dikarenakan ada banyaknya rumus atau formula pada Excel untuk memudahkan pekerjaan kamu. Oleh karena itu, tidak jarang ada orang yang menyerah ketika mempelajari program ini.

Jadi, agar kekurangan ini bisa teratasi rumah Belajarlah dengan giat agar pekerjaan mengolah data bisa teratasi dengan mudah.

2. Harga Microsoft Excel Cukup Tinggi

Perlu diketahui bahwa dalam kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel, kamu tidak bisa menggunakannya secara gratis. Walaupun dengan menggunakan crack bisa menjadikan kamu menggunakannya dengan mudah.

Sebenarnya aplikasi tersebut adalah ilegal. Sementara versi aslinya kamu harus mengeluarkan uang yang cukup banyak.

3. Memakan Lebih Banyak Waktu

Hampir sama dengan kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel bagian kekurangan yang juga disebabkan karena kamu kurang paham dalam menggunakan Microsoft Excel.

Walaupun tidak menutup kemungkinan seseorang yang sudah paham masih akan memakan waktu lama dalam penggunaannya. Terutama saat pertama kali membuat sebuah laporan.

Advertisement

Baca juga: Cara Merubah Huruf Kapital di Excel Pakai Formula

Ini dikareakan ada banyaknya data yang harus dimasukkan dan kemudian menyesuaikan dengan perhitungan. Jadi, pekerjaan ini akan membutuhkan banyak waktu lebih.

4. Program Rentan Terserang Oleh Virus

kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel

Pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel yang terakhir adalah kekurangan berupa rentan terserang oleh virus.

Ini dikarenakan Microsoft Excel mempunyai makro di dalamnya, kemudian makro ini menjadikannya bisa disuntikkan virus oleh siapapun. Akhirnya virus tersebut akan merambah ke file Excel dan komputer kamu

Microsoft Excel adalah salah satu program yang banyak membantu orang khususnya dalam bidang mengolah data, membuat grafik, menghitung angka, dan lain sebagainya.

Mereka mempunyai berbagai kelebihan yang bisa kamu nikmati. Walaupun demikian ada pula beberapa kekurangan yang harus kamu pertimbangkan sebelum menggunakannya.

Salah satu kekurangannya, seperti memakan waktu yang lama karena pengguna tidak terlalu mampu untuk mengoperasikan perangkat lunak tersebut.

Maka dari itu teruslah belajar dengan giat karena kamu tidak perlu sekolah kembali dan mengeluarkan banyak biaya, melainkan hanya melihat video di YouTube maupun media onlinenya.

Jadi, dari pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel di atas, mana yang paling berkesan untuk kamu?

Keyword : kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel

Deskripsi : Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel yang perlu kamu ketahui, yaitu data lebih terorganisir hingga harga cenderung mahal.

Advertisement

Tinggalkan komentar