10 Manfaat Microsoft Excel dalam Karir & Kehidupan Sehari-Hari

Advertisement

Manfaat Microsoft Excel ternyata banyak sekali. Tidak heran, sejak di bangku Sekolah Dasar (SD) pengetahuan sederhana mengenai aplikasi ini sudah dikenalkan. Kemudian pada tingkat selanjutnya, siswa harus bisa mengoperasikan Excel di komputer.

Kamu tentu juga sering melihat lowongan kerja mensyaratkan pelamarnya memiliki kemampuan Microsoft Excel. Kenyataan tersebut kemudian menimbulkan pertanyaan, seberapa besar manfaatnya, sampai pelatihan menguasai aplikasi ini juga merebak?

Daftar Fungsi dan Manfaat Microst Excel

Berikut ini manfaat Microsoft Excel secara umum ketika berada di dunia bisnis maupun pendidikan. Banyaknya fitur membuat aplikasi ini memiliki fungsi cukup luas, diantaranya:

1. Membuat laporan keuangan

Apapun jenis unit usahanya pasti membutuhkan aplikasi Microsoft Excel untuk menyusun laporan keuangan. Lembar kerjanya yang berbentuk baris dan kolom memudahkan untuk mengolah angka. Apalagi rumus matematisnya sangat lengkap.

Hal ini menjadi jawaban, mengapa selama di bangku sekolah diajarkan pembuatan berbagai jenis laporan keuangan menggunakan Excel? Apabila kamu juga tertarik menguasai, mulai dengan memahami rumus-rumus dasarnya.

Picture1 2

Beberapa rumus Excel yang sering digunakan dalam membuat laporan keuangan (neraca, arus kas, laba-rugi), yaitu =SUM, =COUNTA, =SLN, dan =DB.

2. Software Bidang Akuntansi

Picture2 2

Berbicara soal akuntansi pasti tidak lepas dari Microsoft Excel. Terbukti, saat melamar kerja menjadi seorang akuntan, kamu pasti wajib menguasai aplikasi ini dari tingkat dasar sampai lanjutan. Jika tidak, sama dengan kamu tidak memiliki bekal akuntan.

Secara umum, manfaat Microsoft Excel pada akuntansi perusahaan adalah mengkalkulasi laba atau rugi setiap bulan dan tahun, menghitung gaji karyawan, serta mengolah data utang-piutang secara akurat.

Apabila dibandingkan aplikasi finansial lainnya, Excel menawarkan fitur terbaik dan terlengkap, sehingga memudahkan accounting perusahaan.

Baca juga: Sejarah dan Pengertian Excel

3. Mengelolah Sistem Administrasi

Picture3 2

Manfaat Microsoft Excel dalam perkantoran juga berlaku pada bidang administrasinya. Kamu dapat menggunakan fiturnya untuk melakukan perencanaan, penyusunan, dan pengorganisasian dengan rapi.

Sebagai contoh, suatu perusahaan memiliki data informasi yang berkaitan dengan internal maupun eksternal, maka bisa dikelompokkan dalam Excel. Cara ini akan mempermudah proses pemantauan, pengolahan program, serta evaluasi kedepannya.

Kamu mungkin akan berkutat dengan menu sort A to Z, sort largest to smallest, sort oldest to newest, atau menu penyortiran lainnya. Berkat Excel ribuan baris data dapat diorganisir secara cepat hanya dengan menggunakan rumus tertentu.

4. Memecahkan Soal Matematika dan Logika

Picture4 3

Apakah kamu berpikir bahwa manfaat Microsoft Excel hanya mengolah angka? Mengikuti perkembangan teknologi, aplikasi ini terus memperbaharui fitur demi memenuhi kebutuhan penggunanya.

Terbukti pada versi terbaru, kamu dapat memecahkan soal matematika dan logika dengan mudah melalui aplikasi besutan Microsoft Corporation ini. Misal, kamu harus menghitung rata-rata nilai pelajaran kelas A yang muridnya ratusan orang.

Pada fungsi Microsoft Excel satu ini kamu perlu menguasai rumus-rumus Excel, seperti SUM, AVERAGE, COUNTA, SINGLE IF, VLOOKUP, dan masih banyak lagi. Terlihat rumit, namun ternyata lebih mudah daripada kamu harus menghitung manual.

5. Menyajikan Data Grafik, Tabel, dan Statistika

Picture5 3

Aplikasi ini juga memenuhi kebutuhan Anda dalam menvisualisasikan data ke dalam bentuk beragam, seperti grafik, tabel, dan perhitungan statistika. Menu grafik di Excel dikenal dengan istilah chart yang memiliki beragam bentuk.

Kamu tinggal memilih diantara pie, column, bar, line, scatter, radar, bubble, dan masih banyak lagi. Tergantung data yang ingin diolah, misal kelulusan siswa dalam kurun waktu tertentu, maka bisa disajikan menggunakan grafik batang (column chart).

Selain itu, manfaat Microsoft Excel juga dapat membantu kamu menyajikan data dalam bentuk tabel. Aplikasi ini menyediakan 1.084.576 baris dan 16.384 kolom. Banyaknya sel ini membuat kamu bebas mengolah data.

Lebih rumit lagi, aplikasi ini juga menjadi teman saat kamu membutuhkan perhitungan statistika. Biasanya diperlukan saat melakukan penelitian, baik di dunia bisnis maupun pendidikan. Kamu harus bisa menguasai Excel tingkat lanjut untuk mengoperasikannya.

6. Membuat Absensi atau Daftar Hadir

Picture6 3

Jika yang rumit saja bisa diselesaikan, apalagi persoalan sederhana, seperti membuat absensi. Berapapun banyaknya nama yang mesti diinput bisa dilakukan menggunakan microsoft Excel. Bahkan terdapat menu mengurutkan sesuai abjad secara otomatis.

Sebegaimana jumlah baris dan kolom yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bebas membuat absensi atau daftar hadir ratusan bahkan ribuan orang. Terpenting memori atau posesor perangkat yang kamu gunakan mendukungnya.

Baca juga: Pengenalan Formula Bar Pada Excel

7. Mengkonversi Mata Uang

Picture7 3

Manfaat Microsoft Excel yang jarang diketahui adalah mengonversi mata uang. Bukankah ini juga bisa dilakukan dengan mudah memakai aplikasi lain? Iya, jika yang dikonversi hanya 1 atau 2 mata uang. Bagaimana jika jumlahnya ratusan atau ribuan?

Misal, perusahaanmu memperoleh pendapatan dari hasil impor dalam bentuk US dolar, kemudian hendak diketahui nilainya dalam rupiah. Tentu akan merepotkan jika harus menghitungnya secara manual.

Microsoft Excel mempunyai fitur yang disebut Kutools. Kamu dapat mengonversi ke lebih dari 50 mata uang secara cepat dan bersamaan. Menariknya, data tersebut bisa langsung disajikan dalam bentuk tabel atau hanya komentar yang disisipkan.

8. Mengatur Rencana Anggaran Pribadi

Picture8 3

Tidak hanya untuk perusahaan atau organisasi, manfaat Microsoft Excel juga dapat kamu rasakan secara pribadi. Salahsatunya membantu mengatur rencana anggaran tiap hari, bulan, atau bahkan tahun.

Caranya cukup dengan mengoperasikan fungsi penjumlahan, pengurangan, perkalian, rata-rata, dan lain sebagainya. Melalui aplikasi ini kamu bisa leluasa melakukan evaluasi terhadap pengeluaran dan pemasukan.

Saat terjadi ketidakseimbangan, kamu dapat segera mencari solusi melalui perhitungan rencana anggaran. Banyaknya jumlah worksheet dalam Excel membantu kamu membuat rencana anggaran dalam berbagai jenis.

Advertisement

9. Mengecek Kesalahan Hitung

Picture9 3

Microsoft Excel adalah solusi bagi perusahaan yang memiliki arus keluar-masuk uang dalam jumlah besar. Apabila mengandalkan kemampuan menghitung manual, bukan tidak mungkin terjadi kesalahan menghitung yang menyebabkan kerugian.

Kamu sudah pasti pusing jika harus meneliti ulang letak kesalahan perhitungan uang dan data yang jumlahnya tidak sedikit. Namun, manfaat Microsoft Excel memberikan kemudahan melalui fiturnya, yakni trace error.

Ada beberapa rumus bisa digunakan untuk mendeteksi saat ada perhitungan tidak benar yang dilakukan, yakni =DIV/o!, IFERROR, =VALUE!. Kamu tinggal menyesuaikan dengan bentuk pengoperasiannya, seperti ditambah, kurangi, rata-rata, atau lainnya.

10. Menghitung dan Memprediksi Nilai Investasi

Picture10 1

Manfaat Microsoft Excel selanjutnya berguna bagi kamu yang sedang menanam investasi atau seorang financial analyst suatu perusahaan. Excel menyediakan rumus fungsi PV untuk menghitung investasi yang bersumber dari modal dan pinjaman bank.

Hanya dengan menambahkan rumus tersebut ke dalam perhitungan modal awal, tingkat diskonto, pendapatan per tahun, serta durasi waktu. Kamu sudah memperoleh gambaran seberapa menguntungkannya investasi yang akan dijalankan.

Selain itu, kegunaan Microsoft Excel juga bisa diterapkan saat kamu ingin mengetahui bunga bank dalam rekening jika konsisten menabung. Caranya dengan mengoperasikan rumus =FV(Suku Bunga/12,Periode Investasi*12,-Besar Setoran Perbulan).

Menguasai teknologi, termasuk aplikasi financial ternyata memberikan banyak keuntungan, baik secara pribadi maupun bagi pengelolah perusahaan. Kamu tinggal memilih mana manfaat Microsoft Excel yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Advertisement

Tinggalkan komentar