Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi Sebagian

Beranda ยป Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi Sebagian
Advertisement

Apa yang membuat layar sentuh iPhone tidak berfungsi sebagian? Tentu ada banyak alasan mengenai kenapa masalah tersebut bisa terjadi. Ketika layar sentuh bermasalah, pengguna iPhone harus segera mencari tahu cara untuk memperbaikinya.

Masalah layar sentuh yang tak berfungsi memang jadi sebuah masalah yang tak bisa diselesaikan dengan mudah. Jadi, harus selalu diperhatikan bagaimana mengatasi masalah layar sentuh tersebut. Berikut ini penjelasan tentang cara atasi layar sentuh iPhone tidak berfungsi.

Kenapa Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi Sebagian?

Tentu ada penyebab dari masalah layar sentuh iPhone yang tak berfungsi sebagian. Para pengguna harus memahami hal tersebut biar paham cara menanggulanginya. Berikut ini alasan kenapa layar sentuh iPhone tidak berfungsi sebagian.

1. Layar Kotor

Salah satu alasan layar sentuh iPhone tidak berfungsi sebagian adalah layar kotor. Layar yang kotor itu memang jadi sebuah masalah. Masalah ini memang kerap terjadi di berbagai iPhone yang dipakai. Layar yang kotor itu memang perlu dibersihkan biar terhindar dari gangguan.

2. Layar Terkena Air

Penyebab lainnya adalah layar yang kena air. Ini adalah salah satu penyebab paling utama dari layar sentuh iPhone tidak berfungsi sebagian. Masalah tersebut sering dirasakan oleh para pengguna iPhone lawas. Saat kondisi hujan, sebaiknya iPhone dimatikan saja.

3. Ada Error di Software

Masalah layar sentuh iPhone tidak berfungsi sebagian itu juga disebabkan oleh error pada software. Masalah error pada software itu memang jadi biang keladi dari berbagai macam masalah. Software yang bermasalah tersebut bisa diperbaiki dengan bantuan service center.

4. iPhone Terjatuh atau Terbentur

Penyebab lainnya adalah iPhone terjatuh atau terbentur ke benda yang keras. Ketika iPhone terjatuh atau terbentur, layar iPhone bisa kena dampaknya. Lindunglah iPhone sebaik mungkin agar tak mudah jatuh atau terbentur dengan benda yang keras.

5. Gagal Melakukan Update iOS

Tidak responsifnya layar sentuh juga diakibatkan oleh kegagalan dalam update iOS. Kegagalan dalam update iOS itu bisa mengakibatkan banyak hal. Salah satunya adalah layar sentuh yang tak bisa berfungsi dengan baik. Ini adalah salah satu sumber masalah yang sering terjadi.

Mengatasi Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi Sebagian

Cara untuk mengatasi layar sentuh tidak berfungsi sebagaian sebenarnya tak terlalu ribet. Ada sejumlah cara yang dapat dipakai untuk mengatasi layar sentuh yang bermasalah. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi layar sentuh iPhone tidak berfungsi sebagian.

1. Membersihkan Layar iPhone

Car mengatasi masalah pada layar sentuh adalah selalu membersihkan layar iPhone. Dengan membersihkan layar iPhone, pengguna bisa langsung mengatasi masalah tersebut. Pembersihan layar secara rutin memang perlu dilakukan biar layar sentuh iPhone tak bermasalah.

2. Mengganti Screen Guard

Cara berikutnya adalah mengganti screen guard. Proses untuk ganti screen guard ini juga bisa menjadi solusi untuk atasi masalah layar sentuh iPhone yang mati sebagian. Proses untuk ganti screen guard memang amat penting dilakukan jika telah terjadi masalah.

Advertisement

3. Force Restart

Melakukan force restart juga bisa menjadi solusi untuk atasi masalah layar sentuh iPhone yang tidak berfungsi. Cara ini juga bisa dilakukan untuk dapat mengatasi masalah layar sentuh tak berfungsi. Untuk force restart, pengguna tinggal tekan tombol volume dan power secara bersamaan.

4. Bawa ke Service Center

Membawa ke service center juga jadi cara untuk mengatasi masalah layar sentuh iPhone yang tak berfungsi. Jika membawa ke service center resmi langsung, semua masalah dapat diatasi langsung. Segala macam jenis kerusakan dan masalah bisa diperbaiki langsung di service center.

Tips Agar Terhindari Masalah Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi

Biar tak mengalami masalah layar sentuh iPhone yang tidak berfungsi, pengguna harus bisa lakukan tindakan pencegahan. Ada sejumlah tindakan pencegahan yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa tips agar terhindar dari masalah layar sentuh iPhone yang tak berfungsi.

1. Jangan Sampai Kena Air

Tips agar masalah layar sentuh iPhone tidak berfungsi sebagian dapat dihindari adalah jangan sampai layar iPhone kena air. Meski sudah dilengkapi dengan teknologi yang canggih, layar iPhone yang kena air pastinya juga berpengaruh.

2. Selalu Bersihkan Layar

Selalu bersihkan layar dari debu dan kotoran. Ini juga jadi tips supaya terhindar dari layar sentuh iPhone tidak berfungsi sebagian. Bersihkanlah layar secara rutin biar iPhone terhindar dari debu yang bisa bikin masalah. Pembersihan secara rutin ini memang bisa bermanfaat langsung.

3. Jangan Pakai Screen Guard yang Tipis

Hindari menggunakan screen guard yang terlalu tipis pada iPhone. Pengaman layar iPhone yang terlalu tipis bisa membuat masalah terus. Salah satunya merusak layar sentuh. Alhasil, sebagian laya sentuh dari iPhone tidak berfungsi sama sekali.

4. Selalu Update iOS

Selalu lakukan update iOS secara berkala. Melakukan update iOS ini merupakan tips agar terhindar dari masalah layar sentuh iPhone yang tak berfungsi. Ketika rajin update iOS, pengguna akan dapatkan lebih banyak manfaat dan juga benefit.

FAQ Layar Sentuh iPhone Tidak Berfungsi Sebagian

Kenapa layar sentuh bisa tak berfungsi di iPhone?

Biasanya karena terjadi kerusakan sistem atau layar iPhone sedang kotor.

Apakah layar sentuh bisa diganti dengan yang baru?

Bisa. Pengguna tinggal membawa iPhone ke service center resmi untuk melakukan pergantian.

Bisakah memperbaiki layar sentuh iPhone yang tidak berfungsi?

Bisa. Di sejumlah tempat service ada layanan untuk memperbaiki bagian layar sentuh iPhone.

Advertisement

Athar M
Athar M

Spesialis penulis konten teknologi sejak tahun 2010. Expert Microsoft Office dan isu-isu teknologi terbaru.