Kenapa Dokumen Word Tidak Bisa Dibuka?

Beranda » Kenapa Dokumen Word Tidak Bisa Dibuka?

Masalah dokumen word tidak bisa dibuka itu memang jadi hal yang memusingkan. Masalah tersebut sangat sering terjadi dan kadang pengguna tak paham cara mengatasinya. Lewat cara yang cukup sederhana, permasalahan dokumen word yang tak bisa dibuka bisa diatasi.

Memang banyak masalah yang menyebabkan word tak bisa dibuka. Maka dari itu, ketahuilah penyebab dan solusi masalah dokumen word yang tak dapat dibuka. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara atasi masalah dokumen atau lembar kerja word yang tak bisa dibuka.

Penyebab Dokumen Word Tidak Bisa Dibuka

Ada beberapa penyebab utama kenapa sebuah dokumen word tak dapat dibuka. Hal tersebut harus dipahami dengan baik oleh para pengguna. Kenali terus semua penyebab dari word yang tak bisa terbuka. Berikut ini beberapa contoh utama penyebab dokumen word yang tak dapat dibuka.

1. Masalah pada Aplikasi Microsoft Word

Salah satu penyebab utama adalah adanya masalah pada aplikasi Microsoft Word. Masalah di aplikasi Microsoft Word tersebut memang jadi salah satu penyebab utamanya. Jadi, jangan sampai aplikasi word yang digunakan itu bermasalah.

2. File atau Dokumen Corrupt

Penyebab lain adalah file atau dokumen word itu corrupt. Masalah file atau dokumen yang corrupt memang sangat sering terjadi. Sehingga, jangan sampai dokumen yang ada itu corrupt atau bermasalah. Kalau masalah datang dari dokumennya, file word tak akan bisa terbuka.

3. Kesalahan pada Laptop atau PC

Kesalahan juga kadang terletak pada laptop atau PC yang digunakan. Ini adalah salah satu contoh penyebab utama dari dokumen word yang tak dapat terbuka sama sekali. Kesalahan semacam ini tentunya akan membuat dokumen word tak dapat dibuka sama sekali.

4. Masa Berlaku Microsoft Office Habis

Masa berlaku dari Microsoft Office yang sudah habis juga menjadi penyabab file atau dokumen word tak dapat terbuka. Ini merupakan masalah yang kerap terjadi. Pastikan bahwa Microsoft Office yang jadi tempat word masa berlakunya masih panjang.

Mengatasi Masalah Dokumen Word Tidak Bisa Dibuka

Usai memahami penyebab masalahnya, sekarang pahami cara mengatasinya. Ada beberapa cara terbaik untuk bisa mengatasi masalah dokumen word yang tidak bisa terbuka. Berikut ini tata cara mengatasi masalah dokumen word yang tak dapat terbuka.

1. Restart PC atau Laptop

Cara untuk mengatasi dokumen word yang tak bisa dibuka adalah melakukan restart pada PC atau laptop. Melakukan restart memang jadi jalan utama untuk atasi langsug masalah word yang tak dapat terbuka. Berikut ini cara restart PC atau laptop yang tak dapat terbuka.

  • Tekan ALT + F4 pada laptop atau PC
  • Pilih opsi restart
  • Tunggu proses restart selesai dilakukan
  • Coba buka dokumen word lagi

2. Update Microsoft Word

Cara berikutnya adalah dengan update Microsoft Word. Proses update Microsoft Word memang bisa dijalankan dengan mudah. Semua masalah bisa diatasi langsung dengan update aplikasi tersebut. Berikut ini tata cara update Microsoft Word.

  • Datangi situs Microsoft
  • Buka akun Microsoft
  • Periksa opsi update
  • Lakukan update
  • Tunggu sampai proses update selesai

3. Gunakan Fitur Text From File

Fitur text from file juga bisa menjadi cara untuk mengatasi masalah word yang tak dapat terbuka. Lewat pemanfaatan fitur tersebut, file atau dokumen word bisa tetap terbuka. Ini dia cara memanfaatkan fitur text form file.

  • Buka dokumen word baru
  • Pilih menu insert
  • Pilih menu objek
  • Buka dropdown dan pilih opsi text from file
  • Pilih file word yang tak bisa dibuka

4. Aktifkan Safe Mode

Memanfaatkan safe mode pada word juga jadi cara yang sangat disarankan untuk mengatasi masalah file word tak bisa dibuka. Fiturtersebut memang dapat diandalkan untuk atasi masalah word tak bisa terbuka. Berikut ini panduan dalam mengaktifkan safe mode di word.

  • Klik tombol Windown dan akses menu Run
  • Ketik ‘exe/safe’ pada menu Run
  • Klik OK
  • Microsoft Word akan terbuka otomatis
  • Impor file atau dokumen yang tak bisa terbuka

Tips Cegah Masalah Dokumen Word Tidak Bisa Dibuka

Ketahuilah juga sejumlah tips dalam mencegah masalah dokumen word tak bisa dibuka. Ada beberapa tips mencegah masalah dokumen word yang tidak dapat terbuka. Berikut ini adalah penjelasan tentang aneka tips mencegah masalah dokumen word yang tak bisa dibuka.

1. Selalu Update Microsoft Word

Salah satu tindakan pencegahan terbaik adalah selalu update Microsoft Word. Dengan melakukan update secara berkala, masalah pada word bisa dihindari.

2. Hindari Add Ins Berlebihan

Tidak membuka add ins secara berlebihan juga menjadi tips yang bisa diandalkan. Ini adalah cara yang paling tepat untuk cegah masalah pada dokumen yang ada di word.

3. Jangan Buka Banyak Apps Bersamaan

Tidak membuka banyak apps secara bersamaan juga menjadi cara pencegahan terbaik. Melalui cara ini, masalah dokumen word yang tak bisa terbuka dapat dicegah langsung.

FAQ | Dokumen Word Tidak Bisa Dibuka

Apa penyebab utama dari dokumen word yang tak bisa terbuka?

Salah satu penyebabnya karena ada kerusakan pada aplikasi Microsoft Word yang digunakan.

Apa yang harus dilakukan ketika tidak bisa membuka dokumen word?

Langsung aktifkan safe mode atau gunakan fitur text from file pada Microsoft Word.

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.